Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan 10 hari Pertama Bulan Dzulhijjah - Khutbah Jum'at

Keutamaan 10 hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Khutbah Pertama:

إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهد الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُّسْلِمُونَ

يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِى خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمٰلَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُۥ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

أما بعد فإن أصدق الحديث كتاب الله وخير الهدي هدي محمد صلى الله عليه وسلم وشر الأمور محدثاتها و كل محدثة بدعة و كل بدعة ضلاله و كل ضلالة في النار.

Ma'asyiral Muslimin rahimani wa Rahimakumullah…

Ketika kita membaca sebuah hadits Nabi dalam shahih al-Bukhari, di mana pada suatu hari Nabi bersabda kepada para Shahabat:

أترضون أن تكونوا رُبُعَ أهل الجنة

Apakah kalian ridha menjadi seperempat penghuni Surga?

Maka para Shahabat menjawab:"Tentu", kemudian beliau bersabda lagi:

أترضون أن تكونوا ثلث أهل الجنة

Apakah kalian ridha menjadi sepertiga penghuni Surga?

Maka para Shahabat menjawab iya, kemudian beliau bersabda lagi:

أترضون أن تكونوا شَطْر أهل الجنة

Apakah kalian ridha menjadi separuh/setengah penghuni Surga?

Maka para Shahabat menjawab:"Tentu", kemudian beliau bersabda:

والذي نفسي بيده إني لأرجو أن تكونوا شَطْر أهل الجنة

Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, sungguh aku berharap kalian adalah setengah penhuni Surga.

Allahu Akbar, separuh penghuni Surga adalah Ummat Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Bahkan ada lagi yang lebih besar dari itu, yaitu dua pertiga dari barisan penghuni Surga adalah Ummat Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan sepertiganya adalah untuk ummat-ummat lainnya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadirs Riwayat Imam Ahmad dan at-Tirmidzi:

أهل الجنة عشرون ومائة صف ثمانون منها من هذه الأمة وأربعون من سائر الأمم

Penghuni Surga itu ada 120 shaff (barisan), 80 shaff dari mereka adalah Ummat ini, dan 40 shaff dari ummat yang lain.

Maka, tanpa diragukan lagi ini adalah keutamaan yang sangat besar bagi ummat yang diberkahi ini.

Padahal kita tahu bahwa umur manusia pada ummat ini antara 60-70 tahun, dan sedikit yang lebih dari itu, sementara ummat-ummat sebelum kita ummurnya panjang, bisa sampai ratusan tahun, namun segigih dan sebanyak apapun mereka beramal dengan umur mereka yang panjang tetap saja mereka tidak bisa melampaui keutamaan ummat ini, yang Allah pendekkan umur mereka namun Allah berkahi amalan-amalan mereka.

Atau ketika kita tahu bahwa ummat ini adalah ummat pertama yang akan dibangkitkan di padang mahsyar, pertama dihisab, dan yang pertama masuk Surga, padahal ummat ini adalah ummat terakhir yang dari sisi kemunculannya di muka bumi ini.

Ketika kita mengetahui semua ini, maka sesuai fitrah kita menangkap bahwa di sana ada rahasia Ajaib, dan keutamaan besar yang Allah istimewakan untuk ummat ini, dan dengannya Dia menjadikan ummat ini mendahului ummat-ummat lain sekalipun mereka lebih banyak dan lebih lama dalam beramal dibandingkan ummat ini.

Rahasia dari itu semua adalah, adanya musim-musim atau momen-momen kebaikan yang di dalamnya Allah lipatgandakan pahala kebaikan dan Allah hapuskan keburukan.

Dan para Ulama menyebutkan bahwa pelipatgandaan itu hanya khusus untuk ummat ini.

Oleh karena itu, musim dan momen kebaikan ini adalah kesempatan emas bagi siapa saja yang memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan derajatnya di Surga yang penuh kenikmatan.

Ma'asyiral Muslimin Rahimakumullah

Di antara momen kebaikan dan hari-hari yang penuh fadhilah dan keutamaan adalah sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijah yang sebentar lagi akan datang. 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hari yang mulia dan utama, di antara hal yang menunjukkan hal tersebut adalah:

1. Allah bersumpah dengan-Nya di dalam surat al-Fajr:

Allah berfirman:

والفجر وليال عشر

“Demi fajar, dan malam yang sepuluh” (Qs. Al Fajr: 1-2)

Mayoritas Ahli Tafsir menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan sepuluh malam adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Dan tidaklah Allah bersumpah dengan sesuatu melainkan karena sesuatu itu sangat utama,

- Di hari-hari tersebut ada hari Arafah di mana di hari tersebut dahulu turun ayat ketiga dari surat al-Maidah yang menyebutkan bahwa agama ini telah sempurna. Hari Arafah juga adalah hari di mana paling banyak manusia dibebaskan dari apa neraka.

