Hukum Mengusap Kaos Kaki
Dalil-Dalil
Diperbolehkannya Mengusap Dua Kaus Kaki
Diperbolehkan mengusap
kaus kaki saat berwudlu berdasarkan dalil-dalil sebagai berikut:
1. Hadits Tsaubaan radliyallaahu ‘anhu.
عن ثوبان قال:
بعث رسول الله صلى الله عليه وسلم سرية فأصابهم البرد فلما قدموا على النبي صلى
الله عليه وسلم شكوا إليه ما أصابهم من البرد فأمرهم أن يمسحوا على العصائب
والتساخين.
Dari Tsaubaan, ia berkata: “Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengirim pasukan, lalu mereka tertimpa hawa
dingin. Saat mereka tiba di hadapan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, mereka
mengeluhkan hawa dingin yang menimpa mereka tersebut. Maka beliau memerintahkan
untuk mengusap surban dan kaus kaki”.
Dalam Syarhus-Sunnah (1/452) disebutkan
tentang makna At-tasaakhiin (التساخين):
وقيل: أصل
التَّساخين: كلُّ ما يُسخِّن القَدَمَ من خُفٍّ وجَورَبٍ ونحوه.
“Dan dikatakan: asal makna at-tasaakhiin adalah segala sesuatu yang menghangatkan kaki dari jenis khuff (sepatu), kaos kaki, dan yang lainnya”.
Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad dalam
Al-Musnad(1) 5/277: Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid, dari
Tsaur, dari Raasyid bin Sa’d, dari Tsaubaan ia berkata: “…..(al-hadits)…”.
Dari jalur Ahmad ini diriwayatkan pula oleh
Abu Dawud dalam As-Sunan(2) no. 146, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa(3) 1/62,
Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah(4) no. 234, Al-Haakim dalam Al-Mustadrak(5)
1/169 (dan ia berkata: “Shahih sesuai syarat Muslim”)(6), dan Ath-Thabaraniy
dalam Musnad Asy-Syaamiyyiin(7) no. 477.
Ahmad bin Hanbal mempunyai mutaba’ah dari
Musaddad yang diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam Musnad Asy-Syaamiyyiin(8)
no. 477.
Yahyaa bin Sa’iid mempunyai mutaba’ah dari
Muhammad bin Al-Hasan yang diriwayatkan oleh Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah(9)
no. 233.
Sebagian ulama ada yang mendla’ifkan hadits
ini karena adanya inqitha’ (keterputusan) antara Raasyid bin Sa’d dengan
Tsaubaan. Mereka mendasarkannya dengan perkataan Ahmad bin Hanbal:
راشيد بن سعد لم
يسمع من ثوبان
“Raasyid bin Sa’d tidak
mendengar hadits dari Tsaubaan” (Al-Maraasil oleh Ibnu Abi Haatim, hal. 22).
Namun ada perkataan dari Al-Bukhaariy yang
bertentangan dengan pernyataan Ahmad bin Hanbal di atas yang menyatakan secara
tegas bahwa Raasyid mendengar (hadits) dari Tsaubaan. Yang menetapkan lebih
didahulukan daripada yang menafikkan, karena padanya ada tambahan ilmu -
sebagaimana telah ma'ruf. Selain itu disebutkan ia telah menyaksikan perang
Shiffin (At-Taariikh Al-Kabiir, 3/292 no. 994).
Yang raajih di antara
kedua perkataan tersebut adalah perkataan Al-Bukhaariy dengan alasan: Perang
Shiffiin terjadi pada tahun 36 H, sedangkan Tsaubaan wafat pada tahun 54 H.
Oleh karena itu, Raasyid telah hidup sejaman dengan Tsaubaan selama kurang
lebih 18 tahun. Maka sangat memungkinkan Raasyid mendengar hadits dari
Tsaubaan.
Mengenai Raasyid bin Sa’d
sendiri, berikut komentar para ulama:
Telah berkata Abu Bakr
Al-Atsram dari Ahmad bin Hanbal, ia berkata: “Laa ba’sa bih”.
Telah berkata ‘Utsmaan
bin Sa’iid Ad-Daarimiy dari Yahyaa bin Ma’iin, Abu Haatim, Ahmad bin ‘Abdillah
Al-‘Ijilliy, Ya’quub bin Syaibah; mereka berkata: “Tsiqah”.
Ad-Daaruquthniy berkata:
“Laa ba’sa bihi”. Ia (Raasyid bin Sa’d) lebih dicintai di sisi Yahyaa bin
Sa’iid daripada Mak-huul.
Al-Mufadldlal bin
Ghassaan Al-Ghallaabiy berkata: “Raasyid bin Sa’d Al-Maqraa’iy dari Himyar,
termasuk orang yang paling tsabt dari penduduk Syaam” (selengkapnya lihat
Tahdziibul-Kamaal, 9/10-11).
Selain itu, Raasyid bin
Sa’d bukanlah seorang mudallis, sehingga ‘an’anah-nya di sini diterima.
Kesimpulannya: Hadits ini
shahih.
2. Hadits Al-Mughiirah
bin Syu’bah radliyallaahu ‘anhu.
عن المغيرة بن
شعبة، أن رسول اللّه صلى الله عليه وسلم توضَّأ ومسح على الجوربين والنعلين.
Dari Mughiirah bin Syu’bah: Bahwasannya
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berwudlu’ dan mengusap kedua kaus
kaki dan sandal/terompah beliau”.
Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam As-Sunan(10)
no. 159, At-Tirmidziy dalam As-Sunan(11) no. 99, An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa(12)
no. 130 dan Ash-Shughraa(13) no. 125, Ibnu Majah dalam As-Sunan(14) no. 559,
Ahmad dalam Al-Musnad(15) 4/252, Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf(16) 1/171,
Ibnul-Jauziy dalam At-Tahqiiq(17) 1/215-216 no. 248, Ibnu Hazm dalam
Al-Muhallaa(18) 2/81-82, Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir(19) 20/415 no. 996, dan
Ibnu Khuzaimah dalam Ash-Shahiih(20) no. 198; semuanya dari Wakii’, dari
Sufyaan Ats-Tsauriy, dari Abu Qais Al-Audiy, dari Huzail bin Syurahbiil, dari
Mughiirah bin Syu’bah radliyallaahu ‘anhu.
