Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Artikel Inspiratif Motivasi (Bagian 1)

Daftar Isi:

Rumah Yang Tidak Dipersiapkan, Tidak Layak Ditinggali

Ingin Sukses? Hindari 3 hal ini

Ikhtiar.

Kenapa Allah Rahasiakan?.

Rusa & Singa.

Biasa - Biasa

.

 

Rumah Yang Tidak Dipersiapkan, Tidak Layak Ditinggali

Ibu saya membeli sebidang tanah. Rencananya akan dibangun tempat tinggal di atas tanah itu. Maka mulailah beliau memanggil beberapa orang tukang bangunan. Sedikit demi sedikit sebuah rumah mulai berdiri. Mungkin perlu waktu tiga bulan.

Setelah menjadi rumah, tidak lantas bisa ditempati. Karena perlu instalasi listrik dan saluran air. Siapa pula yang mau menempati rumah yang gelap gulita dan tidak mengalir air ke dalamnya untuk kebutuhan pokok seperti mandi, mencuci, dan sebagainya.

Akhirnya listrik terpasang dan saluran air tersambung. Inipun masih belum bisa ditempati. Furniture di dalam rumah harus dipikirkan. Sekurangnya ada tempat tidur untuk beristirahat dan perangkat dapur untuk memasak. Demikianlah seterusnya.

Sebidang tanah perlu persiapan yang sangat banyak untuk kita bisa tinggal di atas tanah tersebut. Berawal dari membangun rumah, sampai hal-hal pelengkap lainnya. Meski ada rumah namun tanpa kelengkapannya, tetap saja tak nyaman ditempati. Apalagi jika hanya tanah yang terhampar.

Melihat sendiri perjalanan panjang dalam membangun rumah mengingatkan saya kepada analogi seorang ulama Betawi, Guru Mursyidi. Salah satu nasihat beliau yaitu persiapkanlah alam kubur kita nanti, sebagaimana kita persiapkan rumah ketika masih hidup.

Memang ada persamaan antara alam kubur dengan rumah. Yaitu sama-sama menjadi tempat tinggal. Perbedaannya kalau alam kubur di bawah tanah, sedangkan rumah di atas tanah. Kalau alam kubur ditempati setelah kita meninggal dunia, sedangkan rumah ditempati sebelum kita meninggal dunia.

Alam kubur juga perlu persiapan yang sangat banyak sebelum kita tinggal di dalamnya. Kita tentu tidak mau tinggal di dalam tanah yang sempit dan gelap gulita. Bagaimana kita bisa istirahat dengan nyaman di alam kubur kalau segalanya tidak dipersiapkan dari sekarang?

Oleh karena itu segerakan taubat kepada Allah. Perbanyak amal saleh agar tempat tinggal kita di bawah tanah itu terang benderang. Jauhi perbuatan dosa karena hanya akan merusak persiapan-persiapan kita di tempat tinggal tersebut.

Penulis: Ustaz Arafat

 

Ingin Sukses? Hindari 3 hal ini

1. Banyak Penundaan.

Kita sering belajar, bahkan sudah paham dan sudah tau caranya tapi kita selalu menunda-nunda untuk mengerjakanya. Menunda-nunda untuk mempraktekkannya.

Nunggu ini lah, nunggu itu lah hingga akhirnya nggak di kerjakan. Akhirnya nggak dipraktekkan. Sayang sudah punya ilmunya, bakalan sia-sia, sudah tau caranya tapi nggak dipraktekkan.

2. Banyak Alasan

Saat nggak posting, saat nggak menawarkan, atau bahkan saat ada penolakan. Kita selalu banyak alasan sebagai pembenaran. Alasan sibuk lah, alasan nggak ada waktu lah. Alasan barangnya mahal lah. Dan lain sebagainya.

"Sadar woooii, jangan banyak alasan". Seringlah menawarkan, tambah data base, tambah actionnya dan upgrade ilmu kita.

3. Suka Mengeluh

Nah siapa nih yang suka mengeluh?

“Ya Allah kenapa kok sepi banget ya”

“Ya Allah belum closing juga”

“Ya Allah susah banget  ini"

Capek kan ya kalau kita mendengarkan orang mengeluh. Yuk ah perbaiki diri kita agar perbanyak syukur, hindari mengeluh. Ketika kita banyak mengeluh, rezeki akan semakin menjauh.

 

Ikhtiar

Ikhtiar, membuat ibunda Musa menghanyutkan bayi mungil Musa ke sungai Nil, agar tidak dibunuh oleh tentara fir'aun, Takdir Allah, justru bayi musa di temukan oleh Asiah binti Mazahim istri fir'aun, dan dibesarkan dalam istana fir'aun orang yg hendak membunuhnya.

Ikhtiar, membuat Nuh Alaihissalam menanam biji pohon, kemudian tumbuh di jadikan kapal bahtera, Takdir Allah, air bah pun mulai menggenang menenggelamkan daratan, dan terselamatkan nabi Nuh dan kaumnya yg beriman dari banjir besar.

Ikhtiar, membuat bunda Hajar berlari sepanjang safa marwa mencari air demi anaknya dari kehausan. Takdir Allah, air justru keluar dari balik kaki bayi mungilnya Ismail Alaihissalam.

Ikhtiar, membuat bunda Maryam binti Imran menggoyangkan pohon kurma meski dengan susah payah dan lemah.

Takdir Allah, Siapa sangka pohon itu menggugurkan buah kurma yang masak.

Ikhtiar, membuat Rasulullah bersama sahabat terkasih Abu Bakar radhiyallahu anhu bersembunyi didalam gua Tsur.

