Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jika Kiamat Terjadi Pada Hari Jum'at, Lantas Bagaimana dengan Belahan Bumi Lain Yang Masih Hari Kamis atau Sudah Hari Sabtu?

 

Jika Kiamat Terjadi Pada Hari Jum'at, Lantas Bagaimana dengan Belahan Bumi Lain Yang Masih Hari Kamis atau Sudah Hari Sabtu?

Pertanyaan:

Ada sebuah pertanyaan dari salah seorang (Semoga Allah senantiasa membimbing beliau), kalau kiamat terjadi dihari jum’at sesuai dalam hadist Nabi, bagaimana dengan negara lain yang masih berada pada hari kamis atau sudah masuk dihari sabtu? Apakah ditahan dulu kiamatnya atau kiamatnya Sebagian-sebagian dulu atau tetep lanjut?

Jawaban:

Sebagaimana yang telah kita ketahui, hari jumat adalah hari yang utama dari hari-hari yang lainnya dalam sepekan. Pada hari jum'at Nabi Adam diciptakan, Nabi Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari surga, Nabi Adam meninggal dunia, dan Pada hari Jum'at pula Kiamat Kubro akan terjadi.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR.  Muslim no. 854)

Dari Aus bin ‘Aus, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan, di hari itu pula tiupan kedua dilakukan.” (HR. Abu Daud no. 1047, An Nasai no. 1374, Ibnu Majah no. 1085 dan Ahmad 4: 8. Hadits ini shahih kata Syaikh Al Albani)

Dalam hadits shahih yang lain juga disebutkan bahwa kiamat terjadi pada hari Jumat.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ أُهْبِطَ، وَفِيهِ تِيبَ عَلَيْهِ، وَفِيهِ مَاتَ، وَفِيهِ تَقُومُ السَّاعَةُ

"Sebaik-baiknya hari yang mana matahari terbit, adalah hari JUM'AT. Saat itulah Adam diciptakan, hari itu di turunkan ke bumi, hari itu diwafatkan, hari itu diterima tobatnya, dan hari itu pula terjadinya kiamat." (HR. Abu Daud no. 1046. Al Munawi mengatakan: shahih. At Taysir bisy Syarh al Jaami’ ash Shaghir, 1/532)

Namun, Jumat yang manakah dan kapankah?

Syaikh Abdul Muhsin Al Abad Al Badr Hafizhahullah mengatakan:

فكلهم لا يعلمون متى تقوم، الله تعالى هو الذي يعلم متى تقوم، فلا يُعلم متى تقوم في أي سنة وفي أي يوم من أي شهر، ولكن بلا شك هي لا تقوم يوم السبت ولا الأحد ولا الإثنين ولا الثلاثاء ولا الأربعاء ولا الخميس، وإنما تقوم يوم الجمعة بالتحديد، لأنه ثبت بذلك الحديث عن رسول الله عليه الصلاة والسلام، لكن أي جمعة من أي شهر من أي سنة لا يعلم بذلك إلا الله سبحانه وتعالى

“Maka, mereka semua tidak tahu kapan terjadinya kiamat, Allah Ta’ala yang mengetahui kapan terjadinya. Tidak diketahui pada tahun kapan terjadinya, pada hari apa, dan bulan apa. Tetapi, tidak diragukan lagi bahwa kiamat tidaklah terjadi pada hari sabtu, ahad, senin, selasa, rabu, dan kamis. Dia terjadi pada hari jumat tertentu, karena hal ini telah shahih diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Tetapi, jumat yang mana dari bulan yang mana, dari tahun yang mana? Tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah Ta’ala.” (Syaikh Abdul Muhsin Al Abad Al Badr, Syarh Sunan Abi Daud, No. 490)

Informasi shahih ini sudah cukup mendatangkan ilmu yakin bagi hamba-hambanya yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, bahwa kiamat tidaklah tejadi kecuali di hari Jumat.

Lalu, bagaimana jika dibelahan bumi yang lain masih hari kamis atau sudah hari sabtu?

Perlu diketahui bahwa di akhir zaman itu sebelum terjadinya Kiamat Kubro, matahari terbitnya sudah dari barat bukan dari timur lagi, sebagaimana tertera dalam hadits Shahih Bukhari.

Dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا تقوم الساعة حتى تطلع الشمس من مغربها، فإذا طلعت، فرآها الناس؛ آمنوا أجمعون، فذاك حين لا ينفع نفسًا إيمانُها لم تكن آمنت من قبل أو كسبت في إيمانها خيرًا

Tidaklah tegak hari kiamat hingga matahari terbit dari arah barat. Apabila ia telah terbit (dari arah barat) dan manusia melihatnya, maka berimanlah mereka semua. Pada hari itu tidaklah bermanfaat keimanan seseorang yang tidak beriman sebelum hari itu atau belum mengusahakan kebaikan di masa imannya”. (Shahih Al-Bukhariy, Kitaabur-Riqaaq (11/352 – bersama Al-Fath) dan Shahih Muslim, Kitaabul-Iimaan, Baab Az-Zamani Alladzii laa Yuqbalu fiihil-Iiman (2/194 – bersama Syarh An-Nawawiy)

Artinya, kondisi waktu dan hari, saat itu sudah tidak lagi normal seperti saat ini. Dalam kondisi normal di satu hari, muka bumi bisa mengalami tiga tanggal dan hari yang berbeda.

Yang jelas, ini adalah perkara ghaib, kita meyakini dan mengimaninya dan tidak dibebani untuk mengotak-atik tentang bagaimananya kiamat itu terjadi, kecuali berdasarkan informasi dari Al Quran dan As Sunnah. Ketahuilah bahwa bagi Allah Ta’ala begitu mudah menghancurkan alam semesta ini dengan cara yang Dia (Allah) kehendaki sebagaimana begitu mudahnya bagi-Nya dalam menciptakannya.

Seandainya tidak tahu, bagaimana detilnya maka itu bukan aib. Seandainya tahu pun tidak lantas membuat kita semakin mulia.

Dan perlu bagi kita untuk tidak menjadikan perkara Ghaib dalam masalah Agama sebagai bahan candaan. Hendaknya seorang muslim tetap menjaga Adab dalam belajar ilmu Agama.

Demikian. Wallahu a’lam.

 

Ikuti terus sosial media Tim Kabel Dakwah:

Youtube: Kabel Dakwah

Twitter: Kabel Dakwah Official

Facebook: Kabel Dakwah Official

Instagram: Kabel Dakwah

Website: Kabeldakwah.com

Kami Juga melayani:

1. Jasa Pembuatan Website Wordpress / Blogger

2. Iklan Publikasi di Website Kabeldakwah.com

3. Instal Ulang Windows

4. Penjualan Theme Blogger

5. Instal Ulang Software Aplikasi

6. Pembuatan Jersey

7. Pemesanan Snack (Khusus Area Cilacap Kota)

8. Pemesanan Aplikasi Raport

9. Indexing Website

10. Privat Mengaji (Online), Dan Lain-Lain.

Hubungi Kami Di Sini

Dukung Kabeldakwah.com dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

SARAN / MASUKAN, Konfirmasi SPONSOR & DONASI hubungi: 089673617156

Kirim Sponsor dan Donasi Anda ke Rek Berikut:

BSI 7055429997 a.n. Nurul Azizah

Posting Komentar untuk "Jika Kiamat Terjadi Pada Hari Jum'at, Lantas Bagaimana dengan Belahan Bumi Lain Yang Masih Hari Kamis atau Sudah Hari Sabtu?"