Diriwayatkan oleh Ibnu Hibbaan dalam
Ash-Shahiih(21) no. 1338 dan Al-Mawaarid(22) no. 176, Ath-Thabaraniy dalam
Al-Kabiir(23) 20/415 no. 996, dan Ibnu Khuzaimah dalam Ash-Shahiih(24) no. 198;
dari Zaid bin Al-Hubbaab, dari Sufyaan Ats-Tsauriy, dan selanjutnya seperti
sanad di atas.
Diriwayatkan oleh Ath-Thahaawiy dalam Syarh
Ma’aanil-Aatsaar(25) 1/97, Al-‘Uqailiy dalam Adl-Dlu’afaa’(26) 2/327, dan
Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa(27) 1/283-284; dari Abu ‘Aashim, dari Sufyaan
Ats-Tsauriy, dan selanjutnya seperti sanad di atas.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam
Al-Kabiir(28) 20/415 no. 996, dari ‘Abdul-Hamiid Al-Hammaaniy dan ‘Abdullah bin
Al-Mubaarak, dari Sufyaan Ats-Tsauriy, dan selanjutnya seperti sanad di atas.
Beberapa ulama telah
men-ta’lil hadits di atas. Di antaranya adalah:
Telah berkata Abu Dawud
As-Sijistaaniy rahimahullah:
كان عبد الرحمن
بن مهدي لا يحدث بهذا الحديث لأن المعروف عن المغيرة أن النبي صلى الله عليه وسلم
مسح على الخفين.
“’Abdurrahman bin Mahdiy tidak meriwayatkan
hadits ini, karena telah ma’ruf dari Al-Mughiirah bahwasannya Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam mengusap dua sepatu (khuffain)” (As-Sunan, hal. 31 – di bawah
no. 159).
An-Nasa’iy rahimahullah
berkata setelah menyebutkan hadits di atas:
ما نعلم أن أحدا
تابع أبا قيس على هذه الرواية والصحيح عن المغيرة أن النبي صلى الله عليه وسلم مسح
على الخفين والله أعلم
“Kami tidak mengetahui
ada seorang pun yang mengikuti Qais dalam riwayat ini. Dan telah shahih dari
Al-Mughiirah bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengusap dua
sepatu. Wallaahu a’lam” (As-Sunan Ash-Shughraa, hal. 29).
Al-Baihaqiy rahimahullah
membawakan perkataan beberapa ulama yang men-ta’lil hadits Al-Mughiirah di atas:
قال أبو محمد:
رأيت مسلم بن الحجاج ضعف هذا الخبر، وقال: أبو قيس الأودي، وهزيل بن شرحبيل لا
يحتملا هذا مع مخالفتهما الأجلة الذين رووا هذا الخبر عن المغيرة فقالوا: مسح على
الخفين، وقال: لا نترك ظاهر القران بمثل أبي قيس وهزيل، فذكرت هذه الحكاية عن مسلم
لأبي العباس محمد بن عبد الرحمن الدغولي فسمعته يقول: علي بن شيبان يقول: سمعت أبا
قدامة السرخسي يقول: قال عبد الرحمن بن مهدي: قلت لسفيان الثوري: لو حدثني بحديث
أبي قيس عن هزيل ما قبلته منك، فقال سفيان: الحديث ضعيف أو واه أو كلمة نحوها.
أخبرنا أبو عبد
الله الحافظ، وأبو سعيد محمد بن موسى قالا: ثنا أبو العباس محمد بن يعقوب، قال:
سمعت عبد الله بن أحمد بن حنبل يقول: حدثت أبي بهذا الحديث فقال أبي: ليس يروي هذا
إلا من حديث أبي قيس، قال أبي: إنَّ عبد الرحمن بن مهدي أبَى أنْ يحدِّث به يقول:
هو منكر.
أخبرنا أبو عبد
الله الحافظ، ثنا الحسن بن محمد الاسفرائني، أنا محمد بن أحمد بن البراء، قال: قال
علي بن المديني: حديث المغيرة بن شعبة في المسح رواه عن المغيرة أهل المدينة وأهل
الكوفة وأهل البصرة، ورواه هزيل بن شرحبيل عن المغيرة إلا أنه قال: ومسح الجوربين،
وخالف الناس
Abu Muhammad berkata:
“Aku melihat Muslim bin Al-Hajjaaj mendla’ifkan khabar (hadits) ini. Ia
(Muslim) berkata: ‘Abu Qais Al-Audiy dan Huzail bin Syurahbiil tidak membawakan
hadits ini karena penyelisihan mereka berdua terhadap kelompok yang
meriwayatkan hadits ini dari Al-Mughiirah. Mereka berkata: ‘Mengusap kedua
sepatu’. Ia (Muslim) kembali berkata: ‘Tidaklah kami meninggalkan dhahir
Al-Qur’an semisal Abu Qais dan Huzail’. Maka aku (Abu Muhammad) pun
menyampaikan perkataan Muslim ini kepada Abul-Abbaas Muhammad bin ‘Abdirrahmaan
Ad-Dughuuliy, lalu aku mendengarnya berkata: ‘Aliy bin Syaibaan berkata: Aku
mendengar Abu Qadaamah As-Sarkhaasiy berkata: Telah berkata ‘Abdurrahman bin
Mahdiy: Aku berkata kepada Sufyaan Ats-Tsauriy: ‘Apabila engkau menceritakan
kepadaku hadits Abu Qais dari Huzail, maka aku tidak akan menerimanya’. Sufyaan
berkata: ‘Hadits tersebut dla’if, atau perkataan semisal”.
