Hukum Fiqih Puasa Sya'ban
Ibnu Hajar rahimahullah
berkata:
وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ, وَيُفْطِرُ
حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ, وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ, وَمَا
رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ. مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ، وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ
Dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata: “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa hingga kami menyangka beliau tidak berbuka; dan beliau berbuka hingga kami menyangka beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali di bulan Ramadlan. Dan aku juga tidak pernah melihat satu bulan yang beliau banyak berpuasa padanya kecuali Sya’baan” – Muttafaqun ‘alaihi, dan lafadh hadits ini milik Muslim (lihat: Buluughul-Maraam hal. 198 no. 683, tahqiq & takhrij & ta’liq: Samiir bin Amiin Az-Zuhairiy; Cet. 7/1424 H).
Takhrij:
Diriwayatkan oleh Maalik
dalam Al-Muwaththa’ (2/365 no. 751 – Al-Hilaaliy); dan darinya Al-Bukhaariy
(no. 1969), Muslim (no. 1156 - 175), Abu Daawud (no. 2434), Al-Baihaqiy
(4/292), dan Al-Baghaawiy dalam Syarhus-Sunnah (6/328 no. 1776) – semuanya dari
jalan Maalik, dari Abun-Nadlr maula ‘Umar bin ‘Ubaidullah, dari Abu Salamah bin
‘Abdirrahmaan, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
Diriwayatkan juga oleh
Ahmad (6/143 & 165), At-Tirmidziy dalam Al-Jaami’ (no. 737) &
Asy-Syamaail (no. 302 – Al-Fakhl), An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa (no. 2908), Ibnu
Abi Syaibah (3/103), dan ‘Abd bin Humaid dalam Al-Muntakhab (no. 1514 –
Al-‘Adawiy); dari dua jalan (‘Abdah dan Ibnu Numair), dari Muhammad bin ‘Amru,
ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Abu Salamah, dari ‘Aaisyah
radliyallaahu ‘anhu, ia berkata:
كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا
يَصُومُ وَلَمْ أَرَهُ يَصُومُ مِنْ شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ
شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلَّا قَلِيلًا بَلْ كَانَ يَصُومُهُ كُلَّهُ
“Beliau biasa berpuasa
hingga kami berkata beliau akan senantiasa tidak berbuka, dan beliau berbuka
hingga kami berkata beliau akan senantiasa tidak berpuasa. Aku tidak pernah
melihat beliau berpuasa dalam satu bulan lebih banyak dari puasanya di bulan
Sya’baan. Beliau berpuasa di bulan Sya'baan hingga sisa harinya tinggal
sedikit, bahkan beliau berpuasa secara keseluruhan”.
Lafadh ini milik Ahmad.
Sanad hadits ini hasan,
karena Muhammad bin ‘Amru (bin ‘Alqamah Al-Laitsiy) seorang yang shaduuq (Tahriirut-Taqriib,
3/299 no. 6188).
Diriwayatkan juga oleh
Al-Bukhaariy (no. 1970) dan Muslim (no. 782 - 177), keduanya dari jalan
Hisyaam, dari Yahyaa bin Abi Katsiir: Telah menceritakan kepada kami Abu
Salamah, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata:
لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا
أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ وَكَانَ
يَقُولُ خُذُوا مِنْ الْعَمَلِ مَا تُطِيقُونَ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يَمَلُّ حَتَّى
تَمَلُّوا وَأَحَبُّ الصَّلَاةِ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ مَا دُووِمَ عَلَيْهِ وَإِنْ قَلَّتْ وَكَانَ إِذَا صَلَّى صَلَاةً
دَاوَمَ عَلَيْهَا
"Rasulullah
shallallaahu 'alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa dalam satu bulan lebih
banyak daripada Sya’baan. Beliau (seakan-akan) berpuasa di bulan Sya'ban
seluruhnya. Dan beliau bersabda: ‘Lakukanlah amal-amal yang kalian sanggup
melakukannya, karena Allah tidak pernah merasa bosan hingga kalian sendiri yang
bosan’. Dan shalat yang paling Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam cintai
adalah yang dilakukan secara kontinyu meskipun sedikit. Dan beliau bila
melaksanakan shalat (sunnat), maka beliau melakukannya secara kontinyu”.
