Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Larangan Berpuasa Mendahului Ramadhan

📜 Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu dari nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدُكُمْ رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ أَوْ يَوْمَيْنِ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَجُلٌ كَانَ [إِلَّا رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا، فَلْيَصُمْهُ] يَصُومُ صَوْمَهُ؛ فَلْيَصُمْ ذَلِكَ اليَوْمَ

"Tidaklah sekali-kali salahsatu dari kalian mendahului Ramadhan dengan puasa satu hari atau dua hari, kecuali seseorang yang biasa [kecuali seseorang yang dia terbiasa puasa dengan satu puasa, maka berpuasalah] berpuasa pada puasanya itu; maka hendaknya dia berpuasa pada hari tersebut." [HR. Bukhari (1815) dan Muslim (1082)]

📜 dan dalam lafazh Tirmidzi (684): telah bersabda nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:

لاَ تَقَدَّمُوا الشَّهْرَ بِيَوْمٍ وَلاَ بِيَوْمَيْنِ، إِلاَّ أَنْ يُوَافِقَ ذَلِكَ صَوْمًا كَانَ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ...

"Jangan kalian mendahului bulan (Ramadhan) dengan satu hari dan tidak pula dengan dua hari, kecuali mencocoki hal itu dengan puasa yang biasa dilakukan salahsatu dari kalian..."

📑 Fawaid:

(1). Larangan dari berpuasa sebelum Ramadhan, dan seseorang mempercepat dengan berpuasa sebelum masuk bulan Ramadhan dan larangan memberikan konsekuensi peng-haraman, kecuali yang dikecualikan rasul shallallahu 'alaihi wa sallam yaitu apabila seseorang berpuasa dengan puasa yang bertepatan denga kebiasaan puasanya tersebut maka tidak mengapa.

(2). Bahwa di dalam hadits ini ada bantahan atas kaum Rafidhah (Syi'ah), maka mereka berpendapat bolehnya mendahului puasa atas rukyat (hilal).

(3). Disyariatkan pembeda antara yang wajib dengan yang sunnah dalam ibadah, seperti membedakan antara beramal sunnah di bulan Sya'ban dengan yang wajib di bulan Ramadhan dengan diharamkannya puasa pada hari yang meragukan.

Ditulis oleh: Abu Furaihan Jamal bin Furaihan Al-Haritsi [hafizhahullah].

Teks Asli:

السلسلة المختصرة في أحكام الصيام

1- النَهيُّ عن الصومِ قبلَ رمضان.

عَنْ أَبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبيِّ ﷺ قَالَ:

(لاَ يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدُكُمْ رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ أَوْ يَوْمَيْنِ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَجُلٌ كَانَ [إِلَّا رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا، فَلْيَصُمْهُ] يَصُومُ صَوْمَهُ؛ فَلْيَصُمْ ذَلِكَ اليَوْمَ).

رواه البخاري (1815) ومسلم (1082).

وفي لفظٍ للترمذيِّ (684): قَالَ النبي ﷺ:

(لاَ تَقَدَّمُوا الشَّهْرَ بِيَوْمٍ وَلاَ بِيَوْمَيْنِ، إِلاَّ أَنْ يُوَافِقَ ذَلِكَ صَوْمًا كَانَ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ...).

الفوائد:

1) النَّهْيُ عَنْ الصِّيامِ قَبْلَ رَمَضَانَ، وأن يَتَعَجَّل الرَّجلُ بِصِيامٍ قبل دخُولِ شَهْرِ رَمَضَانَ والنَّهيُ يَقْتَضِي التَّحْريمَ ، إلا ما استثنى الرسول ﷺ من أن يكونَ الرَجُلٌ يَصومُ صَوماً فَوَافق صِيَامُهُ ذَلكَ فَلا بَأسَ به.

2) أن في هذا الحَدِيثِ رَداً على الرَّافِضَةِ، فهُم يَرونَ تَقدِيمَ الصَّومِ على الرُّؤيَةِ.

3) مَشرُوعِيَّةَ الفَصْلِ بينَ الفَرْضِ والنَّفلِ في العِبَادَاتِ، كالفَصْلِ بين التَّنَفُّل في شَعْبَانَ والفَرْضِ في رَمَضَانَ بتَحْرِيمِ صِيامِ الشَّكِّ.

أبو فريحان جمال بن فريحان الحارثي.

 

KabeL DakwaH
KabeL DakwaH Owner Gudang Software Al-Amanah

Posting Komentar untuk "Larangan Berpuasa Mendahului Ramadhan"