Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Manhaj Ustadz Dari Majelis Ta'lim Yang Dihadiri

Kabeldakwah.com

Bagaimana Cara Mengetahui Manhaj Ustadz Dari Ta'lim Yang Dihadiri?

Pertanyaan:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz... Saya seorang penuntut ilmu yang masih sangat fakir ilmu. Bagaimana cara saya  membedakan kajian atau ustad yg saya datangi itu manhajnya salaf atau bukan?

Juga apakah ustad dpt memberikan rekomendasi buku atau kitab kitab untuk saya baca?

Mohon penjelasan dan nasehatnya. Syukron.

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

📝 Untuk membedakan seorang ustadz itu bermanhaj salaf atau bukan, maka ini butuh perincian (tafshil), ilmu, pemahaman dan kesabaran. Namun, secara global bisa diperhatikan sebagai berikut:

📌1. Dia berpegang teguh dengan ajaran Nabi shollallahu 'alaihi wa sallam dalam segala hal baik aqidah, ibadah, akhlak, dan mu’amalah.

📌2. Dia menfokuskan dakwahnya sebagaimana dakwahnya para Nabi yaitu mengajak kepada TAUHID yang murni dan membantah segala bentuk KESYIRIKAN.

📌3. Dia mengajak untuk kembali kepada Kitabullah dan sunnah Rasulullah menurut pemahaman salaf dalam segala hal, terutama di kala berbeda pendapat.

📌4. Dia tidak mengajak kepada golongan, kelompok, ormas, person/figur. Namun hanya mengajak untuk mengikuti Nabi yang mulia.

📌5. Dia senantiasa berdalil dan tidak keluar dari firman Allah dan sabda Rasulullah serta aqwal (ucapan) para ulama salaf.

📌6. Dia mengajak untuk menghormati dan memuliakan para sahabat, tabi'in dan ulama tabi'ut tabi'in, termasuk para imam madzhab yang empat. Namun dia tdk fanatik dengan salah satu dari mereka.

📌7. Dia tidak mengajak untuk melakukan pencelaan terhadap penguasa kaum muslimin, menghujat, mendiskreditkan dan melepaskan ketaatan kepada penguasa kaum muslimin dalam hal yang ma'ruf.

📌8. Dia tidak mudah menvonis kafir, bid'ah dan sesat kepada person tertentu secara spesifik. Karena salafi berhati-hati didalam menvonis dan menghukumi seseorang, yaitu harus dengan Ilmu, Iqomaul Hujjah (menegakkan hujjah dahulu) dan Izalatul Mawani' (menyingkarkan penghalang-penghalang).

📌9. Dia dalam hal ibadah dan fiqh lebih berpegang dengan hadits Nabi yang shahih dibandingkan pendapat ulama yang menyelisihi hadits yang shahih. Serta dia menjauhi bid'ah dan perkara-perkara baru yang diada-adakan di dalam agama.

📌10. Dia memiliki akhlaq yang baik, ucapan yang hikmah dan ilmiah.

📌 dan masih banyak lagi lainnya...

📝 Adapun buku2 yang saya sarankan bagi orang baru adalah:

1️ PENJELASAN 3 LANDASAN UTAMA karya Syaikh Ibnu Utsaimin terbitan DARUL HAQ

2️ JALAN GOLONGAN YANG SELAMAT karya Syaikh Muhammad Jamil Zainu terbitan DARUL HAQ

3️ SYARAH AQIDAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH karya Ustadz Yazid Jawwas

4️ MULAI DENGAN MANHAJ SALAF karya Ustadz Yazid Jawwas

Dll.

Wallahu a'lam.

Oleh: Abinya Salma

KabeL DakwaH
KabeL DakwaH Owner Gudang Software Al-Amanah

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Manhaj Ustadz Dari Majelis Ta'lim Yang Dihadiri"