Telah mengkhabarkan
kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh dan Abu Sa’iid Muhammad bin Muusaa, mereka
berdua berkata: Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin
Ya’quub, ia berkata: Aku mendengar ‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal berkata: “Aku
menceritakan hadits ini, lalu ia berkata: ‘Tidak ada yang meriwayatkan hadits
ini kecuali dari Abu Qais. Sesungguhnya ‘Abdurrahman bin Mahdiy enggan untuk
meriwayatkan hadits ini, dan ia berkata: ‘Hadits munkar”.
Telah mengkhabarkan
kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh: Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan
bin Muhammad Al-Isfiraainiy: Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Ahmad
bin Al-Barraa’, ia berkata: Telah berkata ‘Aliy bin Al-Madiiniy: “Hadits
Al-Mughiirah bin Syu’bah tentang mengusap adalah diriwayatkan dari Al-Mughiirah
oleh penduduk Madinah, Kuufah, dan Bashrah. Dan diriwayatkan oleh Huzail bin
Syurahbiil dari Al-Mughiirah, kecuali perkataannya: ‘Dan beliau mengusap dua
kaus kaki’; dimana ia (Huzail) menyelisihi orang-orang” (Al-Kubraa, 1/284).
Telah berkata
Ad-Daaruquthniy rahimahullah:
لم يروه غير أبي
قيس ، وهو مما يغمز عليه به ، لأن المحفوظ عن المغيرة المسح على الخفين
“Hadits ini tidak diriwayatkan selain Abu
Qais, dan itu termasuk celaan yang diberikan padanya. Karena yang mahfuudh dari
Al-Mughiirah adalah mengusap kedua sepatu” (Al-‘Ilal, 7/112).
Al-‘Uqailiy rahimahullah berkata:
الرواية في
الجوربين فيها لين
“Riwayat tentang (mengusap) dua kaus kaki
terdapat kelemahan” (Adl-Dlu’afaa’, 2/327).
Untuk menjawab ta’lil tersebut, pertama, kita
akan mengecek status perawi yang dibicarakan oleh para imam di atas, yaitu Abu
Qais Al-Audiy dan Huzail bin Syurahbiil. Berikut pemaparan secara ringkas
status kedua perawi tersebut:
Abu Qais Al-Audiy
Ia adalah ‘Abdurrahman bin Tsarwaan, Abu Qais
Al-Audiy Al-Kuufiy. Al-Bukhariy (dalam Shahih-nya) membawakan dua hadits
darinya dalam Al-Faraaidl, dari Huzail bin Syurahbiil.
Telah berkata Ahmad bin
Hanbal: “Hadits-haditsnya menyelisihi”. Dalam riwayat yang lain ia berkata:
“Laisa bihi ba’s”. Ibnul-Jauziy menukil dari Ahmad, bahwasannya ia berkata:
“Tidak boleh berhujjah dengan haditsnya”.
Telah berkata Ishaaq bin
Manshuur dan ‘Abbaas Ad-Duuriy, dari Yahyaa bin Ma’iin: “Tsiqah”. Ia (Ibnu
Ma’iin) lebih mendahulukannya daripada ‘Aashim.
Ahmad bin ‘Abdillah
Al-‘Ijjiliy: “Tsiqah, tsabat”.
Telah berkata Abu Haatim:
“Tidak kuat (laisa bi-qawiy), ia sedikit haditsnya, bukan seorang haafidh”.
Dikatakan kepadanya: “Bagaimana tentang haditsnya?”. Ia menjawab: “Shaalih,
layyinul-hadiits”.
An-Nasaa’iy berkata:
“Laisa bihi ba’s”.
Ibnu Hibbaan
menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat, namun Al-‘Uqailiy memasukkannya dalam
Adl-Dlu’afaa’.
Ibnu Khalfuun menukil
dari Ibnu Numair bahwa ia telah mentsiqahkannya. (selengkapnya lihat
Tahdziibul-Kamaal, 17/21-22 beserta catatan kakinya).
Jika kita perhatikan,
maka ulama yang men-tsiqah-kan Abu Qais adalah Ahmad (dalam satu riwayat), Ibnu
Ma’iin, Al-‘Ijjiliy, An-Nasaa’iy, Ibnu Hibbaan, dan Ibnu Numair. Termasuk dalam
hal ini adalah Al-Bukhariy yang telah berhujjah dengannya dalam ushul kitab
Shahih-nya. Sedangkan yang melemahkannya adalah Ahmad (dalam riwayat yang
lain), Abu Haatim, dan Al-‘Uqailiy.
Pembahasan:
Perkataan Ahmad bahwa
tidak boleh berhujjah dengannya, maka ini dijelaskan alasannya oleh
perkataannya yang lain, yaitu karena hadits-haditsnya menyelisihi. Namun apakah
semua hadits-haditsnya menurut Ahmad terdapat penyelisihan? Jawabannya tidak.
Ini tergambar pada perkataannya yang lain tentang diri Abu Qais Al-Audiy:
“Laisa bihi ba’s (tidak mengapa dengannya)” ; yang merupakan tautsiq bagi Abu
Qais. Dan salah satu penyelisihan yang dianggap Ahmad adalah hadits mengusap
dua kaus kaki di sini. Padahal tidak ada perselisihan dalam hadits ini
sebagaimana akan dijelaskan nanti.
Perkataan Abu Haatim:
“Tidak kuat (laisa bi-qawiy)” ; bukan merupakan jarh yang keras. Maksud
perkataan ini adalah Abu Qais tidak mencapai derajat atas dalam kekuatan dan
tsabt-nya. Itulah yang nampak dari perkataanya selanjutnya: “Sedikit haditsnya,
bukan seorang yang haafidh (qaliilul-hadiits, laisa bil-haafidh)”. Adz-Dzahabiy
berkata saat menjelaskan perkataan Abu Haatim laisa bi-qawiy:
وبالا ستقراءِ
إذا قال أبو حاتم: ( ليس بالقوي ) ، يُريد بها: أنَّ هذا الشيخ لم يَبلُغ درَجَة
القويِّ الثَّبْت .
“Dengan menelaah/meneliti apa yang dikatakan
Abu Haatim: ‘Laisa bil-qawiy’; maka yang dimaksudkan dengannya adalah orang ini
tidak mencapat tingkatan (paling atas) kuat dan tetap/teguh (qawiy tsabat)” (Al-Muuqidhah,
hal. 83).