Lafadh ini milik
Al-Bukhaariy.
Diriwayatkan juga oleh
Al-‘Uqailiy (hal. 621 no. 780) dari jalan Thariif, dari Yahyaa bin Abi Katsiir,
dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah: Bahwasannya ‘Aaisyah menceritakan mereka:
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصوم شعبان كله. قلت: يا رسول الله! أرأيت
شعبان أحب الشهور إليك أن تصومه ؟. قال: إن الله يكتب كل نفس قبضت في تلك السنة
فأحب أن يأتيني أجلي وأنا صائم.
Bahwa Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa Sya’bah seluruhnya. Aku bertanya:
“Wahai Rasulullah, apakah engkau berpendapat Sya’baan merupakan bulan yang
paling engkau senangi untuk berpuasa di dalamnya?”. Beliau bersabda:
“Sesungguhnya Allah menetapkan bagi setiap jiwa diwafatkan di tahun tersebut.
Maka aku senang jika saat ajal menjemputku dan aku dalam keadaan berpuasa”.
Thariif bin Ad-Daffaa’,
ia tidak mempunyai hadits lain selain dari hadits ini. Oleh karena itu
Al-‘Uqailiy berkata: “Ia tidak diketahui melainkan dengan hadits ini, dan ia
tidak punyai mutaba’ah.
Kemudian Al-‘Uqailiy
meriwayatkan dari jalan ‘Amru bin Abi Qais, dari Manshuur, dari Saalim bin
Abil-Ja’d, dari Abu Salamah, ia berkata: Aku bertanya kepada Ummu Salamah
tentang puasa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Lalu ia menjawab:
ما رأيته يصوم شهرًا إلا شعبان فإنه كان يصله برمضان.
“Aku tidak pernah melihat
beliau berpuasa selama satu bulan kecuali Sya’baan. Sesungguhnya beliau
menyambungkannya dengan Ramadlan”.
Riwayat ini lebih
didahulukan (daripada riwayat sebelumnya) (selesai perkataan Al-‘Uqailiy dalam
Adl-Dlu’afaa’, hal. 621).
Diriwayatkan juga oleh
Muslim (no. 1156 - 176), Ahmad (6/39), Ibnu Maajah (no. 1710), Al-Humaidiy (no.
173), Abu Ya’laa (no. 4633 & 4860), Ibnu Abi Syaibah (3/103), dan
Al-Baihaqiy (4/292); semuanya dari jalan Sufyaan (bin ‘Uyainah), dari Ibnu Abi
Labiid, dari Abu Salamah, ia berkata: Aku bertanya kepada ‘Aaisyah
radliyallaahu ‘anhaa tentang puasa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Maka ia
menjawab:
كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ
أَفْطَرَ وَلَمْ أَرَهُ صَائِمًا مِنْ شَهْرٍ قَطُّ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ
شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلَّا
قَلِيلًا
“Beliau shallallaahu
'alaihi wa sallam berpuasa hingga kami berkata bahwa beliau akan senantiasa
berpuasa. Dan beliau berbuka sehingga kami berkata bahwa beliau akan senantiasa
berbuka. Dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa (sunnah) dalam sebulan
lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Sya’baan. Beliau berpuasa di bulan
Sya'baan hingga sisa harinya tinggal sedikit."