- Di hari Arafah juga ada salah satu rukun terbesar haji yaitu wukuf di padang Arafah, dan juga ada syariat puasa Arafah di mana pahalanya adalah dihapuskan dosa 1 tahun sebelum dan setelahnya.

- Di dalamnya ada hari Nahr, yaitu hari penyembelihan Kurban, di mana Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda tentangnya:

" إن أعظم الأيام عند الله يوم النحر " رواه أبو داود وصححه الألباني في صحيح أبي داود .

Sesungguhnya hari yang paling agung di sisi Allah ‘azza wajalla ialah hari Nahr.

2. Sepuluh hari pertama bulan Dzul Hijjah merupakan sebaik-baik hari di dunia ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“أَفْضَلُ أَيَّامِ الدُّنْيَا أَيَّامِ الْعَشْرِ – يَعْنِيْ عَشْرَ ذِي الْحِجَّةِ –”

Sebaik-baik hari di dunia ialah hari-hari sepuluh (yakni sepuluh hari pertama dalam bulan Dzul Hijjah).”

3. Dan di antara hal yang menunjukkan betapa mulia dan istimewanya hari-hari tersebut adalah bahwa amalan-amalan di hari tersebut sangat dicintai oleh Allah Ta'ala,

Sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam:

ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر. قالوا ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ولم يرجع من ذالك بشيء. (رواه البخاري)

“Tidaklah ada hari di mana amal shalih di hari-hari tersebut lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah –pen).” Para sahabat bertanya: “Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah ?” Beliau bersabda, “Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid –pen).” (HR. Al Bukhari)

Ibnu Rajab Al Hanbaly berkata:

وإذا كان أحب إلى الله فهو أفضل عنده

“Apabila sesuatu itu lebih dicintai oleh Allah, maka sesuatu tersebut lebih afdhal di sisi-Nya.”

Itulah beberapa dalil dan alasan yang menunjukkan keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Dan bahkan saking utamanya hari-hari tersebut sebagian ulama membandingkannya dengan malam Lailatul Qodar

Oleh karena itu, marilah kesempatan yang baik ini kita manfaatkan untuk meningkatkan amalan-amalan shalih kita.

Dan semua bentuk amal shalih apapun bisa kita kerjakan di 10 hari pertama bulan ini, hanya saja ada amalan-amalan shalih yang sangat ditekankan di hari-hari tersebut, di antaranya:

1.    Berpuasa, terurtama di hari Arafah

2.    Memperbanyak dzikir, takbir, Tahmid, Tahlil dan membaca al-Qur'an

3.    Memperbanyak doa dan istighfar

4.    Memperbanyak sedekah dan sbaik-baik sedekah pada hari itu adalah memotong hewan Kurban

5.    Lebih bersemangat dalam menjaga shalat fardhu dan shalat nafilah

Dan tentunya ibadah yang terbaik di hari-hari tersebut adalah berhaji bagi yang mampu.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah kedua:

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، والصلاة والسلام على رسول لله، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ ومن والاه. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Ma'asyiral Muslimin rahimakumullah

Kalau di akhir bulan Ramadhan kita berusaha untuk mencari-cari di mana Malam Lailatul Qodar yang penuh kemuliaan, agar kita mendapatkan limpahan pahala di malam tersebut, maka di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah ini waktunya sudah jelas, tidak seperti malam Lailatul Qodar yang ia tidak bisa kita pastikan di malam keberapa ia berada. Maka sudah sepantasnya kita bersemangat untuk menghidupkan hari-hari di 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah ini dengan memperbanyak ibadah, agar kita beruntung mendapatkan limpahan pahala dari Allah Ta'ala.

Dan inilah khutbah singkat yang bisa kami sampaikan, semoga menjadi penyemangat untuk menyambut 10 hari pertama bulan Dzulhuijjah.

Dan tidak lupa marilah di hari jumat ini kita memperbanyak shalawat kepada junjungan dan tauladan kita, Nabi agung Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ

وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ
اللهم أعز الإسلام والمسلمين، وأذل الشرك والمشركين، وانصر عبادك المؤمنين، واحْمِ حَوْزَةَ الدين يا رب العالمين.

اللهم آمنا في أوطاننا، واحفظ أئمتنا وولاة أمورنا، ووفقهم لهداك، واجعل عملهم في رضاك يا رب العالمين.

اللهم احفظ إمامنا بحفظك وأيده بتأييدك وأعز به دينك ياذا الجلال والإكرام.

"رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ".

 

عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ.

فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Download PDF

Sumber: Ust. Sujono, Lc.

Publikasi: Kabeldakwah.com

KabeL DakwaH
KabeL DakwaH Owner Gudang Software Al-Amanah

Posting Komentar untuk "Keutamaan 10 hari Pertama Bulan Dzulhijjah - Khutbah Jum'at"