Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Menisbatkan Turunnya Hujan Pada Bintang-Bintang

 

Apa hukum menisbatkan turunnya hujan kepada bintang-bintang?

 

Jawab:

Allah ta’ala telah berfirman:

وَتَجْعَلُونَ رِزْقَكُمْ أَنَّكُمْ تُكَذِّبُونَ

“Kamu (mengganti) rezeki (yang Allah berikan) dengan mendustakan (Allah)”. (QS. Al-Waaqi’ah: 82)

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أربع في أمتي أمر الجاهلية لا يتركوهن: الفخر بالأحساب والطعن في الأنساب والاستسقاء بالأنواء والنياحة

“Empat perkara yang terdapat pada umatku yang termasuk perbuatan Jahiliyyah, yang tidak ditinggalkan oleh mereka: membanggakan kebesaran leluhur, mencela keturunan, menisbbatkan turunnya hujan kepada bintang-bintang, dan niyahah (meratap mayit)”. (1)

قال الله تعالى: أصبح من عبادي مؤمن بي وكافر فأما من قال مطرنا بفضل الله ورحمته فذلك مؤمن بي وكافر بالكواكب، وأما من قال: مطرنا بنواء كذا وكذا فذلك كافر بي مؤمن بالكواكب.

“Allah ta’ala telah berfirman: ‘Pagi hari ini di antara hamba-hamba-Ku ada yang beriman dan ada pula yang kafir. Adapun orang yang mengatakan: ‘Telah turun hujan kepada kita berkat karunia dan rahmat Allah’, maka dia adalah orang yang beriman kepada-Ku dan kafir kepada bintang. Adapun orang yang mengatakan: ‘Telah turun hujan kepada kami karena bintang ini dan itu’, maka dia adalah orang yang kafir kepada-Ku dan beriman kepada bintang”. (2)

Footnote:

(1) (Diriwayatkan oleh Ahmad (5/342-343) dan Muslim (no. 943) dari Abu Musa Al-Asy’ariy radliyallaahu ‘anhu)

(2) Diriwayatkan oleh Malik (1/192), Ahmad (4/117), Al-Bukhariy (no. 846, 1038, 4147, 7503), Muslim (no. 71), Abu ‘Awaanah (1/26), Abu Dawud (no. 3906), dan An-Nasa’iy (3/165); dari Zaid, dari Khaalid Al-Juhhaniy.


(Sumber: 200 Suaal wa Jawaab fil-‘Aqiidah oleh Asy-Syaikh Haafidh bin Ahmad Al-Hakamiy, antara hal. 180 – 184, takhrij: Hilmiy bin Isma’il Ar-Rasyiidiy; Daarul-‘Aqiidah, Cet. 1/1419 H – dengan sedikit perubahan dan tambahan)

Penulis: Abul Jauzaa’

(Alumnus IPB & UGM)

Editor: Ahmadi As-Sambasy

Cilacap – Jawa Tengah

Posting Komentar untuk "Hukum Menisbatkan Turunnya Hujan Pada Bintang-Bintang"