Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Artikel Inspiratif Motivasi (Bagian 2)

Daftar Isi:

Bersyukur Atas Apa Yang Luput.

Pentingnya Mental

Semua Berawal Dari Pikiran.

Piala Dunia Qatar.

Modal Bisnis

.

 

Bersyukur Atas Apa Yang Luput

BEBERAPA hari yang lalu ketika saya sedang berjalan kaki, sebuah batang pohon besar hampir menimpa saya. Batang pohon tersebut jatuh tepat di depan saya, hanya berjarak 1 meter.

Saya perkirakan jika batang pohon besar itu menimpa kepala saya maka akan terjadi luka yang cukup parah.

Namun alhamdulillah hal tersebut tak terjadi. Saya selamat dari kejadian tak terduga yang dapat membahayakan keselamatan saya.

Sering kita bersyukur atas apa yang didapat, tapi sering lupa bersyukur atas apa yang luput dari kita.

Jika direnungkan, betapa banyak kejadian tak terduga yang menyelamatkan kita dari marabahaya.

Menyeberang jalan itu sebenarnya tidak aman, tapi beribu kali kita selamat.

Mengendarai motor atau mobil juga berbahaya, bayangkan jika tiba-tiba ada anak kecil yang nyelonong lari ke jalan.

Di rumah juga begitu, ibu-ibu yang masak berhadapan dengan api yang bisa membesar tiba-tiba tanpa diperkirakan.

Jadi sebenarnya setiap hari banyak sekali hal-hal yang membahayakan kita, tetapi luput menimpa kita karena penjagaan Allah SWT.

"Apa yang di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan (menolong makhluk-Nya). Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?" (Qs. 55 ayat 29-30).

Intinya, mari kita bersyukur lebih banyak terhadap apa yang luput dari kita. Tidak naif, yang hanya bersyukur terhadap apa yang kita dapat saja.

Bersyukur dengan cara: memuji kebesaran Allah atas apa pun yang kita alami, lalu menggunakan apa yang ada tersebut sesuai kehendak Allah. Inilah yang disebut bersyukur atas nikmat Allah SWT.

Tidak termasuk orang yang bersyukur jika menggunakan apa yang ada pada dirinya untuk bermaksiat (melanggar) aturan Allah SWT.

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (Qs. 2 ayat 152).

By. Satria H.L

 

Pentingnya Mental

Dalam KBBI mental adalah sesuatu yang bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga. Jadi mental tidaklah nampak, tapi bisa terbaca atau dianalisa.

"Saya gaptek"

"saya mah cuman ibu-ibu"

"Saya mahasiswa"

"Saya sangat sibuk sekali"

"Saya tidak bisa bisnis"

"Saya cuma orang kampung"

"Saya udah berumur"

"Saya terlalu muda"

"Bisnis kan butuh modal"

"Saya ga punya modal untuk ikut bisnis"

"Saya udah nawarin ke 50 orang, boro-boro dibales, dibaca aja enggak"

"Status saya ga ada yang baca"

"Kebanyakan pembeli cuma PHP aja"

"Gimana nyetok? Kalo ga kejual gimana?"

"Mahal! Siapa yang bakalan beli?"

Itu semua adalah wujud dari Mental. Dan masih banyak lagi contoh lainnya tentang mental. Orang bisa mengidap lebih dari satu masalah mental.

Pebisnis yang tangguh mentalnya adalah pebisnis yang sukses.

Perhatikan beberapa tokoh berikut ini:

πŸ‘‰Kolonel Sanders ditolak 1.009 Kali. Kini KFC Jadi raja dunia.

πŸ‘‰Jack Ma ditolak kampus Tiongkok 3 kali dan gagal. Serta melamar ke Harvard sampai 10 kali tetap gagal. Mereka tidak mau melihat Jack Ma. Dan ditolak kerja sebanyak 30 Kali. Sekarang Ali Baba menjadi Raja dunia.

πŸ‘‰Theodor Giesel ditolak sampai 27 penerbit dan bahkan diejek sebagai "sampah".

πŸ‘‰Dan simaklah tokoh dunia lainnya seperti Michael Jordan, Stephen King, Einstein dan Walt Disney serta banyak lagi tokoh sukses yang kenyang dengan bermodal penolakan.

