Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyongsong Tahun 2023 Menjadi Pribadi Yang Produktif

Kita ditakdirkan hidup didunia ini merupakan sebuah kesempatan untuk banyak melakukan kebaikan. Bukan malah sebaliknya, menggunakan waktu yang ada ini dengan berleha-leha, melakukan kegiatan yang tidak ada gunanya. Sehingga waktu habis terbuang sia-sia.

Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al-Asr ayat 1 - 3

وَالۡعَصۡرِۙ

اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ

اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ

yang artinya:

(1) Demi Masa.

(2) sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.

(3) Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Allah SWT sampai bersumpah "Demi waktu". ini berarti menandakan bahwa waktu itu sangat penting sekali. Dan perlu diketahui bahwa waktu yang telah terbuang mustahil bisa diulang.

Mari kita lihat juga bagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala telah berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلۡتَـنۡظُرۡ نَـفۡسٌ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٍ‌ ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Hasyr: 18)

Kita sebagai manusia yang diberikan akal sempurna oleh Allah SWT, sudah semestinya terus belajar dan berupaya, mencari cara agar bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya.

Berikut ini ada beberapa tips agar hari-hari kita menjadi lebih produktif, banyak melakukan kegiatan-kegiatan positif dan inovatif.

1. Milikilah Prioritas

Kita semua pasti memiliki daftar kegiatan dan pekerjaan harian yang harus kita selesaikan. Misalnya, menyiapkan bahan postingan, melakukan penawaran, nulis artikel, membuat slide presentasi, edit video, dan sebagainya, maka semuanya harus dibuatkan list satu persatu. Kemudian tetapkan mana yang lebih penting dan harus lebih dahulu di selesaikan.

Kita harus bisa menentukan mana pekerjaan yang harus di prioritaskan. Kalau kita bekerja tanpa ada yang di prioritaskan, maka bisa dipastikan tidak akan bisa memberikan hasil terbaik dan inilah sumber masalahnya. Baik pekerja atau pengusaha wajib memiliki prioritas, agar bisa meraih hasil yang berkelas dan berkualitas.

2. Milikilah Manajemen Waktu Yang Baik

Setelah kita mengetahui mana daftar prioritas pekerjaan kita, maka tinggal fokuslah untuk menggunakan waktu kita, untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling prioritas terlebih dahulu. Kita harus menyusunnya secara rapih, kapan kita harus mulai mengerjakan dan kapan kita harus menyelesaikannya. Dengan kita mengetahui kapan harus memulai dan kapan harus menyelesaikan, ini akan sangat membantu cara kita mengatur waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Terkait dengan menejemen waktu hal terpenting adalah jangan menunda!

Karena jika kita menunda satu pekerjaan, maka semua jadwal yang telah kita susun otomatis akan terganggu.

Maka berusahalah sesegera mungkin untuk bisa menyelesaikan pekerjaan kita sesuai dengan jadwal di awal.

3. Hindari Distraksi

Ketika kita sedang melakukan pekerjaan maka berusahalah hindari gangguan-gangguan kecil yang bisa menghambat kita menyelesaikan pekerjaan. Salah satu contoh yang paling sering dan jarang kita sadari adalah handphone (HP) yang sering kita pegang setiap hari. Banyak diantara kita yang terjebak disini. Waktu yang harusnya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, malah habis digunakan scrolling sosial media yang tiada habisnya. Ada yang merasa?

Maka dari itu, ini harus jadi bahan introspeksi diri kita, berusahalah produktif setiap harinya, agar tidak merugi di kemudian hari.

 

Ikuti terus sosial media Tim Kabel Dakwah:

Youtube: Kabel Dakwah

Twitter: Kabel Dakwah Official

Facebook: Kabel Dakwah Official

Instagram: Kabel Dakwah

Website: Kabeldakwah.com

Kami Juga melayani:

1. Jasa Pembuatan Website Wordpress / Blogger

2. Iklan Publikasi di Website Kabeldakwah.com

3. Instal Ulang Windows

4. Penjualan Theme Blogger

5. Instal Ulang Software Aplikasi

6. Pembuatan Jersey

7. Pemesanan Snack (Khusus Area Cilacap Kota)

8. Pemesanan Aplikasi Raport

9. Indexing Website

10. Privat Mengaji (Online), Dan Lain-Lain.

Hubungi Kami Di Sini

Dukung Kabeldakwah.com dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

SARAN / MASUKAN, Konfirmasi SPONSOR & DONASI hubungi: 089673617156

Kirim Sponsor dan Donasi Anda ke Rek Berikut:

BSI 7055429997 a.n. Nurul Azizah

Posting Komentar untuk "Menyongsong Tahun 2023 Menjadi Pribadi Yang Produktif"