Sedangkan perkataan Abu Haatim: ‘shaalih, huwa
layyinul-hadiits’ ; maka maksudnya Abu Qais ini shaalih dalam mutaaba’aat dan
syawaahid, dan layyin (lemah) jika bersendirian. Perkataan ini dibangun dari
pendapatnya tentang bersendiriannya hadits Al-Mughiirah mengenai mengusap kaus
kaki. Namun perlu diingat bahwa Abu Haatim ini adalah seorang ulama yang
mutasyaddid (keras/ketat) dalam men-jarh perawi. Bersamaan dengan itu, Ibnu
Ma’iin dan An-Nasa’iy yang juga terkenal mutasyaddid telah memberikan tautsiq
kepada Abu Qais – yang berarti dalam hal ini ia diterima oleh keduanya. Oleh karena itu, pada
dasarnya jarh Abu Haatim ini tidak ada penyertanya dari ulama lain sehingga
tidak diterima. Yang ada hanya dalam masalah penyelisihannya dengan riwayat
jama’ah yang insya Allah akan dibahas di bawah.
Adapun pendla’ifan
Al-‘Uqailiy, maka ia mendasarkannya dari perkataan Ahmad bin Hanbal. Dan itu
telah dibahas.
Huzail bin Syurahbiil
Ia adalah Huzail bin Syurahbiil
Al-Audiy Al-Kuufiy Al-A’maa, saudara laki-laki Al-Arqam bin Syurahbiil. Ia
adalah seorang yang tsiqah tanpa ada perselisihan.
Ibnu Sa’ad berkata: “Ia
adalah seorang yang tsiqah” (Ath-Thabaqaat, 6/176).
Al-‘Ijilliy berkata:
“Orang Kuffah yang tsiqah” (Ats-Tsiqaat, lembar 55).
Adz-Dzahabiy berkata:
“Tsiqah” (Al-Kaasyif, 3/biografi no. 6054).
Ibnu Hajar berkata dalam
At-Tahdziib (11/31): “Telah berkata Ad-Daaruquthniy: ‘Tsiqah’. Telah berkata
Abu Muusaa Al-Madiiniy dalam Dzail Ash-Shahaabah: Dikatakan bahwa ia mendapati
masa Jahiliyyah”. Adapun dalam At-Taqriib, Ibnu Hajar berkata: “Tsiqah
muhdlaram”.
Memperhatikan status Abu
Qais dan Huzail bin Syurahbiil, maka dapat diketahui bahwa perawi hadits ini
tsiqaat sehingga sanadnya shahih.
Penyelisihan dengan
Riwayat Jama’ah
Sebagaimana telah
disebutkan sebelumnya, beberapa ulama memberikan kritik pada hadits
Al-Mughiirah bin Syu’bah melalui jalur Huzail bin Syurahbiil ini karena
dianggap menyelisihi riwayat jama’ah mengusap kedua sepatu (sehingga dihukumi
syaadz). Namun benarkan demikian?
Mari kita perhatikan
riwayat jama’ah hadits Al-Mughiirah bin Syu’bah dalam Shahih Muslim secara
lengkap:
عن الْمُغِيرَةِ
قَالَ كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ
فِي مَسِيرٍ فَقَالَ لِي أَمَعَكَ مَاءٌ قُلْتُ نَعَمْ فَنَزَلَ عَنْ رَاحِلَتِهِ
فَمَشَى حَتَّى تَوَارَى فِي سَوَادِ اللَّيْلِ ثُمَّ جَاءَ فَأَفْرَغْتُ عَلَيْهِ
مِنْ الْإِدَاوَةِ فَغَسَلَ وَجْهَهُ وَعَلَيْهِ جُبَّةٌ مِنْ صُوفٍ فَلَمْ
يَسْتَطِعْ أَنْ يُخْرِجَ ذِرَاعَيْهِ مِنْهَا حَتَّى أَخْرَجَهُمَا مِنْ أَسْفَلِ
الْجُبَّةِ فَغَسَلَ ذِرَاعَيْهِ وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ ثُمَّ أَهْوَيْتُ لِأَنْزِعَ
خُفَّيْهِ فَقَالَ دَعْهُمَا فَإِنِّي أَدْخَلْتُهُمَا طَاهِرَتَيْنِ وَمَسَحَ
عَلَيْهِمَا
Dari Al-Mughiirah bin Syu’bah, ia berkata:
“Pada suatu malam aku pernah dalam perjalanan bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam, lalu beliau bertanya kepadaku: ‘Apakah kamu membawa air?’. Aku
menjawab: ‘Ya’. Kemudian beliau turun dari kendarannya, lalu berjalan hingga
beliau bersembunyi di kegelapan malam. Kemudian beliau datang, lalu aku tuangkan air kepada
beliau dari kantong kulit. Beliau pun lantas membasuh wajahnya. Ketika itu
beliau berjubah bulu dimana beliau tidak bisa mengeluarkan kedua tangan beliau
dari dalam jubah melainkan dari bagian bawahnya. Kemudian beliau membasuh kedua
tangannya dan mengusap kepalanya. Lalu aku merendah untuk melepas dua sepatu
beliau. Namun beliau bersabda: ‘Biarkan keduanya, karena aku memasukkannya
dalam keadaan suci’. Kemudian beliau mengusap pada bagian atas kedua sepatunya
itu” (Diriwayatkan oleh Muslim no. 274).
Muslim rahimahullah
membawakan hadits Al-Mughiirah tentang mengusap dua sepatu (khuff) dalam
Shahih-nya dari jalan ‘Urwah bin Al-Mughiirah bin Syu’bah, Al-Aswad bin Hilaal,
dan Masruuq bin Al-Ajda’ Al-Hamdaaniy.
