Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Nikah dengan Janda itu Sunnah ?


Benarkah Nikah dengan Janda itu Sunnah ? 

Tidak demikian , buktinya Nabi dalam beberpa riwayatnya  beliau menyuruh Ummat nya untuk menikahi perawan sekalipun hukumnya boleh menikahi janda. 

Dalam riwayat ibnu Majah di jelaskan : 

عليكم بالأبكار فإنّهنّ أعذب أفواها وأرحاما وأرضى باليسيرِ

"Hendaklah kalian menikah dengan perawan, karena mereka lebih segar mulutnya, lebih banyak anaknya, dan lebih ridha dengan yang sedikit." (HR. Ibnu Majah)

Hadits serupa juga disebutkan dalam riwayat Ahmad, dari Anas bin Malik RA bahwa Rasulullah Salallahu alaihi wasallam  bersabda: 

تَزوجوا الودود الولود ، فإني مكاثر بكم الأنبياء يوم القيامة

'Nikahilah wanita yang pengasih dan subur, karena aku berlomba dengan umat lain dengan jumlah kalian.'"

Lantas bagaimana bila memang telah kadung cinta kepada seorang janda atau duda? 

tidak ada larangan dalam Islam jika seseorang telah menambatkan hatinya kepada orang yang sudah duda ataupun janda. Hanya saja, lebih diutamakan untuk menikahi yang perawan atau perjaka.

Hal itu sebagaimana hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Suatu ketika Jabir bin Abdillah menginformasikan Rasulullah Salallahu Alaihi wasallam bahwa dirinya akan segera menikah dengan seorang janda. Rasulullah Salallahu Alaihi wasallam  kemudian mempertanyakan dalam hadits yang artinya : 

"Mengapa kamu tidak menikahi perawan saja sehingga kamu bisa bermain-main dengannya dan dia bisa bermain-main denganmu?"

Jadi pada kesimpulannya silahkan nikahi gadis atau Perawan biar kalian rasakan manisnya madu bibirnya dan lidahnya. Dalam perintah beliau menyuruh untuk menikahi Perawan walaupun beliau sendiri menikahi janda, itu merupakan praktik yang tidak mengharukan pada ummatnya. 

Penulis: Abu Naadir Alby Zen

Kekerda, Lombok Timur

Editor: Ahmadi Assambasy

 

Posting Komentar untuk "Benarkah Nikah dengan Janda itu Sunnah ? "