Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dahsyatnya Sedekah Di Bulan Ramadhan

Kabeldakwah.com

Dahsyatnya Sedekah Di Bulan Ramadhan

🍃 Rasul kita shallallahu ‘alaihi wa sallam, teladan terbaik bagi kita, beliau adalah orang yang paling dermawan, dan kedermawanan beliau lebih dahsyat lagi di bulan Ramadhan.

👉 Hal ini diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة

📋 “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.”  (HR. Bukhari, no.6)

Oleh karena itu, kita yang mengaku meneladani beliau sudah selayaknya memiliki semangat yang sama. Yaitu semangat untuk bersedekah lebih sering, lebih banyak dan lebih bermanfaat di bulan Ramadhan, melebihi bulan-bulan lainnya.

🔖 Salah satu sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi teladan untuk lebih bersemangat dalam bersedekah di bulan Ramadhan adalah karena bersedekah di bulan ini lebih dahsyat dibanding sedekah di bulan lainnya.

💎 Diantara keutamaan sedekah secara umum khususnya sedekah di bulan Ramadhan adalah:

1. Puasa digabungkan dengan sedekah dan shalat malam sama dengan jaminan surga.

2. Mendapatkan tambahan pahala puasa dari orang lain.

3. Bersedekah di bulan Ramadhan lebih dimudahkan.

Salah satu keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan adalah bahwa di bulan mulia ini, setiap orang lebih dimudahkan untuk berbuat amalan kebaikan, termasuk sedekah.

4. Sedekah dapat menghapus dosa.

5. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir.

6. Sedekah memberi keberkahan pada harta.

7.  Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah.

8. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah.

9. Sedekah akan menjadi bukti keimanan seseorang.

10. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur.

11. Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual-beli

12. Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia

13. Pahala sedekah terus berkembang

14. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka

15. Boleh iri kepada orang yang dermawan

Saudaraku....

Setiap amal kebaikan, baik di luar maupun di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah 10 sampai 700 kali lipat.

👉Berdasarkan hadits:

‏إن الله كتب الحسنات والسيئات ثم بين ذلك فمن هم بحسنة فلم يعملها كتبها الله له عنده حسنة كاملة فإن هو هم بها فعملها كتبها الله له عنده عشر حسنات إلى سبع مائة ضعف إلى أضعاف كثيرة

📋 “Sesungguhnya Allah mencatat setiap amal kebaikan dan amal keburukan.” Kemudian Rasulullah menjelaskan: “Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, namun tidak mengamalkannya, Allah mencatat baginya satu pahala kebaikan sempurna.  Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, lalu mengamalkannya, Allah mencatat pahala baginya 10 sampai 700 kali lipat banyaknya.” (HR. Muslim no.1955)

Oleh karena itu, orang yang bersedekah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat karena sedekah adalah amal kebaikan, kemudian berdasarkan Al A’raf ayat 16 khusus amalan sedekah dilipatkan-gandakan lagi sesuai kehendak Allah. Kemudian ditambah lagi mendapatkan berbagai keutamaan sedekah. Lalu jika ia mengiringi amalan sedekahnya dengan puasa dengan shalat malam, maka diberi baginya jaminan surga. Kemudian jika ia tidak terlupa untuk bersedekah memberi hidangan berbuka puasa bagi bagi orang yang berpuasa, maka pahala yang sudah dilipatgandakan tadi ditambah lagi dengan pahala orang yang diberi sedekah. Jika orang yang diberi hidangan berbuka puasa lebih dari satu maka pahala yang didapat lebih berlipat lagi.

💫 Subhanallah…

🔖 Mari jangan jangan tunda lagi, Ramadhan hanya sebulan dalam setahun,mari......

🔖 Raihlah Anugrah Yang Melimpah Berupa Pahala Tanpa Batas Dan Ampunan Dosa di Bulan Ramadhan Dengan Ilmu dan Amal Shalih

📝 Penyusun: Abu Syamil Humaidy

Posting Komentar untuk "Dahsyatnya Sedekah Di Bulan Ramadhan"