Selain yang itu, ia juga
dibawakan dari jalan Hamzah bin Al-Mughiirah bin Syu’bah, Zuraarah bin Aufaa,
Al-Hasan bin Abil-Hasan Al-Bashriy, ‘Ibaad bin Ziyaad, ‘Abdurrahman bin Abi
Nu’m Al-Bajaliy, dan yang lainnya.(29)
Semuanya secara shariih
(jelas) menujukkan mengusap kedua sepatu, dan tidak menyebutkan mengusap kedua
sandal serta kaus kaki.
Nampak dalam hadits
tersebut bahwa hadits Huzail berbeda dengan hadits jama’ah dari Al-Mughiirah.
Mengusap sandal dan kaus kaki merupakan tambahan hukum dari (kebolehan)
mengusap sepatu. Atau jelasnya, antara hadits Huzail dengan hadits jama’ah
merupakan dua hadits yang berbeda yang sama-sama mereka riwayatkan dari
Al-Mughiirah bin Syu’bah radliyallaahu ‘anhu. Beda peristiwa/kejadiannya.
Disebutkan bahwa hadits jama’ah menceritakan peristiwa safar beliau
shallallaahu ‘alaihi wa sallam, sedangkan hadits Huzail tidak menyebutkannya.
Lebih besar kemungkinannya jika Al-Mughiirah menyampaikan dua hadits yang
berbeda mengingat kebersamaannya dengan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
kurang lebih lima tahun sehingga ia dapat melihat kaifiyat-kaifiyat wudlu beliau
yang berbeda-beda kemudian menyampaikannya kepada perawi yang berbeda-beda.
Konsekuensinya, sebagian perawi akan menyampaikan satu kaifiyat, sedangkan
perawi lain menyampaikan kaifiyat yang lain.
Telah berkata
Ibnut-Turkumaaniy rahimahullah:
هذا الخبر أخرجه
أبو داود وسكت عنه، وصححه ابن حبان، وقال الترمذي: حسن صحيح.
وأبو قيس عبد
الرحمن بن ثروان وثقه ابن معين، وقال العجلي: ثقة، ثبت. وهزيل وثقه العجلي، أخرج
لهما معاً البخاري في صحيحه، ثم إنها لم يخالفا الناس مخالفة معارضة، بل رويا
أمراً زائداً على ما رووه بطريق مستقبل غير معارض، فيحمل إنها حديثان،......
“Hadits ini diriwayatkan
oleh Abu Dawud, dan ia diam (tidak memberikan penghukuman) padanya; dan
dishahihkan Ibnu Hibbaan. Adapun At-Tirmidziy berkata: ‘Hasan shahih’.
Mengenai Abu Qais
‘Abdurrahman bin Tsarwaan, ia telah ditsiqahkan oleh Ibnu Ma’iin. Berkata
Al-‘Ijilliy: ‘Tsiqah, tsabt’. Sedangkan Huzail, ia ditsiqahkan oleh
Al-‘Ijilliy. Al-Bukhariy meriwayatkan keduanya bersama-sama dalam Shahih-nya.
Sesungguhnya keduanya (Abu Qais dan Huzail) tidak menyelisihi para perawi lain
(jama’ah) dengan penyelisihan yang bersifat kontradiksi. Namun, keduanya
meriwayatkan suatu tambahan dari apa yang diriwayatkan perawi lainnya (jama’ah)
dengan jalan yang lain tanpa ada kontradiksi. Maka, sesungguhnya ia merupakan
dua hadits (yang berbeda)….” (Al-Jauharun-Naqiy – melalui tahqiq
Mawaaridudh-Dham’aan, 1/297).
Walhasil, hadits ini
shahih bebas dari ‘illat dan syudzuudz – sebagaimana telah dishahihkan oleh
Ibnu Hibbaan, Ibnu Khuzaimah, At-Tirmidziy, Ibnu Daqiiqil-‘Ied, Jamaaluddin
Al-Qaasimiy, Al-Albaniy, Al-Arna’uth, dan yang lainnya.
3. Atsar Anas radliyallaahu ‘anhu.
حدثنا أبو مسلم،
ثنا مسلم بن إبراهيم ثنا هشام ثنا قتادة: أن أنساً كان يمسح على الجوربين.
Telah menceritakan kepada kami Abu Muslim:
Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibraahiim: Telah menceritakan kepada
kami Hisyaam: Telah menceritakan kepada kami Qataadah: “Bahwasannya Anas
mengusap dua kaus kakinya”.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam
Al-Kabiir, 1/244 no. 68. Atsar ini juga diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dalam
Al-Mushannaf no. 779 dan Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 1/188.
Sanad atsar ini shahih.
4. Atsar ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu
‘anhu.
حدثنا وكيع قال:
حدثنا يزيد بن مَرْدانبه عن الوليد بن سَريع عن عمرو بن كُريب: أنَّ علياً توضأ،
ومسح على الجوربين.
Telah menceritakan kepada kami Wakii’, ia
berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaziid bin Mardanbah, dari Al-Waliid
bin Sarii’, dari ‘Amr bin Kuraib(30): “Bahwasannya ‘Aliy berwudlu, dan mengusap
dua kaus kakinya”.
Diriwayatkan oleh Ibnu
Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 1/189 dengan sanad shahih.
5. Atsar Al-Barraa’ bin
‘Aazib radliyallaahu ‘anhu.
عن الثوري، عن
الأعمش، عن إسماعيل بن رجاء، عن أبيه قال: رأيت البراء بن عازب يمسح على جوربيه
ونعليه.
Dari Ats-Tsauriy, dari Al-A’masy, dari
Ismaa’iil bin Rajaa’, dari ayahnya, ia berkata: “Aku melihat Al-Barraa’ bin ‘Aazib
mengusap kedua kaus kakinya dan kedua sandalnya”.
Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dalam
Al-Mushannaf 1/200 no. 778. Atsar ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah
dalam Al-Mushannaf 1/189 no. 1996 dan Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 1/285.
Sanad atsar ini hasan.
6. Atsar Abu Mas’uud
radliyallaahu ‘anhu.
عن الثوري عن
الأعمش عن إبراهيم عن همام ابن الحارث عن أبي مسعود أنه كان يمسح على الجوربين
والنعلين
Daru Ats-Tsauriy, dari Al-A’masy, dari
Ibraahiim, dari Hammaam bin Al-Haarits, dari Abu Mas’uud: “Bahwasannya ia
mengusap kedua kaus kakinya dan kedua sandalnya”.
Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dalam
Al-Mushannaf 1/200 no. 777.
Sanad atsar ini shahih.
7. Atsar Abu Umaamah Al-Baahiliy radliyallaahu
‘anhu.
حدثنا وكيع عن
حماد بن سلمه عن أبي غالب قال: رأيت أبا أمامة يمسح على الجوربين
Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari
Hammaad bin Salamah, dari Abu Ghaalib, ia berkata: “Aku melihat Abu Umaamah
mengusap kedua kaus kaki”.
Diriwayatkan oleh Ibnu
Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 1/188 no. 1991 dengan sanad hasan.
8. Dan yang lainnya.
Bahkan Ibnu Qudamah
rahimahullah menghikayatkan adanya ijma’ di kalangan shahabat tentang bolehnya
mengusap kaus kaki. Ia berkata:
الصحابة رضي
الله عنهم مسحوا على الجوارب، ولم يظهر لهم مخالف في عصرهم، فكان إجماعاً.
“Para shahabat radliyallaahu ‘anhum mengusap
kaus kaki, dan tidak ada seorang pun yang menyelisihi di masa mereka. Maka,
telah terjadi ijma’” (Al-Mughniy, 1/374).
Pendapat Ulama Mengenai Mengusap Kaus Kaki
Kebolehan mengusap dua kaus kaki merupakan
madzhab jumhur ulama’(31), walaupun padanya ada perbedaan pendapat dalam
merincinya. Pendapat-pendapat tersebut antara lain adalah:
1. Diperbolehkan mengusap untuk kaus yang
tebal.(32)
2. Diperbolehkan mengusap untuk kaus kaki
mujlid (tertutup punggung kaki dan telapak kaki dengan kulit) atau mun’il
(tertutup telapak kakinya saja, seperti sandal).(33)
3. Diperbolehkan mengusap untuk kaus kaki
mujlid.(34)
4. Diperbolehkan mengusap
meskipun kaus kaki yang tipis.(35)
Yang raajih dari
perbedaan pendapat tersebut adalah pendapat terakhir, karena terlihatnya kulit
(baik dengan alasan tipis ataupun sobek/bolong) bukan sebagai alasan pembolehan
mengusap kaus kaki.
Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin
rahimahullah berkata:
“Menurut pendapat yang
kuat bahwa boleh hukumnya mengusap kaus kaki yang berlubang dan tipis yang bisa
terlihat kulitnya, karena bukan itu tujuan pembolehkan mengusap kaos kaki dan
sebagainya. Kaki bukanlah aurat yang harus ditutupi, tetapi tujuannya adalah memberikan
keringanan kepada orang mukallaf dan mempermudahnya, sehingga tidak mewajibkan
melepas kaos kaki atau sepatu ketika berwudhu. Tetapi kami katakan: ‘Cukuplah
Anda mengusap di atasnya’. Itulah ‘illah yang menyebabkan pengusapan sepatu
disyariatkan dan illat ini- seperti yang Anda lihat - sama antara sepatu, kaus
kaki yang berlubang, yang masih bagus, yang tipis atau yang tebal” (sumber:
http://alislamu.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2788&Itemid=30).
Telah berkata Ats-Tsauriy
rahimahullah:
امسَحْ عليها ما
تعلَّقت به رجلك، وهل كانت خفاف المهاجرين والأنصار إلا مخرّقة، مشقَّقة، مرقَّعة.
“Usaplah apa yang melekat
di kakimu. Bukankah sepatu-sepatu yang dipakai kaum Muhajirin dan Anshaar
sobek, terbelah, dan tertambal?” (Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dalam
Al-Mushannaf no. 753 dan Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 1/283; shahih).
Dan di sisi salaf, kaus
kaki (al-jaurab) kedudukannya sama dengan sepatu (al-khuff).(36)
Jika demikian, bukankah
kaus kaki yang berlubang atau robek itu lebih layak untuk tidak diperbolehkan –
andaikata tidak diperbolehkan – daripada kaus kaki yang tipis?
Pendapat inilah yang
kemudian dikuatkan oleh Ibnu Hazm dan Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah. Begitu
juga dengan Al-Albaniy rahimahumullah dan yang lainnya.(37)
Dan bagi siapa saja yang
ingin mengamalkan kemudahan ini, maka syaratnya sebelum memakai kaus kaki, ia
harus dalam keadaan suci (berwudlu terlebih dahulu) – sebagaimana hadits Nabi
yang telah tertulis di atas.
Berikut penjelasan
singkat Al-Lajnah Ad-Daaimah:
السؤال:
ما الحكم إذا
غسل الرجل رجله اليمنى ثم لبس بعد ذلك الجورب قبل أن يغسل رجله اليسرى هل يجوز له
المسح على الجوربين ؟
الجواب:
الحمد لله
ليس لك المسح
عليهما لأنك أدخلت الأولى قبل تمام الطهارة
.
“Soal: Apa hukumnya jika seseorang membasuh
kaki kanannya dan kemudian memakai kaus kaki, tanpa membasuh kaki sebelah
kirinya. Apakah diperbolehkan baginya mengusap kaus kaki (saat wudlu)?
Jawab: Alhamdulillaah,…. Tidak boleh bagi Anda
membasuh kedua kaus kaki, karena Anda telah memasukkan (kaki ke dalam kaus
kaki) terlebih dahulu sebelum menyempurnakan thaharah” (Fataawaa Al-Lajnah
Ad-Daaimah, 5/247).
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
Semoga ada manfaatnya.
