Hukum Puasa Sunnah Asyuuraa dan Perspektif Syi’ah Tentang Puasa Aasyuuraa
‘Aasyuuraa’ menurut pendapat yang raajih
adalah hari kesepuluh pada bulan Muharram.(1) Inilah pendapat jumhur shahabat
dan tabi’iin sebagaimana dikatakan oleh An-Nawawiy dalam Syarh Shahih Muslim
(4/121), Ibnu Hajar dalam Al-Fath (4/671), dan Al-‘Ainiy dalam ‘Umdatul-Qaariy
(11/117). Ibnu Rajab dalam Lathaaiful-Ma’aarif (hal. 109) menukil perkataan
Ibnu Siiriin:
كانوا لا
يختلفون أنه اليوم العاشر؛ إلا ابن عباس؛ فإنه قال: إنه التاسع
"Mereka (para shahabat) tidak berselisih
pendapat bahwa ‘Aasyuuraa’ itu adalah hari kesepuluh, kecuali Ibnu ‘Abbaas. Ia
berkata: ‘Ia adalah hari kesembilan" (selesai).
Pendapat Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa
ini diisyaratkan oleh satu riwayat:
وحدثنا أبو بكر
بن أبي شيبة. حدثنا وكيع بن الجراح عن حاجب بن عمر، عن الحكم بن الأعرج. قال:
انتهيت إلى ابن عباس رضي الله عنه. وهو متوسد رداءه في زمزم. فقلت له: أخبرني عن
صوم عاشوراء. فقال: إذا رأيت هلال محرم فأعدد. وأصبح يوم التاسع صائما. قلت: هكذا
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصومه ؟ قال: نعم.
Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr
bin Abi Syaibah: Telah menceritakan kepada kami Wakii’ bin Al-Jarraah, dari
Haajib bin ‘Umar, dari Al-Hakam bin Al-A’raj, ia berkata: Aku pernah mendatangi
Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa yang ketika itu ia sedang berbantal dengan
selendangnya di dekat zamzam. Lalu aku berkata kepadanya: "Khabarkanlah
kepadaku tentang puasa ‘Aasyuuraa’". Ia berkata: "Apabila engkau
melihat hilaal bulan Muharram, maka perhitungkanlah. Berpuasalah di hari
kesembilan semenjak pagi harinya". Aku berkata: "Apakah yang seperti
itu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa?". Ia menjawab: "Ya"
(Diriwayatkan oleh Muslim no. 1133).
Dalam riwayat ini, Ibnu ‘Abbaas memaksudkan
puasa ‘Aasyuuraa’ adalah hari kesembilan.(2)
Akan tetapi Al-Baihaqiy dalam As-Sunan
Al-Kubraa (4/287) berkata: "Sepertinya ia (Ibnu ‘Abbaas) – radliyallaahu
‘anhu – menginginkan/memaksudkan puasa itu bersama hari kesepuluh".
Hal itu nampak pada jawaban Ibnu ‘Abbaas
(yaitu: = نعم ‘ya’) yang
menisbatkannya pada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Al-Baihaqiy
membawakan perkataan Ibnu ‘Abbaas dengan sanadnya:
صُومُوا التَّاسِعَ
وَالْعَاشِرَ وَخَالِفُوا الْيَهُودَ "
"Berpuasalah kalian pada hari kesembilan dan kesepuluh, serta selisihilah orang-orang Yahudi" (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 4/287 dan dalam Ma’rifatus-Sunan wal-Atsar no. 2582, ‘Abdurrazzaaq dalam Al-Mushannaf no. 7839 dan dalam At-Tafsiir no. 3597, Ibnu Ja’d no. 2502, Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 664, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 2/78, Ad-Diinawariy dalam Al-Mujaalasah wa Jawaahirul-‘Ilm no. 2594, dan Asy-Syajariy dalam Al-Amaaliy Al-Khamiisiyyah no. 1820 – dishahihkan oleh Ibnu Rajab dalam Al-Lathaaif hal. 108 dan Al-Albaaniy dalam ta’liq-nya terhadap Shahih Ibni Khuzaimah 3/290 no. 2095).
At-Tirmidziy rahimahullah berkata:
حدثنا قتيبة
أخبرنا عبد الوارث بن يونس عن الحسن عن ابن عباس قال: "أمر رسول الله صلى
الله عليه وسلم بصوم عاشوراء يوم العاشر". قال أبو عيسى: حديث ابن عباس حديث
حسن صحيح.
وقد اختلف أهل
العلم في يوم عاشوراء، فقال بعضهم يوم التاسع، وقال بعضهم يوم العاشر. وروي عن ابن
عباس أنه قال: "صوموا التاسع والعاشر وخالفوا اليهود". وبهذا الحديث
يقول الشافعي وأحمد وإسحاق.
"Telah menceritakan kepada kami Qutaibah:
Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul-Waarits bin Yuunus, dari Al-Hasan, dari
Ibnu ‘Abbaas, ia berkata: ‘Rasulullah memerintahkan berpuasa ‘Aasyuuraa’ pada
hari kesepuluh (Muharram)’. Abu ‘Iisaa berkata: ‘Hadits Ibnu ‘Abbaas hadits hasan
shahih’. Para ulama berselisih pendapat tentang hari ‘Aasyuuraa’. Sebagian
mereka berkata ia adalah hari kesembilan. Sebagian yang lain berkata hari
kesepuluh. Dan telah diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbaas bahwasannya ia berkata:
‘Berpuasalah kalian pada hari kesembilan dan kesepuluh, serta selisihilah
orang-orang Yahudi’. Dan dengan hadits ini Asy-Syaafi’iy, Ahmad, dan Ishaaq
berpendapat" (Sunan At-Tirmidziy, 2/120-121).
Inilah yang benar atas
pendapat Ibnu ‘Abbaas, wallaahu a’lam.
Di bawah ini akan
disebutkan beberapa hadits shahih yang berkaitan dengan puasa ‘Aasyuuraa’:
عن عائشة رضي
الله عنها قالت: كان يوم عاشوراء تصومه قريش في الجاهلية، وكان رسول الله صلى الله
عليه وسلم يصومه، فلما قدم المدينة صامه وأمر بصيامه، فلما فرض رمضان ترك يوم
عاشوراء، فمن شاء صامه ومن شاء تركه.
Dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata:
"Hari ‘Aasyuuraa’ adalah hari dimana orang-orang Quraisy berpuasa di masa
Jahiliyyah. Dan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga berpuasa
padanya. Ketika beliau tiba di Madinah, beliau tetap berpuasa dan memerintahkan
orang-orang untuk berpuasa (juga). Dan ketika puasa Ramadlan telah diwajibkan, maka beliau
meninggalkan puasa ‘Aasyuuraa’. Barangsiapa siapa ingin berpuasa, maka silakan
ia berpuasa; dan barangsiapa yang ingin tidak berpuasa, silakan tidak berpuasa"
(Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2001 dan Muslim no. 1125).
عن ابن عباس رضي
الله عنهما قال: قدم النبي صلى الله عليه وسلم المدينة، فرأى اليهود تصوم يوم
عاشوراء، فقال: (ما هذا). قالوا: هذا يوم صالح، هذا يوم نجى الله بني إسرائيل من
عدوهم، فصامه موسى. قال: (فأنا أحق بموسى منكم). فصامه وأمر بصيامه.
Dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia
berkata: "Ketika Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah,
beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’. Lalu beliau bersabda:
‘Apa yang kalian lakukan?’. Mereka (Yahudi) berkata: ‘Ini adalah hari baik. Ini
adalah hari dimana Allah menyelamatkan Bani Israaiil dari musuh mereka, lalu
Muusaa pun berpuasa pada hari itu’. Beliau bersabda: ‘Aku lebih berhak terhadap
Muusaa daripada kalian’. Maka beliau pun berpuasa dan memerintahkan
(orang-orang) untuk berpuasa" (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2004 dan
Muslim no. 1130).
Catatan Sisipan:
1. Maksud perkataan
beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau lebih berhak terhadap Muusaa
‘alaihis-salaam daripada Yahudi, karena orang-orang mukmin lebih berhak kepada
nabi-nabi mereka dibandingkan orang-orang kafir sebagaimana firman Allah ta’ala:
مَا كَانَ
إِبْرَاهِيمُ يَهُودِيًّا وَلا نَصْرَانِيًّا وَلَكِنْ كَانَ حَنِيفًا مُسْلِمًا
وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ * إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِإِبْرَاهِيمَ
لَلَّذِينَ اتَّبَعُوهُ وَهَذَا النَّبِيُّ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاللَّهُ وَلِيُّ
الْمُؤْمِنِينَ
"Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan
(pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah
diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang
musyrik. Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang
yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), serta orang-orang yang beriman
(kepada Muhammad), dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman"
(QS. Aali ‘Imraan: 67-68).
Al-‘Adhiim Abadiy rahimahullah berkata saat
mengomentari sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam: ‘kami lebih berhak
terhadap Muusaa’:
أَيْ نَحْنُ
أَثْبَت وَأَقْرَب لِمُتَابَعَةِ مُوسَى صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مِنْكُمْ ، فَإِنَّا مُوَافِقُونَ لَهُ فِي أُصُول الدِّين وَمُصَدِّقُونَ
لِكِتَابِهِ وَأَنْتُمْ مُخَالِفُونَ لَهُمَا فِي التَّغْيِير وَالتَّحْرِيف
"Yaitu kami lebih
menetapi dan lebih dekat dalam mengikuti Muusaa ‘alaihis-salaam daripada
kalian. Karena kami mencocokinya dalam pokok agama dan membenarkan kitabnya,
sedangkan kalian menyelisihi keduanya dengan melakukan perubahan dan
penyimpangan" (‘Aunul-Ma’buud, 7/109).
2. Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’ tidaklah (semata-mata) membeo
orang-orang Yahudi. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah berpuasa
‘Aasyuuraa’ semenjak berada di Makkah (sebagaimana hadits ‘Aaisyah
radliyallaahu ‘anhaa di atas), dan kemudian ketika datang ke Madinah, beliau
mendapati pula orang-orang Yahudi berpuasa di hari itu.
An-Nawawiy rahimahullah berkata:
أنه صلى الله
عليه وسلم كان يصومه كما تصومه قريش في مكة ثم قدم المدينة فوجد اليهود يصومونه
فصامه أيضاً بوحي أو تواتر أو اجتهاد لا بمجرد أخبار آحادهم والله أعلم
"Bahwasannya beliau shallallaahu ‘alaihi
wa sallam berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’ sebagaimana orang-orang Quraisy berpuasa
padanya di Makkah. Kemudian beliau tiba di Madinah dan mendapati orang-orang
Yahudi berpuasa pada hari itu; maka beliau pun melakukannya dengan dasar wahyu
atau berita mutawatir atau ijtihad. Bukan semata-mata berdasarkan khabar dari salah seorang
di antara mereka. Wallaahu a’lam" (Syarh Shahih Muslim, 4/119).
Juga, puasa ‘Aasyuuraa’
merupakan bagian dari syari’at umat sebelum kita (Islam). Ketika syari’at telah
menetapkannya dan mengakuinya, maka jadilah ia bagian dari syari’at kita.
Pengakuan dan penetapan itu ada melalui firman Allah ta’ala ataupun lisan
beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Dan tidaklah beliau berkata-kata dalam
haditsnya kecuali merupakan perkataan yang berasal dari petunjuk Allah ta’ala. Allah berfirman:
وَمَا يَنْطِقُ
عَنِ الْهَوَى * إِنْ هُوَ إِلا وَحْيٌ يُوحَى
"Dan tiadalah yang diucapkannya itu
(Al-Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah
wahyu yang diwahyukan (kepadanya)" (QS. An-najm: 3-4).
Hal ini seperti kiblat,
dimana dulu kiblat kaum muslimin dengan Yahudi sama (menghadap Baitul-Maqdis). Allah ta’ala berfirman:
سَيَقُولُ
السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ مَا وَلاهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا
عَلَيْهَا
"Orang-orang yang kurang akalnya di
antara manusia akan berkata: "Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam)
dari kiblatnya (Baitul-Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?"
(QS. Al-Baqarah:
142).
Allah ta’ala menetapkannya
dan kemudian menghapusnya dengan menggantinya ke arah Masjidil-Haram.
Juga seperti syari’at
khitan dan yang semisalnya yang telah dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan
Arab Jahiliyyah.