Diriwayatkan juga oleh
Muslim (no. 1156) dari jalan ‘Abdullah bin Syaqiiq, ia berkata: Aku bertanya
kepada ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa: "Apakah Rasulullah shallallaahu
'alaihi wa sallam pernah berpuasa sebulan penuh?". ‘Aaisyah menjawab:
مَا عَلِمْتُهُ صَامَ شَهْرًا كُلَّهُ إِلَّا رَمَضَانَ وَلَا أَفْطَرَهُ
كُلَّهُ حَتَّى يَصُومَ مِنْهُ حَتَّى مَضَى لِسَبِيلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
"Aku tidak
mengetahui beliau berpuasa selama sebulan penuh kecuali Ramadlaan. Dan beliau
juga belum pernah berbuka sebulan penuh hingga (pasti ada hari yang) beliau
berpuasa padanya; hingga beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam wafat".
Di lain riwayat ‘Aaisyah menjawab:
كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى
نَقُولَ قَدْ أَفْطَرَ قَدْ أَفْطَرَ قَالَتْ وَمَا رَأَيْتُهُ صَامَ شَهْرًا
كَامِلًا مُنْذُ قَدِمَ الْمَدِينَةَ إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَمَضَانَ
“Beliau berpuasa hingga
kami berkata beliau akan senantiasa berpuasa. Dan beliau berbuka hingga kami
berkata beliau akan senantiasa berbuka. Dan aku tidak pernah melihat beliau
berpuasa selama sebulan penuh sejak beliau tiba di Madinah, kecuali
Ramadlaan".
Sebagian Fiqh Hadits:
Hadits ini merupakan
dalil yang cukup jelas tentang masyru’-nya berpuasa (sunnah) di bulan Sya’baan
dan keutamaan yang besar padanya. Tidak ada bulan yang lebih banyak beliau
berpuasa di dalamnya kecuali bulan Sya’baan. Akan tetapi, hal itu bukan berarti
puasa di bulan tersebut merupakan puasa sunnah yang paling utama. Perhatikan
riwayat berikut:
حَدَّثَنِي قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي
بِشْرٍ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحِمْيَرِيِّ عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ
الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
Telah menceritakan
kepadaku Qutaibah bin Sa’iid(1): Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awaanah(2),
dari Abu Bisyr(3), dari Humaid bin ‘Abdirrahmaan Al-Himyariy(4), dari Abu
Hurairah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Puasa yang paling utama setelah Ramadlaan
adalah puasa di bulan Allah Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah
shalat wajib adalah shalat malam (shalat lail)” (Diriwayatkan oleh Muslim no.
1163).(5)
Hadits ini memberikan
satu faedah bahwa keutamaan dalam agama/syari’at bukan berasal dari logika,
melainkan dari nash. Setiap amalan mempunyai tingkatan-tingkatan dalam hal
keutamaan. Begitu juga dengan waktu dilakukannya amalan itu sendiri.
Adapun hadits:
عن أنس قال: سئل النبي صلى الله عليه وسلم أي الصوم أفضل بعد رمضان فقال شعبان
لتعظيم رمضان قيل فأي الصدقة أفضل قال صدقة في رمضان
Dari Anas, ia berkata:
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya: “Puasa apakah yang paling
utama setelah Ramadlaan?”. Beliau menjawab: “Sya’baan untuk memuliakan
Ramadlaan”. Dikatakan: “Lalu shadaqah apakah yang paling utama?”. Beliau
menjawab: “Shadaqah di bulan Ramadlaan”.
Diriwayatkan oleh
At-Tirmidziy no. 663, Ibnu Abi Syaibah 3/103, Abu Ya’laa no. 3431,
Ath-Thahaawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 2/83, dan Al-Baghawiy no. 1778; dari
dua jalan (Muusaa bin Ismaa’iil dan Yaziid bin Haaruun), dari Shadaqah bin
Muusaa, dari Tsaabit Al-Bunaaniy, dari Anas secara marfu’. Sanad hadits ini
lemah karena kelemahan dari Shadaqah bin Muusaa(6).