Footnote:
(1) حدثنا
عبد الله حدثني أبي ثنا يحيى بن سعيد عن ثور عن راشد بن سعد عن ثوبان قال
(2) حدثنا
أحمد بن محمد بن حنبل، ثنا يحيى بن سعيد، عن ثور، عن راشد بن سعد، عن ثوبان قال:
(3) أخبرناه
أبو علي الروذباري أنا محمد بن بكر ثنا أبو داود ثنا أحمد بن حنبل ثنا يحيى بن
سعيد عن ثور عن راشد بن سعد عن ثوبان قال
(4) أَخْبَرَنَا
عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ ، أَنْبَأَنَا الْقَاسِمُ بْنُ جَعْفَرٍ ،
أَنْبَأَنَا أَبُو عَلِيٍّ اللُّؤْلُئِيُّ ، أَخْبَرَنَا أَبُو دَاوُدَ ،
أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ ، أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ ، عَنْ ثَوْرٍ
، عَنْ رَاشِدِ بْنِ سَعْدٍ ، عَنْ ثَوْبَانَ ، قَالَ:
(5) أخبرنا
أحمد بن جعفر القطيعي ثنا عبد الله بن أحمد بن حنبل حدثني أبي ثنا يحيى بن سعيد عن
ثور عن راشد بن سعد عن ثوبان رضى الله تعالى عنه قال
(6) Pernyataan Al-Haakim ini keliru, sebab
Raasyid dalam sanad hadits ini bin Sa’d bukan termasuk perawi Muslim (lihat
At-Tatabbu’ 1/261).
(7) حدثنا
عبد الله بن أحمد بن حنبل، حدثنا أبي (ح). وحدثنا معاذ بن المثنى، ثنا مسدد (قالا):
يحيى بن سعيد، عن ثوربن يزيد، عن راشيد بن سعد، عن ثوبان:
(8) حدثنا
عبد الله بن أحمد بن حنبل، حدثنا أبي (ح). وحدثنا معاذ بن المثنى، ثنا مسدد (قالا):
يحيى بن سعيد، عن ثوربن يزيد، عن راشيد بن سعد، عن ثوبان:
(9) حَدَّثَنَا
السَّيِّدُ أَبُو الْقَاسِمِ عَلِيُّ بْنُ مُوسَى الْمُوسَوِيُّ ، وَأَبُو عَبْدِ
اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ الْمِيرَبَنْدَكُشَائِيُّ ، قَالا: أَنْبَأَنَا
أَبُو الْعَبَّاسِ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سِرَاجٍ الطَّحَّانُ ،
أَخْبَرَنَا أَبُو أَحْمَدَ مُحَمَّدُ بْنُ قُرَيْشِ بْنِ سُلَيْمَانَ بِمَرْوِ
الرُّوذِ ، أَنْبَأَنَا أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ
الْمَكِّيُّ ، أَنْبَأَنَا أَبُو عُبَيْدٍ الْقَاسِمُ بْنُ سَلامٍ ، قَالَ:
سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ الْحَسَنِ يُحَدِّثُ ، عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ ، عَنْ
رَاشِدِ بْنِ سَعْدٍ ، عَنْ ثَوْبَانَ
(10) حدثنا
عثمان بن أبي شيبة، عن وكيع، عن سفيان الثوري، عن أبي قيس الأودي هو عبد الرحمن بن
ثروان عن هزيل بن شرحبيل، عن المغيرة بن شعبة
(11) حدثنا
هناد ومحمود بن غيلان قالا حدثنا وكيع عن سفيان عن أبي قيس عن هزيل بن شرحبيل عن
المغيرة بن شعبة قال:
(12) أخبرنا
إسحاق بن إبراهيم قال أنبأ وكيع قال حدثنا سفيان عن أبي قيس عن هذيل بن شرحبيل عن
المغيرة بن شعبة
(13) أخبرنا
اسحق بن إبراهيم حدثنا وكيع أنبأنا سفيان عب أبي قيس عن هذيل بن شرحبيل عن المغيرة
بن شعبة
(14) حدثنا
علي بن محمد. حدثنا وكيع. حدثنا سفيان، عن أبي قيس الأودي، عن الهذيل بن شرحبيل،
عن المغيرة بن شعبة؛
(15) حدثنا
عبد الله حدثني أبي حدثنا وكيع حدثنا سفيان عن أبي قيس عن هذيل بن شرحبيل عن
المغيرة بن شعبة:
(16) حدثنا
وكيع عن سفيان عن أبي قيس عن هذيل عن مغيرة بن شعبة
(17) أخبرنَا
هبة الله بن مُحَمَّد أَنبأَنَا الْحسن بن عَلّي أَنبأَنَا أَحْمد بن جَعْفَر
حَدثنَا عبد الله بن أَحْمد قَالَ حَدثنِي أبي حَدثنَا وَكِيع حَدثنَا سُفْيَان
عَن أبي قيس عَن هزيل ابْن شُرَحْبِيل عَن الْمُغيرَة بن شُعْبَة
(18) حدثنا
عبد الله بن ربيع ويحيى بن عبد الرحمن بن مسعود قال عبد الله - ثنا محمد بن معاوية
القرشي الهشامي ثنا أحمد بن شعيب ثنا إسحاق بن إبراهيم - هو ابن راهوية - وقال
يحيى ثنا أحمد بن سعيد بن حزم ثنا محمد بن عبد الملك بن أيمن ثنا عبد الله بن أحمد
بن حنبل ثنا أبي، ثم اتفق أحمد وإسحاق واللفظ لأحمد قالا ثنا وكيع ثنا سفيان
الثوري عن أبي قيس عبد الرحمن بن ثروان عن هزيل بن شرحبيل عن المغيرة بن شعبة
(19) حدثنا
أبو حصين القاضي ثنا يحيى بن عبد الحميد الحماني حدثني أبي وعبد الله بن المبارك
ووكيع وزيد بن الحباب عن سفيان عن أبي قيس عن هزيل بن شرحبيل عن المغيرة بن شعبة
(20) أخبرنا
أبو طاهر نا أبو بكر ثنا بندار ومحمد بن الوليد قالا حدثنا أبو عاصم نا سفيان نا
سلم بن جنادة نا وكيع عن سفيان وحدثنا أحمد بن منيع ومحمد بن رافع قالا حدثنا زيد
بن الحباب نا سفيان الثوري عن أبي قيس الأودي عن هزيل بن شرحبيل عن المغيرة بن
شعبة
(21) أخبرنا
بن خزيمة قال حدثنا محمد بن رافع قال حدثنا زيد بن الحباب قال حدثنا سفيان عن أبي
قيس الأودي عن هزيل بن شرحبيل عن المغيرة بن شعبة
(22) أخبرنا
ابن خزيمة، حدَّثنا محمد بن رافع، حدَّثنا زيد بن الحباب، حدَّثنا سفيان، عن أبي
قيس الأودي، عن هزيل بن شرحبيل، عن المُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ:
(23) Lihat catatan kaki no. 19.