Waliyyullah Ad-Dahlawiy
rahimahullah berkata:
سر مشرعية صيام
عاشوراء: أنه وقت نصر الله - تعالى - فيه موسى - عليه السلام - على فرعون وقومه.
فشكر موسى بصوم ذلك اليوم، وصار سنة بين أهل الكتاب والعرب، وأقره رسول الله صلى
الله عليه وسلم.
"Rahasia/hikmah disyari’atkannya puasa
‘Aasyuuraa’: Bahwasannya ia (hari ‘Aasyuuraa’) adalah waktu dimana Allah ta’ala
memberikan pertolongan kepada Muusaa dan kaumnya dari (kejaran) Fir’aun. Lalu
Muusaa bersyukur dengan melakukan puasa pada hari tersebut. Jadilah ia sunnah
di kalangan Ahlul-Kitaab dan masyarakat ‘Arab. Dan kemudian Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam menetapkannya (menjadi bagian syari’at kaum
muslimin)" (Hujjatullaahil-Baalighah, 2/532).
3. Waktu awal hijrah Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam adalah ke Madinah pada bulan Rabi’ul-Awwal. Adapun peristiwa beliau
melihat orang-orang Yahudi berpuasa ‘Aasyuuraa’ adalah pada tahun kedua
hijriyyah (di bulan Muharram). Keterangan ini didapatkan dari perintah beliau
kepada para shahabat untuk berpuasa sebagaimana dalam hadits ‘Aaisyah adalah
setelah melihat orang-orang Yahudi berpuasa sebagaimana dalam hadits Ibnu
‘Abbaas radliyallaahu ‘anhum.
عن أبي موسى رضي
الله عنه قال: كان يوم عاشوراء تعده اليهود عيدا، قال النبي صلى الله عليه وسلم:
(فصوموه أنتم).
Dari Abu Muusaa radliyallaahu ‘anhu, ia
berkata: Orang-orang Yahudi menjadikan hari ‘Aasyuuraa sebagai hari raya. Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Maka berpuasalah kalian (pada
hari ‘Aasyuuraa’)" (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2005 dan Muslim no.
1131).
عن حميد بن عبد
الرحمن: أنه سمع معاوية بن أبي سفيان رضي الله عنهما يوم عاشوراء عام الحج، على
المنبر يقول: يا أهل المدينة، أين علماؤكم، سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم
يقول: (هذا يوم عاشوراء، ولم يكتب عليكم صيامه، وأنا صائم، فمن شاء فليصم ومن شاء
فليفطر).
Dari Humaid bin ‘Abdirrahmaan: Bahwasannya ia
mendengar Mu’aawiyyah bin Abi Sufyaan radliyallaahu ‘anhumaa pada hari
‘Aasyuuraa’ ketika tahun penyelenggaraan haji di atas mimbar, ia berkata: "Wahai
penduduk Madinah, dimanakah ulama kalian? Aku telah mendengar Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Ini adalah hari ‘Aasyuuraa’ dan Allah
tidak mewajibkan atas kalian puasa padanya. Namun aku berpuasa.
Barangsiapa yang ingin berpuasa, hendaklah ia berpuasa. Dan barangsiapa yang
ingin berbuka, maka ia boleh berbuka" (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no.
2003 dan Muslim no. 1129).
عن ابن عباس رضي
الله عنهما قال: ما رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يتحرى صيام يوم فضله على غيره
إلا هذا اليوم، يوم عاشوراء، وهذا الشهر، يعني شهر رمضان.
Dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia
berkata: "Aku tidak pernah melihat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
sengaja berpuasa yang beliau melebihkan/mengistimewakan dibandingkan hari-hari
yang lain dari hari ini, yaitu hari ‘Aasyuuraa’. Dan juga (puasa) di bulan ini,
yaitu bulan Muharram" (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2006 dan Muslim
no. 1132).
عن الربيع بنت
معوذ قالت: أرسل النبي صلى الله عليه وسلم غداة عاشوراء إلى قرى الأنصار: (من أصبح
مفطرا فليتم بقية يومه، ومن أصبح صائما فليصم). قالت: فكنا نصومه بعد، ونصوم
صبياننا، ونجعل لهم اللعبة من العهن، فإذا بكى أحدهم على الطعام أعطيناه ذاك حتى
يكون عند الإفطار.
Dari Ar-Rubayyi’ binti Mu’awwidz, ia berkata: "Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengutus seseorang di waktu siang ke kampung
Anshaar dengan mengatakan: ‘Barangsiapa di waktu pagi dalam keadaan berbuka,
hendaklah ia menyempurnakan (dengan berpuasa) di sisa harinya. Dan barangsiapa di waktu
pagi hari dalam keadaan berpuasa, hendaklah ia meneruskan puasanya". Ia
(Ar-Rubayyi’) melanjutkan: "Sehingga sejak hari itu kami berpuasa pada
hari tersebut dan memerintahkan anak-anak kami untuk berpuasa pula. Untuk itu
kami membuatkan mainan (anak-anak) yang terbuat dari wol. Jika salah satu di
antara anak-anak kecil tersebut menangis karena ingin makan, kami berikan
kepada dia mainan tersebut hingga datangnya waktu berbuka" (Diriwayatkan
oleh Al-Bukhaariy no. 1960 dan Muslim no. 1136).
عن سلمة بن
الأكوع رضي الله عنه قال: أمر النبي صلى الله عليه وسلم رجلا من أسلم: (أن أذن في
الناس: أن من كان أكل فليصم بقية يومه، ومن لم يكن أكل فليصم، فإن اليوم يوم
عاشوراء).
Dari Salamah bin Al-Akwa’ radliyallaahu ‘anhu,
ia berkata: "Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan seorang
laki-laki dari suku Aslam agar menyerukan kepada manusia bahwa siapa saja yang
telah makan, hendaklah ia berpuasa di sisa harinya, dan barangsiapa yang belum
makan, hendaklah ia berpuasa, karena hari itu adalah hari ‘Aasyuuraa’" (Diriwayatkan
oleh Al-Bukhaariy no. 2007 dan Muslim no. 1136).
عن أبي قتادة: عن
النبي صلى الله عليه وسلم قال: "ثلاث من كل شهر. ورمضان إلى رمضان. فهذا صيام
الدهر كله. صيام يوم عرفة، أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله. والسنة التي
بعده. وصيام يوم عاشوراء، أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله".
