Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merdekalah Palestinaku - Khutbah Jum'at

 


Khutbah 1

 

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

قال الله تعالى في كتابه الكريم:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ} ,

{يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا}

أَمَّا بَعْدُ

فَإِنَّ أصدق الحديث كتاب اللهِ وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ محمد صلى الله عليه وسلم.

 

Maasyirol Muslimin Jama'ah sholat jum'ah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta ala

Segala pujian hanyalah milik Allah subhanahuwa ta ala , shalawat serta  salam semoga senantiasa tercurahkan kepada nabi kita nabi muhammad saw, kepada keluarganya, dan para sahabatnya sampai datangnya hari kiamat.

Pada kesempatan yang berbahagia kali ini khotib berwasiat kepada diri khotib pribadi khususnya dan kepada jama’ah sekalian, marilah kita seantiasa memperbaharui serta meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah jalla jalaaluhu. Dan Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang senantiasa istiqamah dijalan-nya sampai akhir hayat kita.

Jama'ah sholat jum'ah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta ala

Di akhir-akhir pekan ini, kita telah banyak menyaksikan diberbagai media electronic maupun media masa. Dan sampai hari ini kita juga telah menyaksikan bagaimana kejahatan dan kekejian dari para penjajah zionis yahudi israel, kita juga telah menyaksikan bagaimana kebiadaban mereka orang2 zionis yahudi Israel terhadap saudaraa2 kita kaum muslimin dipalestina, puluhan ribu saudara-saudara kita dipalestina mereka bantai, rumah-rumah kaum muslimin dihancurkan, mereka diusir dari rumahnya sendiri, wanita-wanita Muslimah menjadi tahanan dan korban pemerkosaan, bahkan anak-anak kecil tak berdosa juga dibunuh dan menjadi korban dari brutalnya penjajahan yang dilakukan zionis yahudi israel ini. Allahul Musta'an.

Kemudian bukan hanya kaum muslimin yang menjadi korban dari kekejaman penjajahan zionis yahudi israel ini, namun Masjid yang telah disucikan dan telah diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta ala, yaitu masjid Al Aqsa, masjid yang menjadi kiblat pertama umat islam.  itu juga mereka nodai dengan menumpahkan darah kaum muslimin didalamnya. Mereka orang2 zionis yahudi israel sungguh telah mengotori masjid yang telah diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Maasyirol Muslimin Jama'ah sholat jum'ah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta ala

Marilah kita sejenak merenung, meresapi bagaimana perasaan kita, tatkala ada keluarga kita, anak anak kita, istri-istri maupun anak perempuan kita, kemudian dibantai, dibunuh, diperkosa, dan itu dilakukan dihadapan kita. Bagaimana perasaan kita sebagai seorang muslim? 

Demikianlah sakit dan pedihnya kondisi yang dirasakan saat ini oleh saudara-saudara kita kaum muslimin yang ada dipalestina yang saat ini sedang menghadapi kejahatan penjajahan oleh Zionis yahudi Israel.

Ma'asyirol Muslimin Jama'ah sholat jum'ah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta ala

Oleh sebab itu ada beberapa alasan mengapa kita harus membela saudara2 kita dipalestina dan mengapa kita harus membela masjid Al Aqsha.

Diantara alasannya adalah....

1. Kita membela saudara2 muslim kita dipalestina ini adalah termasuk perintah nabi kita Muhammad shollallahu alaihi wa sallam,

المُسْلِمُ أَخُو المُسْلِمِ

Seorang muslim adalah saudara untuk muslim lainnya. (HR. Muslim no. 2564)

Bahkan Syeikh Solih Al Utsaimin rahimahullahu ta’ala beliau mengatakan, apabila seorang muslim tidak memiliki perhatian (cuek) terhadap urusan kaum muslimin yang lainnya, maka pada hakikatnya dia memiliki kekurangan dalam agamanya. Karena sesungguhnya  nabi shollallahu alaihi wa sallam telah bersabda:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mengasihi, mencintai, dan menyayangi yakni bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka anggota tubuhnya yang lain juga akan ikut merasakan sakit.” (Hadits Muslim Nomor 4685)

 

2. Mengapa Kita harus membela masjid Al aqsa, alasannya adalah karena masjid al aqsha adalah masjid yang telah disucikan dan telah diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Sebagaimana Allah ta'ala telah berfirman QS AL ISRA’ ayat 1:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artiya: “Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami memperlihatkan kepada manusia sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat”.

