Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menemukan Kecilnya Dunia di Hadapan Sang Maha Besar

Kabeldakwah.com

Besarkan Allah Di Hatimu

Syekh al-Utsaimin رحمه الله berkata:

"Ketika engkau berkata "Allahu Akbar", jika engkau meresapi maknanya secara sempurna, maka dunia akan terasa kecil semuanya. Karena Allah lebih besar dari apapun, dan engkau pun sedang berdiri di hadapan Dzat yang lebih besar dari segala sesuatu" (Syarhul Mumti' III/28)

Wahai Saudaraku.

Besarkan Allah di dalam hatimu, supaya dunia terasa kecil di pelupuk matamu !?

Besarkan Allah di dalam hatimu, supaya mampu istiqamah di dalam ketaatan !?

Besarkan Allah di dalam hatimu, supaya mampu istiqamah jauhi kemaksiatan !?

Besarkan Allah di dalam hatimu, supaya mampu bersabar menghadapi ujian !?

Sadarilah, bahwa dunia ini pasti berlalu dan kita pasti akan sampai pada akhirat, maka carilah bekal sebanyak-banyaknya untuk negeri kekal yang pasti didatangi.

Lupakan semua kesedihan, ketakutan, & juga kesulitan karena semuanya akan berlalu. Waspadalah dengan kesenangan dunia, karena semuanya pasti berakhir.

Betapa banyaknya orang yang tertidur di atas ranjang kemaksiatan, kemudian ia terperdaya dengan umur yang sebentar. Pada hakikatnya di setiap kali desahan nafas, seseorang itu sedang menunggu kedatangan Malaikat Maut yang telah ditugasi untuk mencabut nyawanya.

Jika seorang mukmin mengetahui kadar siksaan dan apa saja yang ada di Neraka, niscaya ia pun tidak akan tenang dalam hidup dan tidak akan menutup pintu taat kepada Allah walau sedetik pun, serta ia tidak akan meluangkan waktunya untuk melakukan maksiat kepada Allah.

Penulis: Ustadz Najmi Umar Bakkar

 

Syarh:

Memperkuat Koneksi dengan Allah

Menemukan Kecilnya Dunia di Hadapan Sang Maha Besar

Syekh Sholih al-Utsaimin رحمه الله memberikan petuah berharga, "Ketika engkau berkata 'Allahu Akbar', jika engkau meresapi maknanya secara sempurna, maka dunia akan terasa kecil semuanya." Kata-kata ini bukan sekadar himbauan, melainkan undangan untuk menjalani kehidupan dengan perspektif yang lebih dalam.

Menggali Kekuatan Dalam "Allahu Akbar"

Dalam setiap "Allahu Akbar", kita dihadapkan pada kebesaran Sang Pencipta. Besarkan Allah di dalam hatimu, dan lihatlah dunia terasa kecil di pelupuk matamu. Ini adalah panggilan untuk merenung, memahami, dan merasakan keagungan-Nya. Mengapa? Karena Allah lebih besar dari apapun, dan kita berdiri di hadapan Dzat yang lebih besar dari segala sesuatu.

Diantara Kunci Istiqamah: Besarkan Allah di Dalam Hatimu

Bagaimana kita dapat mencapai istiqamah di dalam ketaatan dan menjauhi kemaksiatan? Jawabannya terletak pada seberapa besar kita dapat memuliakan Allah dalam hati kita. Besarkan Allah di dalam hatimu, dan perhatikan bagaimana kemampuan istiqamah kita berkembang. Ketaatan bukan lagi beban, melainkan kehormatan untuk dijalani.

Kesabaran dalam Ujian: Besarkan Allah di Dalam Hatimu

Dunia ini penuh dengan ujian, tetapi besarkan Allah di dalam hatimu, dan temukan kekuatan untuk bersabar. Ketika Allah besar dalam hatimu, setiap ujian menjadi panggung untuk menunjukkan kekuatan iman dan keteguhan hati. Besarkan Allah, dan setiap kesulitan akan menjadi tangga menuju keampunan dan rahmat-Nya.

Bekal Menuju Akhirat: Besarkan Allah di Dalam Hatimu

Sadarilah bahwa dunia ini hanyalah perhentian sementara. Besarkan Allah di dalam hatimu, dan carilah bekal sebanyak-banyaknya untuk perjalanan ke negeri kekal yang pasti akan kita kunjungi. Lupakan kesedihan, ketakutan, dan kesulitan dunia, karena semuanya akan berlalu. Hiduplah dengan tujuan akhirat sebagai panduan utama.

Kewaspadaan terhadap Kemaksiatan: Besarkan Allah di Dalam Hatimu

Ingatlah, banyak yang terlelap di atas ranjang kemaksiatan, terperdaya oleh umur yang sebentar. Besarkan Allah di dalam hatimu, dan bukalah mata terhadap kenyataan bahwa setiap napas adalah waktu menunggu kedatangan Malaikat Maut. Jangan biarkan dirimu tertidur dalam kelalaian, melainkan bangunlah dan besarkan Allah dengan taat.

Menyadari adanya kehidupan Akhirat: Motivasi untuk Menjauhi Dosa

Jika kita mengetahui kadar siksaan dan apa saja yang ada di Neraka, hidup kita tidak akan tenang. Besarkan Allah di dalam hatimu, dan tinggalkan pintu taat terbuka sepanjang waktu. Setiap detik adalah kesempatan untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Dengan meresapi kebesaran Allah dalam hati, kita tidak hanya menjalani hidup ini, tetapi merangkulnya dengan makna yang lebih dalam. Besarkan Allah di dalam hatimu, dan saksikan dunia yang terasa kecil di hadapan Sang Maha Besar.

Oleh: Abdullah

 

 

 

Posting Komentar untuk "Menemukan Kecilnya Dunia di Hadapan Sang Maha Besar"