(24) Lihat catatan kaki no. 20.
(25) حدثنا
أبو بكرة وابن مرزوق قالا: ثنا أبو عاصم، عن سفيان الثوري، عن أبي قيس، عن هُذَيل
بن شُرَحْبيل، عن المغيرة بن شعبة
(26) حدثنا
إبراهيم بن عبد الله قال حدثنا أبو عاصم عن سفيان عن أبى قيس عن هذيل عن المغيرة
بن شعبة
(27) أخبرنا
أبو طاهر الفقيه، وأبو محمد بن يوسف، قالا: ثنا أبو بكر محمد بن الحسين القطان،
ثنا علي بن الحسن بن أبي عيسى الدرابجردي، ثنا أبو عاصم، ثنا سفيان، عن أبي قيس،
عن هزيل بن شرحبيل، عن المغيرة بن شعبة
(28) Lihat catatan kaki no. 19.
(29) Bahkan Ibnu Hajar menyebutkan dalam
At-Talkhiish (1/166) bahwa Al-Bazzaar meriwayatkan hadits Al-Mughiirah sekitar
60 jalan dan Ibnu Mandah 45 jalan.
(30) Penulisan ‘Amr bin
Kuraib di sini adalah keliru. Yang benar adalah ‘Amr bin Huraits radliyallaahu
‘anhu, seorang shahaabiy shaghiir.
(31) Dikecualikan dari
apa yang ternukil dari Malik bin Anas rahimahullah bahwa beliau melarang
mengusap dua kaus kaki (lihat Al-Mudawwanah 1/143 dan At-Tamhiid 11/157).
(32) Ini adalah pendapat
yang dipilih Abu Yusuf dan Muhammad bin Al-Hasan dari kalangan Hanafiyyah (Ahkaamul-Qur’aan
oleh Al-Jashshaash 2/494, Al-Mabsuuth 1/102, Badaai’ush-Shanaa’i' 1/10,
Tabyiinul-Haqaaiq 1/52, Al-Bahrur-Raaiq 1/191 & 193, dan Syarh Ma’aanil-Aatsaar
1/97). Ia juga merupakan pendapat yang raajih di antara dua pendapat dalam
madzhab Syafi’iyyah (lihat Al-Majmuu’ 1/526 dan Raudlatuth-Thaalibiin 1/126),
dan juga pendapat madzhab Hanabilah (lihat Masaailu Ibni Haani’ 1/21,
Al-Mughniy 1/181, Al-Furuu’ 1/159-160, Al-Muqni’ fii Syarh Mukhtashar
Al-Kharqiy 1/268, Al-Muharrar 1/12, Kasysyaaful-Qinaa’ 1/124-125, dan Al-Kaafiy
1/35-36).
(33) Ini adalah pendapat
Abu Haniifah (Al-Mabsuuth 1/101-102, Badaai’ush-Shanaa’i' 1/10, dan Syarh
Ma’aanil-Aatsaar 1/97) serta salah satu dari dua pendapat madzhab Syafi’iyyah (Al-Majmuu’
1/526).
(34) Ini adalah pendapat
madzhab Maalikiyyah (lihat Al-Mudawwanah 1/143, Syarhush-Shaghiir 1/153, dan
Haasyiyyah Ad-Daasuqiy 1/141).
(35) An-Nawawi rahimahullah berkata:
وحكى
أصحابنا ( الشافعية ) عن عمر وعلي رضي الله عنهما جواز المسح على الجورب وإن كان رقيقاً
. وحكوه عن أبي يوسف ، ومحمد ، وإسحاق ، وداود
“Shahabat-shahabat kami (dari kalangan madzhab
Syafi’iyyah) menghikayatkan dari ‘Umar dan ‘Aliy radliyallaahu ‘anhuma bolehnya
mengusap kaus kaki meskipun tipis. Mereka menghikayatkan dari Abu Yuusuf, Muhammad,
Ishaq, dan Dawud (Al-Majmuu’ 1/527).
(36) Seperti Anas bin Maalik, Naafi’ maula
Ibni ‘Umar, Ibraahim An-Nakha’iy, Sa’iid bin Al-Musayyib, ‘Atha’, dan yang
lainnya.
(37) Sebagai pembanding, mari kita simak
pendapat Al-Lajnah Ad-Daaimah:
السؤال:
ما
حكم المسح على الجوارب إذا كان بها ثقوب أو شفافة ؟
الجواب:
الحمد
لله
يجوز
المسح عليها في وضوء بدلاً من غسل الرجلين إذا كان لبسهما على طهارة ما لم تتسع
الثقوب عرفاً أو تزيد الشفافية حتى تكون الرجلان في حكم العاريتين يرى ما وراءها
من حمرة أو سواد مثلاً .
“Soal: Apa hukumnya mengusap dua kaus kaki
yang terdapat lubang (= bolong) atau tipis?
Jawab: Alhamdulillah. Diperbolehkan
mengusapnya ketika wudlu sebagai ganti membasuh kedua kaki jika seseorang
memakainya dalam keadaan suci; selama lubangnya tidak terlalu besar atau tidak
terlalu tipis/transparan sehingga kedua kaki yang ada dibalik kaus kaki
benar-benar nampak dari luar, misalnya nampak kulitnya yang berwarna merah atau
hitam” (Fataawaa Al-Lajnah Ad-Daaimah, 5/246).
Oleh: Abul Jauzaa' Dony Arif Wibowo
Posting Komentar untuk "Hukum Mengusap Kaos Kaki"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.