Dari ayat tersebut telah jelas bahwa masjid al aqsha adalah masid yang suci dan diberkahi oleh Allah azza wa jalla, maka jangan sampai dikuasai atau jatuh ke tangan orang-orang zionis yahudi Israel yakni mereka adalah orang2 yang telah Allah murkai sebagai disebutkan dalam surah al fatihah ayat yang ke 7.

 

3. Mengapa kita harus membela kaum muslimin dan masjid Al Aqsa, alasannya adalah negeri palestina adalah negerinya para nabi dan karena masjid Al Aqsa merupakan tempat yang teragung ke tiga yang ada dimuka bumi ini. Tempat yang suci dan agung pertama adalah mekkah yakni masjidil haram, tempat yang suci dan agung kedua adalah Madinah yakni masjid Nabawi dan yang ketiga adalah kota Al Quds Yakni masjid Al Aqsha dan sekitarnya.

Bahkan disebutkan dalam sebuah hadits dari Abu Darda’ radhiallahu anhu secara marfu’ (sampai pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) disebutkan didalamnya tentang keutamaan shalat di Masjid al Aqsha:

وَالصَّلَاةُ فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ بِخَمْسِمِائَةِ صَلَاةٍ

“Shalat sekali di Baitul Maqdis atau di masjid Al Aqsha, sama nilainya seperti mengerjakan lima ratus kali shalat.” (HR. Al-Bazar, Ibnu ‘Abdil Barr, Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dan dihasankan oleh Al-Bazar)

Dan diantara alasan yang lain adalah.

Apabila kita melihat sejarah sebelum kemerdekaan Indonesia, maka kita akan mendapatkan bahwa Palestina adalah yang termasuk pertama kali mendukung kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Jika kita membaca sejarah bagamaimana kontribusi atau dukungan rakyat palestina terhadap kemerdekaan Indonesia, maka akan kita dapati ada seorang mufti Besar Palestina yang bernama syeikh Muhammad Amin Al Husaini beliau termasuk yang pertama kali ikut andil dalam pengakuan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau dengan semangatnya rela bepergian jauh2  ke negara2 timur tengah lainnya untuk mengajak pemerintah negara2 ditimur tengah dalam mendukung dan mengakui kemerdekaan republic Indonesia.

Kemudian jika kita membaca sejarah, maka  kita akan mendapati bagaimana putra bangsa palestina yaitu Muhammad Taher Ali, seorang saudagar kaya raya yang ada di palestina waktu itu, mengambil seluruh kekayaannya yang disimpan kemudian disedekahkan, diberikan untuk negara indonesia untuk membantu perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia pada saat itu. Dan masih banyak lagi sumbangsing dari bangsa palestina untuk kemerdekaan negara kita tercinta negara kesatuan republic Indonesia.

Maasyirol Muslimin Jama'ah sholat jum'ah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta ala

Masih banyak alasan-alasan yang lainnya, mengapa kita harus membela masjid al Aqsa dan membela saudara-saudara kita kaum muslimin yang ada dipalestina.

Ingatlah bagaimana yang disampaikan oleh bung karno, presiden pertama Republik Indonesia, beliau mengatakan: “selama kemerdekaan bangsa palestina belum diserahkan kepada orang-orang palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan zionis yahudi Israel”.

Ma'asyirol Muslimin Jama'ah sholat jum'ah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta ala

Palestina adalah keluarga Indonesia dan Indonesia adalah keluarga palestina.

Inilah persaudaraan bagaikan satu tubuh. apabila yang satu merasakan sakit maka yang lainnya juga akan ikut merasakan sakit, jika yang satu merasakan kebahagian maka yang lain juga harus ikut merasakan kebahagian.

Dan kita berdoa kepada Allah semoga Allah hancurkan dan cerai-beraikan penjajahan Zionis Yahudi laknatullah‘alaihim. Dan kita memohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala, semoga Allah menganugerahkan kekuatan dan kesabaran kepada kaum muslimin Palestina untuk mempertahankan kedaulatan negaranya serta menjaga kesucian Masjidil-Aqsha masjid yang telah diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 

Khutbah kedua

 

الْحَمْدَ لِلَّهِ أَحْمَدُ رَبِّي وَأَشْكُرُهُ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ نَبِيَنَا مُحَمَّدٌ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

 

Maasyirol Muslimin Jama'ah sholat jum'ah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta ala

Saat ini kita melihat dan menyaksikan bagaimana Mereka orang-orang yahudi membantai kaum muslimin, saat ini kita melihat bagaimana mereka menyiksa kaum muslimin dan  mereka menghancurkan masjid-masjid dan rumah-rumah kaum muslimin.