Dari
Abu Qataadah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: "(Puasa)
tiga hari dalam setiap bulan, Ramadlaan hingga Ramadlaan berikutnya, maka ini
adalah puasa satu tahun penuh. Puasa ‘Arafah, aku berharap kepada Allah agar puasa itu
dapat menghapus (dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa
‘Aasyuuraa’, aku berharap kepada Allah agar puasa itu dapat menghapus dosa
setahun yang lalu’ (Diriwayatkan oleh Muslim no. 1162).
عن عبد الله بن
عمر رضي الله عنه ؛ أن أهل الجاهلية كانوا يصومون يوم عاشوراء. وأن رسول الله صلى
الله عليه وسلم صامه، والمسلمون. قبل أن يفترض رمضان, فلما افترض رمضان، قال رسول
الله صلى الله عليه وسلم:
"إن
عاشوراء يوم من أيام الله. فمن شاء صامه ومن شاء تركه".
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu
‘anhumaa: Bahwasannya orang-orang Jahiliyyah mereka berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’.
Dan bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam beserta kaum muslimin
lainnya juga berpuasa pada hari itu sebelum diwajibkannya puasa Ramadlaan.
Maka, ketika telah diwajibkan puasa Ramadlaan, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wa sallam bersabda: "Sesungguhnya ‘Aasyuuraa’ itu adalah satu hari di
antara hari-hari Allah. Barangsiapa yang ingin berpuasa, ia boleh berpuasa; dan
barangsiapa yang ingin tidak berpuasa, ia boleh tidak berpuasa" (Diriwayatkan
oleh Al-Bukhaariy no. 1892 dan Muslim no. 1126).
عن جابر بن سمرة
رضي الله عنه. قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأمرنا بصيام يوم عاشوراء.
ويحثنا عليه. ويتعاهدنا عنده. فلما فرض رمضان، لم يأمرنا، ولم ينهنا، ولم يتعاهدنا
عنده.
Dari Jaabir bin Samurah radliyallaahu ‘anhu,
ia berkata: "Dulu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan
kami berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’. Beliau sangat menganjurkan kami untuk melakukannya, dan
memperhatikan kami di sisi beliau. Ketika diwajibkan puasa Ramadlaan, maka
beliau tidak lagi memerintahkan namun tidak pula melarangnya. Beliau tidak lagi
memperhatikan kami di sisi beliau (apakah kami melakukan puasa ataukah tidak)"
(Diriwayatkan oleh Muslim no. 1128).
عن ابن عمر رضي
الله عنهما قال: صام النبي صلى الله عليه وسلم عاشوراء وأمر بصيامه، فلما فرض
رمضان ترك. وكان عبد الله لا يصومه إلا أن يوافق صومه.
Dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa, ia
berkata: "Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa ‘Asyuuraa dan
memerintahkan untuk berpuasa pada hari tersebut. Ketika puasa Ramadlan
diwajibkan, beliau meninggalkannya". (Perawi berkata): "‘Abdullah
tidak berpuasa kecuali bertepatan dengan hari dimana ia biasa berpuasa"(3)
(Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1892).
عن عبد الله بن
عباس رضي الله عنهما يقول: حين صام رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء وأمر
بصيامه، قالوا: يا رسول الله ! إنه يوم تعظمه اليهود والنصارى. فقال رسول الله صلى
الله عليه وسلم: "فإذا كان العام المقبل إن شاء الله، صمنا اليوم التاسع.
قال: فلم يأت العام المقبل، حتى توفي رسول الله صلى الله عليه وسلم.
Dari ‘Abdullah bin ‘Abbaas radliyallaahu
‘anhumaa, ia berkata: "Sewaktu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
berpuasa hari ‘Aasyuuraa dan memerintahkan berpuasa di hari itu, mereka (para
shahabat) berkata: "Wahai Rasulullah, sesungguhnya ia adalah hari yang
diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nashaara". Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda: "Seandainya tiba tahun depan insya Allah, kita
akan berpuasa juga di hari kesembilan". Ibnu ‘Abbaas berkata: "Akan
tetapi, tahun depan itu tidaklah tiba hingga Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam wafat".
Dalam riwayat lain beliau bersabda:
لئن بقيت إلى
قابل لأصومن التاسع
"Seandainya aku masih hidup sampai tahun
depan, sungguh aku akan berpuasa (juga) di hari kesembilan" (Diriwayatkan
oleh Muslim no. 1134).
عَنِ
الْأَسْوَدِ، قَالَ: " مَا رَأَيْتُ أَحَدًا آمَرَ بِصَوْمِ يَوْمِ
عَاشُورَاءَ مِنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، وَأَبِي مُوسَى"
Dari Al-Aswad, ia berkata: "Aku tidak
melihat seorang pun yang begitu menganjurkan berpuasa hari ‘Aasyuuraa’ daripada
‘Aliy bin Abi Thaalib dan Abu Muusaa" (Diriwayatkan oleh Ibnu Ja’d no.
2618, Ibnu Abi Syaibah 4/56, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 4/286 dan dalam
Syu’abul-Iimaan no. 3784, Ath-Thayaalisiy 2/537 no. 1308, Ath-Thabariy dalam
Tahdziibul-Atsar no. 654-655, dan Ibnu Abi Khaitsamah dalam At-Taariikh no.
3862 & 3872,– dishahihkan oleh Ibnu Hajar dalam Mathaalibul-‘’Aliyyah 3/413).
عن علقمة. قال:
دخل الأشعث بن قيس على ابن مسعود. وهو يأكل، يوم عاشوراء. فقال: يا أبا عبدالرحمن
! إن اليوم يوم عاشوراء. فقال: قد كان يصام قبل أن ينزل رمضان. فلما نزل رمضان،
ترك. فإن كنت مفطرا فاطعم.
Dari ‘Alqamah, ia berkata: Asy’ats bin Qais
masuk menemui Ibnu Mas’uud yang sedang makan di hari ‘Aasyuuraa’. Ia (Asy’ats)
berkata: "Wahai Abu ‘Abdirrahmaan, sesungguhnya hari ini adalah hari
‘Aasyuuraa’". Ibnu Mas’uud berkata: "Dulu sebelum diturunkannya
kewajiban puasa Ramadlaan, beliau memang berpuasa di hari itu. Namun ketika
telah turun kewajiban puasa Ramadlaan, maka puasa ‘Aasyuuraa pun ditinggalkan. Jika engkau tidak
berpuasa, maka makanlah" (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5403 dan
Muslim no. 1127).