Diriwayatkan juga Ahmad
3/230 dari jalan Yuunus: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin Rasyiid,
ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Anas bin Siiriin, ia berkata: Kami
mendatangi Anas bin Maalik…..(al-hadits)…”. Hadits ini lemah, karena kelemahan
‘Utsmaan bin Rusyaid(7).
Ada kemusykilan terkait
dengan hadits-hadits yang telah disebutkan di atas. Dalam satu riwayat
disebutkan bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa penuh di bulan
Sya’baan; di lain riwayat disebutkan bahwa tidaklah beliau shallallaahu ‘alaihi
wa sallam berpuasa satu bulan secara penuh kecuali di bulan Ramadlaan.
Bagaimana cara memahaminya? Ada beberapa penjelasan mengenai hal ini.
Sebagian ulama ada yang
memahami bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam kadang berpuasa penuh di
bulan Sya’baan, kadang pula tidak berpuasa penuh. Namun pendapat ini tertolak,
sebab telah shahih dan shaarih penjelasan ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa:
وَمَا رَأَيْتُهُ صَامَ شَهْرًا كَامِلًا مُنْذُ قَدِمَ الْمَدِينَةَ إِلَّا
أَنْ يَكُونَ رَمَضَانَ
“Dan aku tidak pernah
melihat beliau berpuasa selama sebulan penuh sejak beliau tiba di Madinah,
kecuali Ramadlaan".
Yang raajih dalam hal ini
– wallaahu a’lam – adalah sebagaimana dikatakan At-Tirmidziy sebagai berikut:
وروي عن بن المبارك أنه قال في هذا الحديث قال هو جائز في كلام العرب إذا صام
أكثر الشهر أن يقال صام الشهر كله ويقال قام فلان ليله أجمع ولعله تعشى واشتغل
ببعض امره كأن بن المبارك قد رأى كلا الحديثين متفقين يقول إنما معنى هذا الحديث
أنه كان يصوم أكثر الشهر
“Dan diriwayatkan dari
Ibnul-Mubaarak bahwasannya ia berkata tentang hadits ini: ‘Merupakan kebiasaan
dalam percakapan orang Arab apabila seseorang berpuasa pada sebagian besar hari
dalam sebulan, maka akan dikatakan ia berpuasa sebulan penuh. Dan dikatakan:
‘Fulaan melakukan shalat (sunnah) pada seluruh malamnya’ – padahal mungkin ia
makan malam dan melakukan sebagian urusannya di malam tersebut’. Sepertinya
Ibnul-Mubaarak memandang dua hadits di atas memiliki korelasi arti yang sama.
Ia berkata: ‘Makna hadits tersebut adalah bahwa beliau shallallaahu 'alaihi wa
sallam berpuasa pada sebagian besar hari di bulan Sya'baan” (Jaami’
At-Tirmidziy, 2/107).
Ada kemusykilan lain
dalam bahasan puasa Sya’baan ini, yaitu hadits:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ
مُحَمَّدٍ ح و حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ
قَالَا حَدَّثَنَا الْعَلَاءُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا
كَانَ النِّصْفُ مِنْ شَعْبَانَ فَلَا صَوْمَ حَتَّى يَجِيءَ رَمَضَانُ
Telah menceritakan kepada
kami Ahmad bin ‘Abdah(8): Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-‘Aziiz bin
Muhammad(9). Dan telah menceritakan kepada kami Hisyaam bin ‘Ammaar(10): Telah
menceritakan kepada kami Muslim bin Khaalid(11); mereka berdua (‘Abdul-‘Aziiz bin
Muhammad dan Muslim bin Khaalid) berkata: Telah menceritakan kepada kami
‘Al-‘Alaa’ bin ‘Abdirrahmaan(12), dari ayahnya(13), dari Abu Hurairah, ia
berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Apabila
tiba pertengahan bulan Sya’baan, janganlah berpuasa hingga tiba bulan Ramadlan”
(Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 1651; shahih).
Diriwayatkan pula oleh ‘Abdurrazzaaq (no.