Namun kelak diakhir zaman mereka orang2 yahudi akan mendapatkan balasannya, mereka orang2 yahudi kelak diakhir zaman mereka balik yang akan dihancurkan oleh kaum muslimin. Disebutkan dalam sebuah hadist nabi shollallahu alaihi wa sallam.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ الْمُسْلِمُونَ الْيَهُودَ فَيَقْتُلُهُمُ الْمُسْلِمُونَ حَتَّى يَخْتَبِئَ الْيَهُودِيُّ مِنْ وَرَاءِ الْحَجَرِ وَالشَّجَرِ فَيَقُولُ الْحَجَرُ أَوِ الشَّجَرُ يَا مُسْلِمُ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا يَهُودِيٌّ خَلْفِي فَتَعَالَ فَاقْتُلْهُ إِلَّا الْغَرْقَدَ فَإِنَّهُ مِنْ شَجَرِ الْيَهُودِ *(مسلم )

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: "Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin memerangi orang-orang Yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka, sampai sampai ada seorang Yahudi yang bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan batu2 dan pohon2 (yang dijadikan tempat persembunyian orang yahudi) berbicara dan mengatakan: ”wahai muslim wahai hamba Allah ini ada orang Yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia. kecuali pohon Gorqhod karena ia adalah pohon Yahudi.” (HR Muslim)

Maasyirol Muslimin Jama'ah sholat jum'ah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta ala

Sesugguhnya kesedihan saudara-saudara kita dipalestina, ini juga menjadi kesedihan kaum muslimin bangsa Indonesia, perjuangan saudara-saudara kita melawan penjajah zionis yahudi di palestina, ini juga menjadi perjuangan kaum muslimin bangsa Indonesia.

Ummat Islam adalah Ummat satu tubuh, penderitaan saudara kita di Gaza dan di wilayah palestina lainnya adalah penderitaan kita ummat Islam dimana pun kita berada.

Kaum muslimin diwilayah syam termasuk didalamnya adalah palestina itu menjadi tolak ukur keimanan bagi kaum muslimin dipenjuru bumi yang lainnya.

إذا فسد أهل الشام فلا خير فيكم

“Jika penduduk negeri Syam telah rusak agamanya maka tidak ada lagi kebaikan di tengah kalian..."(Shahih, HR Tirmidzi (2192), beliau berkata: Hadits Hasan Shahih, di shahihkan oleh Syeikh Al-Albani)

Oleh sebab itu,

Jangan lupakan mereka dalam setiap lantunan doa kita.

Sisihkan sebagian rezeki dari harta kita untuk perjuangan mereka.

Perlihatkanlah solidaritas kita sebagai muslim Indonesia untuk perjuangan saudara kita kaum muslimin dipalestina.

Allah berfirman:

وَإِنِ اسْتَنْصَرُوكُمْ فِي الدِّينِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ .

Yang artinya: “jika ada yang meminta pertolongan kepada kalian dalam urusan membela agamanya, maka wajib abgi kalian untuk memberikan pertolongan”. (QS. Al Anfal: 72)

Dan akhirnya Kita memohon kepada Allah azza wa jalla, semoga menjadikan diri-diri kita tergolong sebagai penolong agama-Nya, dan kita memohon supaya dikumpulkan bersama para syuhada di surganya Allah subhanahu wa ta ala.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمسْلِمَاتِ وَالمؤْمِنِيْنَ وَالمؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ

اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلَامِ، وَنَجِّنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ،

Ya Allah, tolonglah kaum muslimin saudara kami di Palestina. Ya Allah bantulah seluruh saudara-saudara kami yang tertindas di segala penjuru dunia.

Ya Allah, muliakanlah Islam dan kaum muslimin. Satukanlah barisan kaum muslimin di atas kebenaran. Ya Allah Hancurkanlah dan cerai-beraikanlah kekuatan orang-orang yang zalim.

Ya Allah Ya Rabb kami, jagalah negeri kami, jadikan negeri kami negeri yang aman dan damai, dan satukanlah para pemimpin kami dalam kebaikan serta karuniakanlah hidayah kepada kami dan mereka, serta jadikanlah kami dan mereka sebagai pembela kebenaran. amin amin ya Rabbal ‘alamiin.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

 

Ahmadi As-Sambasy

Cilacap, 31 Juli 2021

Posting Komentar untuk "Merdekalah Palestinaku - Khutbah Jum'at"