Takdir Allah, sarang merpati dan laba laba menutupi jejak mereka dari kejaran tentara Quraisy

Ikhtiar adalah tugas kita, sedangkan hasilnya akhir adalah ketentuan Allah .

Untuk itu jangan pernah berputus asa dari Rahmat Allah dalam setiap doa dan ikhtiar kita.

✍️ Habibie Quotes

 

Kenapa Allah Rahasiakan?

Sengaja begitu agar kita sungguh-sungguh berjuang. Ya, ber juang. Andai semuanya sudah ketahuan dan jelas sejak awal , tentu manusia akan mengendorkan ikhtiar dan doanya. Betul apa betul?

Soal jodoh dan rezeki. InsyaAllah ini semua sudah pasti. Di jamin. Tapi soal kapan, di mana, bagaimana, melalui siapa, nah ini yang tidak pasti. Agar apa? Sekali lagi, agar kita serius berjuang.

Satu lagi, Allah memang menyukai hamba-Nya yang berikhtiar dan berjuang. Proses yang dinilai.

Jadi, saat kita lelah dan letih dalam ikhtiar, harusnya kita merasa bahagia. Kenapa? Karena itu bagian dari ikhtiar dan itu disukai Allah.

Ada seorang pria yang pede ngomong begini, "Kamu adalah jodohku. Kita pasti bertemu di pelaminan. Mungkin sebagai penganten. Mungkin sebagai tamu.” Hehehe. Ada-ada aja.

Apa pendapat teman-teman soal jodoh dan rezeki?

Semoga Bermanfaat

 

Rusa & Singa

Kecepatan Lari Rusa 90 Km/Jam, Kecepatan Lari Singa Cuma 58 Km/Jam

Kecepatan lari kedua binatang ini berbeda jauh sekali. Anehnya seringkali singa begitu gampang memburu rusa dan memangsanya.

Ketika mengetahui seekor Singa memburunya, seekor Rusa berlari secepat angin untuk menyelamatkan dirinya.

Namun dalam waktu yang bersamaan rusa yakin dan merasa bahwa singa akan memangsanya. Rusa merasa bahwa dirinya lemah dibandingkan dengan singa. Rusa berpikir mustahil dirinya bisa lolos dari sergapan singa.

Ketakutan rusa pada singa & perasaan dirinya tidak akan lolos dari buruan singa inilah yang membuat rusa senantiasa melihat ke BELAKANG saat berlari, untuk memantau seberapa jauh jarak singa yang ada di belakangnya.

Seringnya nengok kebelakang ini justru berpengaruh secara negatif terhadap kecepatan rusa dan membuatnya semakin lambat, sehingga singa pun semakin mendekatinya. Dan selanjutnya singa menyergap dan memangsanya.

Kalau saja rusa mengerti betul titik KEKUATAN nya ada pada KECEPATAN nya, niscaya dia akan selamat dari cengkraman singa.

Nah, sobat. Berapa banyak waktu yang sudah kita buang untuk melihat kebelakang. Dan bersamaan dengan itu kita lupa dengan kekuatan kita. Sehingga kita pun akhirnya dimangsa oleh kegagalan-kegagalan masa lalu. Bahkan seringkali ketakutan-ketakutan kita pada kegagalan, membuat kita jatuh ke dalamnya.

Mengapa kita tidak menjadikan apa yang di belakang kita sebagai sebuah pelajaran dan hikmah, dan kita segera menatap ke DEPAN untuk meraih peluang kesuksesan dengan penuh optimis dan harapan.

🏻Anonim

 

Biasa - Biasa

Biasa – biasa saja berarti gak A tapi juga gak B, ya. Enaknya menurut kita aja.

Banyak orang yang malu dianggap biasa-biasa aja dan memilih menjadi terlihat kaya / good looking. Padahal paling enak sih bisa punya fleksibilitas "biasa-biasa aja". Enaknya menurut kita tanpa ngikutin standar orang lain.

Senang dan bersyukur lebih ketika kita bisa hidup fleksibel, gak kurang, gak juga berlebih-lebihan. Tapi terus merasa cukup.

Orang yang biasa juga gak gampang terjerumus dalam penyakit sombong dan merasa besar.

Biasanya orang yang biasa-biasa saja kurang mendapatkan atensi. Walaupun kurang diliat dan gak banyak ekpektasi yang bermunculan ke kita tapi banyak faedahnya:

1. Aman dari omongan orang

Banyak orang sibuk ngomongin mereka yanh jadi pusat perhatian. Gak terlalu jadi sorotan bikin jadi lebih aman dari omongan orang.

2. Beban lebih ringan

Terlihat biasa aja bikin kita terhindar dari ekpektasi tinggi orang orang sekitar. Apapun yang terjadi akan jadi hal biasa.

3. Lebih mudah dapat Kejujuran

Orang biasa jarang disungkani orang lain. Efeknya mudah menerima hal atau ucapan yang jujur "eh kamu gemukan, eh tadi presentasi kurang" itu jadi hal yang biasa, karena kita gak punya tuntutan untuk jadi yang terbaik atau mempertahankan ke-jaiman.

Sebenernya jadi biasa aja juga luar biasa, kita aka yang gak menyadarinya.

Kalo kamu udah punya kebebasan untuk ngelakuin apapun tanpa kamu takut judgement orang lain, itu bisa jadi privilege untuk orang yang biasa aja.

Disisi lain gak saah kok buat jadi orang luar bisa yang penuh dengan ambisi. Asal gak sampe ngerugiin diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Artikel Inspiratif Motivasi (Bagian 1)"