عن محمد بن صيفي
قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء أمنكم أحد أكل اليوم فقالوا
منا من صام ومنا من لم يصم قال فأتموا بقية يومكم وابعثوا إلى أهل العروض فليتموا
بقية يومهم.
Dari Muhammad bin Shaifiy, ia berkata: Telah
bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada hari ‘Aasyuuraa’: "Apakah
ada salah seorang di antara kalian yang telah makan hari ini?". Mereka (para shahabat)
berkata: "Di antara kami ada yang berpuasa dan ada pula yang tidak berpuasa".
Beliau bersabda: "Maka, sempurnakanlah sisa hari kalian (dengan berpuasa),
dan kirimkanlah utusan ke penduduk Madinah dan sekitarnya agar mereka
menyempurnakan sisa hari mereka (dengan berpuasa)" (Diriwayatkan oleh
An-Nasaa’iy no. 2320, Ibnu Maajah no. 1735, Ibnu Abi Syaibah 3/54-55, Ahmad
4/388, Ibnu Khuzaimah no. 2091, Ibnu Hibbaan no. 3617, dan Al-Mizziy dalam
Tahdziibul-Kamaal 25/403-404. Al-Bushairiy
dalam Mishbaahuz-Zujaajah 2/239: "Sanadnya shahih").
عَنْ قَيْسِ
بْنِ سَعْدٍ، قَالَ: أَمَرَنَا النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: " أَنْ
نَصُومَ عَاشُورَاءَ قَبْلَ أَنْ يَنْزِلَ صِيَامُ رَمَضَانَ، فَلَمَّا نَزَلَ
رَمَضَانَ، لَمْ يَأْمُرْنَا، وَلَمْ يَنْهَنَا، وَنَحْنُ نَفْعَلُهُ "
Dari Qais bin Sa’d, ia berkata: Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk berpuasa ‘Aasyuuraa’
sebelum diturunkannya kewajiban puasa Ramadlaan. Ketika telah diturunkan
kewajiban puasa Ramadlaan, beliau tidak memerintahkan kami, juga tidak melarang
kami, namun kami tetap mengerjakannya" (Diriwayatkan oleh Ahmad 3/421-422,
Ibnu Abi Syaibah 3/56-57, An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa no. 2854, dan
Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 2/74-75; sanadnya shahih).
Tingkatan dalam Puasa ‘Aasyuuraa’
Ibnul-Qayyim rahimahullah berkata:
فمراتب صومه
ثلاث:
- أكملها:
أن يصام قبله يوم، وبعده يوم.
- ويلي
ذلك: أن يصام التاسع والعاشر - وعليه أكثر الأحاديث
- .
- ويلي
ذلك: إفراد العاشر - وحده - بالصوم
"Adapun tingkatan
puasa hari ‘Aasyuuraa’ ada tiga: Yang paling sempurna adalah puasa sehari
sebelumnya (tanggal sembilan) dan sehari setelahnya (tanggal sebelas). Kemudian
tingkatan setelahnya, puasa hari kesembilan dan kesepuluh. Inilah yang terdapat
dalam banyak hadits. Kemudiantingkatan setelahnya, hanya berpuasa di hari
kesepuluh saja".
Kemudian beliau berkata:
وأما إفراد
التاسع: فمن نقص فهم الاثار، وعدم تتبع ألفاظها، وطرقها ! وهو بعيد من اللغة
والشرع
"Adapun hanya berpuasa di hari
kesembilan, maka itu (kekekeliruan) yang berasal dari kurangnya pemahaman
terhadap atsar serta ketiadaan penelitian atas lafadh-lafadhnya dan
jalan-jalannya. Pemahaman itu jauh dari bahasa maupun syari’at" (Zaadul-Ma’aad,
2/76).
Hal yang semisal dikatakan juga oleh Ibnu
Hajar dalam Al-Fath (4/346).
Catatan:
1. Perkataan beliau bahwa
tingkatan pertama yang paling sempurna adalah puasa pada hari kesembilan,
kesepuluh, dan kesebelas didasarkan pada hadits:
"صُومُوا
يَوْمَ عَاشُورَاءَ، صُومُوا قَبْلَهُ يَوْمًا، وَبَعْدَهُ يَوْمًا، وَخَالِفُوا
يَهُودَ "
"Berpuasalah kalian
di hari ‘Aasyuuraa’. Berpuasalah sehari sebelumnya dan sehari setelahnya.
Selisihilah orang-orang Yahudi".
Hadits ini diriwayatkan
oleh Al-Humaidiy no. 491, Ahmad 1/241, Ibnu Khuzaimah no. 2095, Ath-Thabariy
dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 651, Al-Bazzaar dalam Al-Bahruz-Zakhaar no. 5238
dan dalam Kasyful-Astaar no. 1049, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 4/287 dan dalam
Syu’abul-Iimaan no. 3789-3790, Tamaam Ar-Raaziy dalam Al-Fawaaid no. 94, dan
Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 3/553-554; semua dari jalan Ibnu Abi Lailaa, dari
Daawud bin ‘Aliy, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Abbaas, dari Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam.
Sanad riwayat ini lemah
dengan kelemahan Ibnu Abi Lailaa dan Daawud bin ‘Aliy.
Namun ada atsar mauquf
dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhu, bahwasannya ia berpuasa tanggal 9, 10,
dan 11 Muharram; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabariy:
حَدَّثَنَا
أَبُو كُرَيْبٍ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ. وَحَدَّثَنَا ابْنُ وَكِيعٍ، حَدَّثَنَا
أَبِي، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: " أَنَّهُ
كَانَ يَصُومُ قَبْلَهُ يَوْمًا وَبَعْدَهُ يَوْمًا "
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib:
Telah menceritakan kepada kami Wakii’. Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu
Wakii’: Telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Ibnu Juraij, dari ‘Athaa’,
dari Ibnu ‘Abbaas: Bahwasannya ia berpuasa sehari sebelumnya dan sehari
setelahnya" (Tahdziibul-Aatsaar no. 659; sanadnya shahih).