Bayangkan seandainya saat ditolak mereka langsung berhenti!

 

Semua Berawal Dari Pikiran

Confusius pernah berkata demikian

Ubahlah cara kamu berpikir, maka kata - katamu akan berubah

Ubahlah cara kamu berkata - kata maka ucapanmu akan berubah

Ubahlah cara kamu berucap maka tindakanmu akan berubah

Ubahlah cara kamu bertindak, maka itu yang akan mengubah masa depanmu.

Daripada bilang " ga punya uang " lebih baik berpikir "gimana caranya dapat uang "

Daripada bilang " masalah " lebih baik diganti jadi " tantangan "

Karena hal kecil ini akan membuat sebuah perubahan besar. Bahayanya kalau lingkungan kita dipenuhi orang negatif yang suka ngeluh, kita bisa jadi negatif juga.

So.... perbaiki diri sendiri dulu, baru masa depan kita akan berubah, semua dari pikiran...

Mindsetmu adalah masa depanmu.

Semoga Bermanfaat!

 

Piala Dunia Qatar

Surah Al Hujurat ayat 13 menjadi trending dunia.

Ini adalah salah satu alasan kami ingin menjadi pengusaha yang kaya, makmur, dan berlimpah. Karena dengan harta yang berkah kita bisa lebih luas menyiarkan dakwah agama Islam.

Sesungguhnya harta yang dibelanjakan dijalan Allah tidak akan berkurang. Malah akan bertambah-bertambah-dan bertambah.

Salut dan bangga dengan Qatar yang mampu menyajikan potongan kalimat-kalimat paling suci dan mulia diperdengarkan dan ditonton oleh ratusan juta bahkan mungkin miliaran orang hanya dalam beberapa hari dalam perhelatan akbar.

Tidak hanya itu, sebelum acara di mulai pemerintah dan panitia Qatar dengan tegas melarang simbol-simbol yang bertentangan dengan norma agama. Bahkan selama pesta olahraga dunia itu telinga para wisatawan dimanjakan dengan pantunan kumandang Adzan yang begitu indah, setidaknya 5 kali sehari.

Semoga Allah memberkahinya dan menjadikannya amal jariyah bagi seluruh pihak yang berkontribusi di dalamnya. Termasuk yang memviralkannya. Aamiin yaa Allah yaa Robbal'alamiin...

#worldcup

#Qatar

#2022

 

Modal Bisnis

"Kak suka ngajakin orang gabung bisnis, emang modalnya apaan?"

Modalnya cukup 3 kog. Simple banget.

1. Berprasangka baik kepada Allah.

Yakin bahwa Allah akan memudahkan semua urusan kita, Ia yang akan memberi rezeki banyak, halal dan berkah. Percaya bahwa dengan meneladani sunnah Rasulullah berbisnis ini, selain mendapat pahala juga mendapat tambahan 'income' demi mencukupi kebutuhan keluarga.

2. Keberanian

Berani memulai, karena sehebat apapun kita, sebesar apapun IQ nya jika tidak berani memulai bisnis itu namanya omdo, omong doang. Pengen tapi ditunda-tunda, banyak alasan. Orang hebat itu mereka yang beraksi bukan yang beralasan tiada tepi.

3. Pilih produk, konunitas dan mentor tepat.

Sudah beriman bahwa Allah akan beri kemudahan, lalu siap  memulai bisnis, tapi salah sasaran dalam berbisnis. Duh, bisa gulung tikar dalam hitungan bulan maupun tahun.

Untuk itu, kita harus cermat berbisnis terlebih jika masih pemula. Usahakan produk kecil, ringan, hemat ongkir dan tahan lama. Mudah go internasional. Full mentoring. Ada komunitas bisnis yang membersamai. Direkomendasikan banyak tokoh ternama, termasuk artis dan ulama. Manfaat produk maupun bisnis sangat luas, sudah terbukti sukses dan mensukseskan banyak orang.

Adakah yang demikian?

Ada.

 

 

Posting Komentar untuk "Kumpulan Artikel Inspiratif Motivasi (Bagian 2)"