Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Adab-Adab Ini Saat Berhubungan Suami Istri!

 

Adab-Adab Berhubungan Suami Istri

Berhubungan suami istri adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan berumah tangga. Namun, selain memahami teknik dan posisi yang tepat, ada juga adab-adab yang harus dipahami agar hubungan suami istri menjadi lebih baik. Berikut ini adalah beberapa adab-adab berhubungan suami istri yang perlu diketahui:

Adab-Adab Berhubungan Suami Istri

1. Menjaga Kebersihan

2. Berbicara dengan Baik

3. Berpakaian yang Pantas

4. Tidak Memaksa Pasangan

5. Menghargai Pasangan

6. Tidak Menggunakan Kekerasan

7. Tidak Menggunakan Narkoba atau Alkohol

8. Tidak Berhubungan Suami Istri di Tempat Umum

9. Tidak Menggunakan Kata-Kata Kasar

10. Tidak Mengabaikan Kesehatan

Kesimpulan

 

1. Menjaga Kebersihan

Sebelum melakukan hubungan suami istri, pastikan untuk membersihkan diri terlebih dahulu. Hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi atau penyakit menular seksual. Selain itu, menjaga kebersihan juga dapat membuat pasangan merasa nyaman dan lebih terbuka dalam berhubungan intim.

Ibnu Al Atsir rahimahullah berkata:

لأنَّ الإيمانَ يُطهِّر نجاسةَ الباطن والطَّهورَ يُطهِّر نجاسة الظاهر

“Karena keimanan membersihkan kotorannya batin dan bersuci dengan air membersihkan kotoran lahir.” (Lihat kitab An Nihayah Fi Gharib Al Hadits).

عن ابن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: طهروا هذه الأجساد طهركم الله فإنه ليس عبد يبيت طاهرا إلا بات معه ملك في شعاره لا ينقلب ساعة من الليل إلا قال: اللهم اغفر لعبدك فإنه بات طاهرا.

“Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bersihkanlah jasad-jasad ini semoga Allah membersihkan kalian, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba bermalam suatau malam dalam keadaan suci melainkan seorang malaikat akan bermalam bersamanya di dalam selimutnya, tidaklah dia bergerak pada suatu waktu dari malam melainkan malaikat itu berdoa: “Wahai Allah, ampunilah untuk hamba-Mu sesungguhnya dia tidur malam dalam keadaan suci.” (HR. Ath Thabrani dan dihasankan oleh Al Albani di dalam kitab shahih Al Jami’, no. 3936).

Ibnu Zaid rahimahullah berkata:

كان المشركون لا يتطهرون، فأمره الله أن يتطهر، وأن يطهر ثيابه.

“Dahulu orang-orang musyrik kebiasaan mereka tidak bersuci, maka Allah memerintahkan agar bersuci dan membersihkan pakaiannya.” (Lihat tafsir Al Quran Al Azhim).

Berkata Ibnu Katsir rahimahullah: “Ini adalah pendapat yang dipilih oleh Ibnu Jarir, ayat ini mencakup seluruh perkara itu bersamaan dengan kesucian hati.” Lihat kitab Tafsir Al Quran Al Azhim di dalam ayat ini.

عَنْ أبي مالِكٍ الأشْعَريِّ – رضي الله عنه – قالَ :قالَ رسولُ الله – صلى الله عليه وسلم – : (( الطُّهورُ شَطْرُ الإيمانِ ،)). رواه مسلم

“Abu Malik Al Asy‘ary radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bersuci adalah setengah dari keimanan” (HR. Muslim)

2. Berbicara dengan Baik

Komunikasi yang baik sangat penting dalam hubungan suami istri. Sebelum melakukan hubungan intim, pastikan untuk berbicara dengan baik dan saling memahami keinginan masing-masing. Jangan ragu untuk mengungkapkan kekhawatiran atau ketidaknyamanan yang dirasakan.

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ يَضْمَنْ لِى مَا بَيْنَ لَحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنَّةَ

“Siapa yang menjamin (menjaga) di antara dua janggutnya (lisannya) dan di antara dua kakinya (kemaluannya), maka aku akan jaminkan baginya surga.” (HR. Bukhari, no. 6474)

3. Berpakaian yang Pantas

Saat berhubungan suami istri, pastikan untuk memakai pakaian yang pantas dan tidak terlalu terbuka. Hal ini dapat membuat pasangan merasa lebih nyaman dan menghargai satu sama lain.

4. Tidak Memaksa Pasangan

Setiap pasangan memiliki hak untuk menentukan kapan dan bagaimana mereka ingin melakukan hubungan intim. Jangan pernah memaksa pasangan untuk melakukan hubungan suami istri jika mereka tidak ingin atau tidak siap.

5. Menghargai Pasangan

Salah satu adab yang paling penting dalam hubungan suami istri adalah saling menghargai satu sama lain. Jangan pernah meremehkan atau mempermalukan pasangan, baik di depan orang lain maupun di dalam kamar tidur.

6. Tidak Menggunakan Kekerasan

Kekerasan dalam bentuk apapun tidak boleh digunakan dalam hubungan suami istri. Jangan pernah memaksa atau menggunakan kekerasan untuk memaksakan kehendak pada pasangan.

7. Tidak Menggunakan Narkoba atau Alkohol

Menggunakan narkoba atau alkohol sebelum melakukan hubungan suami istri dapat mempengaruhi kualitas hubungan tersebut. Selain itu, penggunaan narkoba atau alkohol juga dapat mengganggu kesehatan pasangan.

8. Tidak Berhubungan Suami Istri di Tempat Umum

Berhubungan suami istri sebaiknya dilakukan di tempat yang aman dan terjaga privasinya. Jangan pernah melakukan hubungan intim di tempat umum atau di depan orang lain.

9. Tidak Menggunakan Kata-Kata Kasar

Kata-kata kasar atau menghina tidak boleh digunakan dalam hubungan suami istri. Selalu gunakan bahasa yang sopan dan menghargai pasangan.

10. Tidak Mengabaikan Kesehatan

Kesehatan sangat penting dalam hubungan suami istri. Pastikan untuk selalu menggunakan alat kontrasepsi yang tepat dan berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan.

Kesimpulan

Adab-adab berhubungan suami istri sangat penting untuk dipahami agar hubungan tersebut dapat berjalan dengan baik dan harmonis. Selalu ingat untuk saling menghargai, berbicara dengan baik, dan menjaga kebersihan agar hubungan suami istri dapat menjadi lebih baik.

 

Posting Komentar untuk "Jaga Adab-Adab Ini Saat Berhubungan Suami Istri!"