2. Ibnu Qudaamah menukil perkataan Al-Imaam
Ahmad bin Hanbal rahimahumallah:
فإن اشتبه عليه
أول الشهر: صام ثلاثة أيام، وإنما يفعل ذلك ليتقن صوم التاسع والعاشر
"Apabila ada
keraguan padanya tentang awal bulan, maka ia berpuasa tiga hari (tanggal
sembilan, sepuluh, dan sebelas). Hal itu hanyalah dilakukan dalam rangka
kehati-hatian agar tidak terluput puasa hari kesembilan dan kesepuluh" (Al-Mughniy,
3/174).
Namun alasan tersebut
kuranglah berterima, karena kekhawatiran Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam terluput puasa ‘Aasyuuraa’ adalah dengan melakukan puasa di hari
kesembilan (tidak dengan hari kesebelas). Perhatikan
riwayat berikut:
حَدَّثَنَا
الْحُسَيْنُ بْنُ جَعْفَرٍ الْقَتَّاتُ، وَمُحَمَّدُ بْنُ الْعَبَّاسِ
الْمُؤَدِّبُ، قَالا: ثنا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ، ثنا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ
الْقَاسِمِ بْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَيْرٍ، عَنِ ابْنِ
عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: " إِنْ عِشْتُ
إِنْ شَاءَ اللَّهُ إِلَى قَابِلٍ صُمْتُ التَّاسِعَ مَخَافَةَ أَنْ يَفُوتَنِي
يَوْمُ عَاشُورَاءَ "
Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin
Ja’far Al-Qattaat dan Muhammad bin Al-‘Abbaas Al-Muaddib, mereka berdua berkata:
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yuunus: Telah menceritakan kepada kami
Ibnu Abi Di’b, dari Al-Qaasim bin ‘Abbaas, dari ‘Abdullah bin ‘Umair, dari Ibnu
‘Abbaas, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: "Seandainya
aku masih hidup – insya Allah – hingga tahun depan, aku akan berpuasa di hari
kesembilan, karena khawatir aku terluput hari ‘Aasyuuraa’" (Diriwayatkan
oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 10/330-331 no. 10817; shahih).
Kaum Syi’ah dan Puasa ‘Aasyuuraa’
Orang-orang Syi’ah menjadikan hari ‘Aasyuuraa’
(10 Muharram) sebagai hari berkabung internasional. Mereka melakukan hal itu
sebagai wujud partisipasi (kesedihan) mereka atas syahidnya Al-Husain bin ‘Aliy
radliyallaahu ‘anhumaa beserta beberapa ahlul-bait yang lain dalam tragedi
Karbalaa’. Peristiwa itu memang peristiwa menyedihkan dan sudah sepatutnya kaum
muslimin mengambil pelajaran. Kaum muslimin sudah selayaknya menjadi semakin
dekat dengan Rabb-nya dengan menjauhi apa-apa yang dilarang dan mengerjakan apa-apa
yang diperintahkan.
Namun aneh dengan kaum
Syi’ah,…. mereka justru menjadikan momen hari ‘Aasyuuraa untuk menambah
kemurkaan Allah ta’ala. Sudah akrab di mata dan telinga kita bagaimana
orang-orang Syi’ah meratap-ratap dan memukul-mukul diri (baca: menyiksa diri)
sebagai satu bagian propaganda sentimen madzhab terhadap Ahlus-Sunnah. Mereka
bersedih – atau pura-pura bersedih – dengan segala aksinya itu untuk memelihara
kebencian terhadap Ahlus-Sunnah yang mereka anggap sebagai biang keladi
kematian Al-Husain radliyallaahu ‘anhumaa – padahal Ahlus-Sunnah berlepas diri
terhadap tuduhan itu sebagaimana berlepas dirinya serigala atas darah di baju
Yuusuf yang dibawa saudara-saudaranya ke hadapan Ya’quub ‘alaihimas-salaam.
Saya tidak akan membahas masalah Karbalaa. Akan tetapi saya hanya ingin
menggarisbawahi perbuatan barbar Syi’ah di bulan ‘Aasyuuraa’ tersebut. Padahal,
dalam kitab-kitab mereka, telah tegas larangan meratap, merobek-robek baju,
memukul-mukul badan, dan macam menyakiti diri yang lainnya. Telah ada artikel
dalam blog ini yang membahasnya. Silakan baca:
http://abul-jauzaa.blogspot.com/2010/04/mengenal-fiqh-syiah-02-meratap.html.
Terkait dengan puasa
‘Aasyuuraa’, mereka (Syi’ah) juga membuat-buat syubhat yang lain. Sebagian
mereka mengatakan bahwa Ahlus-Sunnah merekayasa hadits puasa ‘Aasyuuraa’ untuk
merayakan kematian Al-Husain bin ‘Aliy radliyallaahu ‘anhumaa. Na’uudzubillah
atas tuduhan keji ini. Dari sisi Ahlus-Sunnah, tidak ada ruang untuk menerima
pendapat mereka, sebab hadits-hadits tentang puasa ‘Aasyuuraa’ ini diriwayatkan
oleh banyak shahabat. Di atas disebutkan sebagian di antaranya. Belum lagi
riwayat-riwayat yang lemah. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan para
shahabatnya telah berpuasa ‘Aasyuuraa’ jauh sebelum meninggalnya Al-Husain
radliyallaahu ‘anhu. Dan sebagai catatan, ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu
‘anhu – seorang yang mereka (Syi’ah) anggap sebagai imam - adalah salah seorang
shahabat yang sangat bersemangat berpuasa ‘Aasyuuraa’, sebagaimana telah
disebutkan riwayat Al-Aswad di atas. Sebagai
tambahan penguat:
حَدَّثَنِي
إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ السَّامِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ
مَهْدِيٍّ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ فُلَيْتٍ الذُّهْلِيِّ، عَنْ جَسْرَةَ بِنْتِ
دِجَاجَةَ، قَالَتْ: قُلْتُ لِعَائِشَةَ: " إِنَّ عَلِيًّا يَأْمُرُ بِصَوْمِ
عَاشُورَاءَ، فَقَالَتْ: هُوَ أَعْلَمُ منْ بَقِيَ بِالسُّنَّةِ "
Telah menceritakan kepadaku Ibraahiim bin
Muhammad As-Saamiy: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy,
dari Sufyaan, dari Fulait Adz-Dzuhliy, dari Jasrah binti Dijaajah, ia berkata:
Aku berkata kepada ‘Aaisyah: "Sesungguhnya ‘Aliy memerintahkan berpuasa
‘Aasyuuraa’". Lalu ‘Aaisyah menjawab: "Ia lebih mengetahui dari orang
lain terhadap sunnah" (Diriwayatkan oleh Al-Balaadzuriy 2/365, Diriwayatkan
juga oleh ‘Abdurrazzaaq dalam Mushannaf-nya dari Muhammad bin Basyaar, dari
Ibnu Mahdiy). Riwayat ini dikuatkan oleh:
حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا قَاسِمُ بْنُ أَصْبَغَ،
قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ وَضَّاحٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ عَدِيٍّ،
قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الْحَارِثِ، عَنْ
عَلِيٍّ، أَنَّهُ كَانَ " يَأْمُرُ بِصَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ "
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Waarits
bin Sufyaan, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Qaasim bin Ashbagh, ia
berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wadldlaah, ia berkata: Telah
menceritakan kepada kami Yuusuf bin ‘Adiy, ia berkata: Telah menceritakan
kepada kami Abul-Ahwash, dari Abu Ishaaq, dari Al-Haarits, dari ‘Aliy:
Bahwasannya ia memerintahkan berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’" (Diriwayatkan
oleh Ibnu ‘Abdil-Barr dalam At-Tamhiid 7/207. Ibnu Abi Syaibah dengan sanad
yang lebih pendek dalam Al-Mushannaf 3/56 meriwayatkan dari Abul-Ahwash).
