Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Khutbah Jumat Wajib Dan Apa Hukum Orang Yang Tidak Menghadiri Jumat?

Kabeldakwah.com

Apakah Khutbah Jumat Wajib Dan Apa Hukum Orang Yang Tidak Menghadiri Jumat

🎙 Fadhilah As-Syaikh Al-Allamah Muqbil bin Hadi Al-Wadi'iy - رَحِمَهُ اللّٰهُ :

📬 Pertanyaan:

Apakah khutbah jumat wajib dan apa hukum orang yang tidak menghadiri jumat dan shalat apa yang harus dia kerjakan?

🔓 Jawaban:

📍 Yang tampak berdasarkan dalil adalah wajib:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ} [الجمعة : 9]

" Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah. " (QS. Al-Jumu'ah: 9)

📍 Dan kebiasaan Nabi terus-menerus melakukan khutbah menjadi dalil atas kewajibannya, maka tidaklah beliau melakukan shalat satu hari pun dari hari-hari yang ada dengan shalat tanpa khutbah.

🕌 Adapun orang shalat di rumahnya atau di masjid yang tidak ditegakkan padanya jumat, atau para wanita yang mereka tidak menghadiri jumat, maka mereka melakukan shalat dhuhur empat raka'at, maka inilah yang teriwayatkan dari kaum salaf, dan belum pernah ternukilkan bahwa mereka shalat di masjid tidak menghadirkan padanya khutbah atau di rumah mereka shalat dua raka'at.

📗 Telah datang dari hadits Umar: shalat safar adalah dua raka'at, dan shalat jumat dua raka'at secara sempurna tanpa qashar melalui lisan nabi kita Muhammad akan tetapi hadits ini cacat dari jalan Abdurrahman bin Abi Laila dari Umar, dan Abdurrahman bin Abi Laila belum pernah mendengar dari Umar.

📗 Dan datang (hadits) dari jalan Abdurrahman bin Ka'ab bin Ujrah dari Umar, akan tetapi jalan ini yang padanya ada Ka'ab bin Ujrah cacat sebagaimana disebutkan Ad-Daruquthni di dalam kitabnya Al-Ilal.

🕌 Maka shalat jumat bersama muslimin, dan barangsiapa menjumpai satu raka'at maka dia telah mendapatkan shalat sekalipun dia tidak mendengarkan khutbah sedikitpun, adapun orang yang shalat di rumahnya atau shalat di masjid lain sendirian atau shalat dua orang atau tiga orang sendiri-sendiri atau mereka shalat dhuhur maka mereka melakukan shalat empat raka'at.

🎓 Dan para ulama telah berselisih pendapat tentang syarat jumlah (jama'ah) dalam shalat jumat namun tidak benar persyaratan jumlah tersebut, dan tidak benar juga sebagaimana dikatakan oleh As-Shan'ani dan As-Syawkani bahwa seorang sendirian melakukan shalat jumat, jika demikian maka jumat berlaku padanya apa yang berlaku pada shalat jama'ah.

💎 Maka nabi mengatakan kepada Malik bin Al-Huwairits:

" apabila telah tiba (waktu) shalat maka hendaklah salahsatu dari kalian mengumandangkan adzan dan yang paling tua dari kalian mengimami kalian. "

🕌 Maka jumat sah dengan seorang khatib dan pendengar.

Wallahul musta'an.

🔉 Link audio:

[http://muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=225]

هل خطبة الجمعة واجبة وما حكم من لم يحضر الجمعة ؟

فضيلة الشيخ العلامة مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله تعالى :

📬 السُّـــــؤَال ُ:

هل خطبة للجمعة واجبة وما حكم من لم يحضر الجمعة وماذا عليه أن يصلي ؟

🔓 الجَـــــوَاب ُ:

الذي يظهر هو وجوبها: { يا أيها الذين آمنوا إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا إلى ذكر الله }، وملازمة النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم للخطبة دليل على وجوبها ، فما صلى يوماً من الأيام صلاة بدون خطبة .

أما من صلى في بيته أو في مسجد لا تقام فيه جمعة، أو النساء اللآتي لا يشهدن الجمعة، فيصلين ظهراً أربع ركعات، فهذا هو الوارد عن السلف، ولم ينقل أنهم صلوا في مسجد لم يحضروا فيه خطبة أو في البيت صلوا ركعتين .

جاء من حديث عمر: صلاة السفر ركعتان، وصلاة الجمعة ركعتان تمام غير قصر على لسان نبينا محمد صلى الله عليه وعلى آله وسلم لكن هذا الحديث معل من طريق عبدالرحمن بن أبي ليلى عن عمر، وعبدالرحمن بن أبي ليلى لم يسمع من عمر .

وجاء من طريق عبدالرحمن عن كعب بن عجرة عن عمر، ولكن هذه الطريقة التي فيها كعب بن عجرة معلة كما ذكرها الدارقطني في كتابه العلل .

فصلاة الجمعة مع المسلمين، ومن أدرك ركعة فقد أدرك الصلاة حتى ولو لم يسمع شيئاً من الخطبة، أما الذي يصلي في بيته أو يصلي في مسجد آخر منفرداً أو يصلي اثنان أو ثلاثة منفردين أو يصلون ظهراً فإنهم يصلون أربعاً .

وقد اختلف العلماء في شرط العدد في الجمعة ولم يثبت شرط للعدد، ولم يثبت أيضاً كما يقول الصنعاني والشوكاني أن واحداً بمفرده صلى

جمعة، إذن فالجمعة يجري فيها ما جرى في الجماعة .

فالنبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم يقول لمالك بن الحويرث: إذا حضرت الصلاة فليؤذن أحدكما وليؤمكما أكبركما .

فالجمعة تصح بخطيب ومستمع، والله المستعان .

🌍 المَـصْــدَر مِـنْ هُنـــا : 

🌍[http://muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=225]


KabeL DakwaH
KabeL DakwaH Owner Gudang Software Al-Amanah

Posting Komentar untuk "Apakah Khutbah Jumat Wajib Dan Apa Hukum Orang Yang Tidak Menghadiri Jumat?"