7325), Ibnu Abi Syaibah (3/21), Ahmad (2/442), Ad-Daarimiy (no. 1747-1748), Abu
Daawud (no. 2337), At-Tirmidziy (no. 738), Ibnu Hibbaan (no. 3589), dan
Al-Baihaqiy (4/209).
Bagaimana mengkompromikannya dengan hadits-hadits
tentang perbuatan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang berpuasa di
kebanyakan hari pada bulan Sya’baan? Apakah memang terlarang jika ada seseorang yang baru
berpuasa ketika Sya’baan telah berjalan di pertengahannya?
At-Tirmidziy menjelaskan
jawabannya sebagai berikut:
وَمَعْنَى هَذَا الْحَدِيثِ عِنْدَ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنْ يَكُونَ
الرَّجُلُ مُفْطِرًا فَإِذَا بَقِيَ مِنْ شَعْبَانَ شَيْءٌ أَخَذَ فِي الصَّوْمِ
لِحَالِ شَهْرِ رَمَضَانَ وَقَدْ رُوِيَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يُشْبِهُ قَوْلَهُمْ حَيْثُ قَالَ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَقَدَّمُوا شَهْرَ رَمَضَانَ بِصِيَامٍ إِلَّا
أَنْ يُوَافِقَ ذَلِكَ صَوْمًا كَانَ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ وَقَدْ دَلَّ فِي هَذَا
الْحَدِيثِ أَنَّمَا الْكَرَاهِيَةُ عَلَى مَنْ يَتَعَمَّدُ الصِّيَامَ لِحَالِ
رَمَضَانَ
“Makna hadits tersebut
menurut sebagian ulama adalah: Jika seseorang tidak terbiasa berpuasa, kemudian
ketika masuk pada pertengahan bulan Sya'ban, ia baru mulai berpuasa karena
(menyambut) bulan Ramadlaan. Telah diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi
shallallaahu 'alaihi wa sallam (satu hadits) yang semisal makna yang
diterangkan oleh mereka, yaitu beliau shalallaahu 'alaihi wa salam bersabda:
‘Janganlah kalian berpuasa mendahului bulan Ramadlaan dengan puasa, kecuali
jika bertepatan hari yang kalian biasa berpuasa’. Hadits ini menunjukan
larangan bagi orang yang sengaja berpuasa menjelang datangnya puasa Ramadlan” (Dinukil
melalui perantaraan Jaami’ Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah fish-Shiyaam wal-Qiyaam
wal-I’tikaaf oleh Hamdiy Haamid Shubh, hal. 37, muraja’ah: ‘Aliy Al-Halabiy).
Terakhir, Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan hikmah puasa yang beliau
lakukan di kebanyakan hari pada bulan Sya’baan melalui riwayat:
أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ حَدَّثَنَا
ثَابِتُ بْنُ قَيْسٍ أَبُو الْغُصْنِ شَيْخٌ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ قَالَ
حَدَّثَنِي أَبُو سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ
قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنْ الشُّهُورِ
مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ
رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ
الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ
Telah mengkhabarkan
kepada kami ‘Amru bin ‘Aliy(14), dari ‘Abdurrahmaan(15), ia berkata: Telah
menceritakan kepada kami Tsaabit bin Qais Abul-Ghushn(16) - seorang syaikh dari
kalangan penduduk Madiinah - ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Abu Sa’iid
Al-Maqburiy(17), ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Usaamah bin Zaid, ia
berkata: Aku berkata: “Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa
dalan satu bulan seperti halnya puasamu di bulan Sya’baan?”. Beliau menjawab:
"Itulah bulan yang dilalaikan manusia yang terletak antara bulan Rajab dan
Ramadlaan. Ia adalah bulan yang padanya amal perbuatan diangkat kepada
Rabbul-’Aalamiin. Dan aku senang seandainya amalku diangkat ketika aku sedang
berpuasa" (Diriwayatkan oleh An-Nasa’iy no. 2347; hasan – lihat Shahih
Sunan An-Nasaa’iy, 2/153).