Dikuatkan juga oleh riwayat:
حدثنا علي بن
مسهر عن الشيباني عن أبي بشر قال سمعت عليا يأمر بصوم عاشوراء
Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin
Mushir, dari Asy-Syaibaaniy, dari Abu Bisyr, ia berkata: Aku mendengar ‘Aliy
memerintahkan puasa ‘Aasyuuraa’" (Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah 3/57).
Riwayat-riwayat yang bersumber dari ‘Aliy ini
(walau dalam sebagian jalannya terdapat kelemahan), namun kesemuanya dapat
menguatkan dan kemudian memberikan kesimpulan bahwa ia memang berpuasa
‘Aasyuuraa’ dan memerintahkan untuk berpuasa padanya.
Ini menurut sisi pandang
referensi Ahlus-Sunnah.
Adapun dalam sisi pandang
referensi Syi’ah, mari kita cermati bersama agar ia dapat berfungsi sebagai air
untuk membasuh mata-mata yang masih rabun.
Ath-Thuusiy membawakan
riwayat dengan sanadnya sebagai berikut:
عن سعد بن
عبدالله ، عن أبي جعفر ، عن جعفر بن محمد بن عبدالله ، عن عبدالله بن ميمون القداح
، عن جعفر ، عن أبيه ( عليهما السلام ) قال: صيام يوم عاشوراء كفارة سنة
Dari Sa’d bin ‘Abdillah, dari Abu Ja’far, dari
Ja’far bin Muhammad bin ‘Abdillah, dari ‘Abdullah bin Maimuun Al-Qaddaah, dari
Ja’far, dari ayahnya (‘alaihimas-salaam), ia berkata: "Puasa ‘Aasyuuraa’
sebagai penghapus dosa setahun".
Hadits ini shahih, semua perawinya tsiqah.
(bisa dilihat dalam beberapa referensi sebagai
berikut: Tahdziibul-Ahkaam 4/300, Al-Istibshaar 2/134, Jaami’
Ahaadiitsisy-Syii’ah 9/475, Al-Hadaaiqun-Naadlirah 13/371, Shiyaamu ‘Aasyuuraa’
hal. 112, Al-Waafiy 7/13, dan Wasaailusy-Syii’ah 7/337).
عن هارون بن
مسلم ، عن مسعدة بن صدقة ، عن أبي عبدالله (عليه السلام ) عن أبيه ، أن عليا (عليه
السلام) قال: صوموا العاشوراء التاسع والعاشر ، فانه يكفر ذنوب سنة
Dari Haaruun bin Muslim, dari Mas’adah bin
Shadaqah, dari Abu ‘Abdillah (‘alaihis-salaam), dari ayahnya: Bahwasannya ‘Aliy
(’alaihis-salaam) berkata: "Berpuasalah ‘Aasyuuraa’ pada hari kesembilan
dan kesepuluh, karena ia dapat menghapuskan dosa-dosa selama setahun".
Hadits ini dihukumi muwatstsaq.
Ash-Shaduuq (Muhammad bin Al-Husain)
membawakan riwayat dengan sanadnya dari Zuraarah bin A’yun dan Muhammad bin
Muslim, keduanya pernah bertanya kepada Abu Ja’far Al-Baaqir (‘alaihis-salaam)
tentang puasa di hari ‘Aasyuuraa’. Maka ia menjawab:
كان صومه قبل
شهر رمضان ، فلما نزل شهر رمضان ترك
"Puasa di hari itu
adalah sebelum kewajiban puasa di bulan Ramadlaan. Lalu ketika turun kewajiban
puasa di bulan Ramadlaan, maka ia ditinggalkan".
Hadits ini shahih.
Beberapa riwayat lain
yang ada di sumber Syi’ah:
عن أبي الحسن
عليه السلام أنه قال: {{صام رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم يوم عاشوراء}}
Dari Abul-Hasan ‘alaihis-salaam, ia berkata: "Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam berpuasa pada hari ‘Aasyuuraa’" (Tahdziibul-Ahkaam
4/29, Al-Istibshaar 2/134, Al-Waafiy 7/13, Wasaailusy-Syii’ah 7/337, Jaami’
Ahaadiitsisy-Syii’ah 9/475, Al-Hadaaiqun-Naadlirah 13/370-371, dan Shiyaamu
‘Aasyuuraa’ hal. 112).
وعن النبي صلى
الله عليه وآله وسلم قال: {إن أفضل الصلاة بعد الصلاة الفريضة الصلاة في جوف
الليل، وإن أفضل الصيام من بعد شهر رمضان صوم شهر الله الذي يدعونه المحرم}
Dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam,
beliau bersabda: "Sesungguhnya shalat yang paling utama setelah shalat
fardlu adalah shalat sunnah yang dilakukan di pertengahan malam. Dan
sesungguhnya puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadlaan adalah
puasa di bulan Allah yang mereka namakan Muharram" (Wasaailusy-Syii’ah
7/347, Al-Hadaaiqun-Naadlirah 13/377, dan Jaami’ Ahaadiitsisy-Syii’ah 9/474).
Baca juga ulasan
Al-Khuu’iy di: http://www.al-khoei.us/books/index.php?id=3258.
Baca juga beberapa
riwayat lain di: http://www.tashayyu.org/hadiths/fasting/fast-of-ashura.
Dan Ayatullah (?)
Al-Maiad ketika ditanya hukum berpuasa ‘Aasyuuraa’, ia menjawab:
الذي أفتي به
هوَ استحباب صوم يوم عاشوراء . و في صيامه ثواب عظيم , فينبغي للمسلم أن يصوم هذا
اليوم تقرباً الى الله تعالى و كسباً لثواب صيامه , فيكون صومه له بهذه النية و
على هذا الوجه لا على أي وجه آخر .
و أما ما ورد في
الجوامع الحديثية للشيعة الإمامية من أخبار تنهى عن صوم يوم عاشوراء فهي بأجمعها
ضعيفة لا إعتبار بها و لا تنهض أمام الأخبار المعتبرة الدالة على استحباب صوم يوم
عاشوراء سواءً ما ورد منها في طرق الإمامية أو ما ورد من طرق غيرهم
"Yang aku fatwakan
adalah disunnahkan berpuasa pada hari ‘Aasyuuraa’. Berpuasa di hari itu
terdapat pahala yang besar. Maka, sudah seharusnya bagi kaum muslimin untuk
berpuasa pada hari tersebut dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah ta’ala
dan mengharapkan pahala atas puasanya. Maka puasanya itu dilakukan dengan niat
dan tujuan ini, bukan dengan tujuan yang lain (riyaa’). Adapun yang terdapat
dalam jawaami’ hadits Syii’ah Imaamiyyah tentang riwayat yang melarang puasa
‘Aasyuuraa’, maka semuanya itu lemah, tidak diperhitungkan dan tidak pula
diletakkan di depan riwayat-riwayat mu’tabarah yang menunjukkan disunnahkannya
puasa di hari ‘Aasyuuraa’. Sama saja, apakah ia riwayat yang berasal dari
jalan-jalan/sanad Imaamiyyah (Syi’ah) ataupun selainnya".(4)
(sebagai catatan:
sebagian ulama Syi’ah berpendapat bahwa puasa ‘Aasyuuraa’ itu mansuukh dengan
puasa Ramadlaan, sebagian lain menghukumi makruh).
Riwayat dan ulasan ulama
Syi’ah yang secara ringkas saya tuliskan di atas setidaknya dapat menggambarkan
kualitas syubhat dan dusta yang dihembus-hembuskan orang-orang Syi’ah. Juga,
bagaimana kualitas kebanyakan orang Syi’ah awam di Indonesia yang buta akan kitab
mereka sendiri, namun menjadi lebih ‘sok tahu’ kitab orang lain (Ahlus-Sunnah).
Saya cukupkan tulisan ini
sampai di sini. Bagi orang-orang Syi’ah, saya ucapkan selamat berpuasa tahun
depan. Dan tinggalkanlah kebiasaan buruk meratap dan menyakiti diri di hari
‘Aasyuuraa’. Tinggalkan perilaku barbar itu….. Gantilah dengan ibadah puasa
‘Aasyuuraa’. Dan bagi saudara-saudaraku Ahlus-Sunnah, jangan terpengaruh
propaganda Syi’ah tentang ‘Aasyuuraa’, khususnya tentang puasa di hari
tersebut.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
Semoga ada manfaatnya,
walau diposting setelah lewat hari ‘Aasyuuraa’.
Oleh: Abul Jauzaa' Dony Arif Wibowo
(Dalam bahasan puasa ‘Aasyuuraa’, saya banyak
mengambil faedah dari kitab ‘Aasyuuraa’: Baina Hidaayatis-Sunnah al-Ghurraa’ wa
Dlalaalatil-Bid’ah Asy-Syan’aa’ oleh Asy-Syaikh ‘Aliy bin Hasan Al-Halabiy,
Cet. Thn. 1428 H dengan penambahan seperlunya)
Footnote:
(1) Silakan baca
penjelasan Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah 6/338-340 mengenai perbedaan
pendapat ini di kalangan ulama.
(2) Begitulah yang
dipahami Ibnu Abi Syaibah atas riwayat tersebut, dimana ia mamasukkannya dalam
Mushannaf-nya pada bab: Tentang Hari ‘Aasyuuraa’, Hari Apakah itu?".
(3) Perkataan perawi:
‘‘Abdullah tidak berpuasa kecuali bertepatan dengan hari dimana ia biasa
berpuasa’; maka ia dibawa pada pengertian bahwa Ibnu ‘Umar tidak berpuasa
‘Aasyuraa kecuali jika ia sedang mukim (dan itulah hari dimana ia biasa
berpuasa). Pengertian ini didapatkan dari riwayat:
عَنْ مَعْمَرٍ،
عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، قَالَ " لَمْ يَكُنِ ابْنُ عُمَرَ يَصُومُ
يَوْمَ عَاشُورَاءَ إِذَا كَانَ مُسَافِرًا، فَإِذَا كَانَ مُقِيمًا صَامَهُ "
Dari Ma’mar, dari Ayyuub, dari Naafi’, ia
berkata: "Ibnu ‘Umar tidaklah berpuasa hari ‘Aasyuuraa’ jika ia bepergian.
Namun jika ia sedang mukim, ia berpuasa" (Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq
4/290 no. 7847; shahih).
(4) Saya ambil dari forum
Syi’ah berbahasa Inggris:
http://www.shiachat.com/forum/index.php?/topic/234972446-fast-on-ashura/ atau
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:LxWjvGohMP4J:www.shiachat.com/forum/index.php%3F/topic/234972446-fast-on-ashura/+الذي+أفتي+به+هوَ+استحباب+صوم+يوم+عاشوراء&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id.
Posting Komentar untuk "Hukum Puasa Sunnah Asyuuraa dan Perspektif Syi’ah Tentang Puasa Aasyuuraa"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.