Adakah kita ‘tertarik’
dengan alasan yang disampaikan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
sehingga mengikuti jejak beliau dalam amalan?
Alhamdulillah, artikel
kecil tentang puasa Sya’baan ini selesai dituliskan. Semoga ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
(abu al-jauzaa’
al-bogoriy – 1431).
(1) Qutaibah bin Sa’iid
bin Jamiil bin Thariif Ats-Tsaqafiy Abu Rajaa’ Al-Baghlaaniy; seorang yang
tsiqah lagi tsabat (148-240 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam
Shahih-nya (Taqriibut-Tahdziib, hal. no. 5557).
(2) Namanya adalah
Al-Wadldlaah bin ‘Abdillah Al-Yasykuriy Abu ‘Awaanah Al-Waasithiy Al-Bazzaar;
seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 175/176 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya (idem, hal. 1036 no. 7457).
(3) Namanya adalah Bayaan
bin Bisyr Al-Ahmasiy Al-Bajaliy Abu Bisyr Al-Kuufiy Al-Mu’allim; seorang yang
tsiqah lagi. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 180
no. 797).
(4) Humaid bin ‘Abdirrahmaan
Al-Himyariy Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi faqiih. Dipakai Al-Bukhaariy
dan Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 275 no. 1563).
(5) Hadits ini di-ta’lil
oleh Ad-Daaruquthniy dalam At-Tatabbu’ dimana ia mengatakan bahwa Abu ‘Awaanah
telah diselisihi oleh Syu’bah yang meriwayatkan dari Abu Bisyr, dari Humaid bin
‘Abdirrahmaan secara mursal. Namun ta’lil ini perlu dicermati lebih lanjut. Abu
‘Awaanah merupakan aqran dari Syu’bah yang kedudukannya selevel (tsiqah
tsabat). Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Abu Bisyr meriwayatkan hadits
tersebut dari Humaid dengan dua bentuk, yaitu muttashil dan mursal. Apalagi
riwayat muttashil ini mempunyai penguat. Muslim telah membawakan mutaba’ah bagi
Abu Bisyr dalam riwayat muttashil ini dari Muhammad bin Al-Muntasyir:
وحدثني زهير بن حرب. حدثنا جرير عن عبدالملك بن عمير، عن محمد بن المنتشر، عن
حميد بن عبدالرحمن، عن أبي هريرة رضي الله عنه. يرفعه. قال: سئل: أي الصلاة أفضل
بعد المكتوبة ؟ وأي الصيام أفضل بعد شهر رمضان ؟ فقال " أفضل الصلاة، بعد
الصلاة المكتوبة، الصلاة في جوف الليل. وأفضل الصيام، بعد شهر رمضان، صيام شهر
الله المحرم".
Dan telah menceritakan
kepadaku Zuhair bin Harb: Telah menceritakan kepada kami Jariir, dari
‘Abdul-Malik bin ‘Umair, dari Muhammad bin Al-Muntasyir, dari Humaid bin
‘Abdirrahmaan, dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu secara marfu’. Beliau
pernah ditanya: "Shalat apakah yang paling utama setelah shalat wajib? Dan
puasa apakah yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadlaan?". Maka
beliau menjawab: "Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah
shalat yang dilakukan di tengah malam. Dan puasa yang paling utama setelah
puasa di bulan Ramadlan adalah puasa di bulan Allah Muharram" (Diriwayatkan
oleh Muslim no. 1163).
Zuhair bin Harb bin
Syaddaad Abu Khaitsamah An-Nasaa’iy adalah seorang yang tsiqah lagi tsabat,
dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (At-Taqriib, hal. 341 no. 2053).
Jariir bin ‘Abdil-Hamiid Adl-Dlabbiy adalah seorang yang tsiqah
shahiihul-kitaab, dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal.
196 no. 924). ‘Abdul-Malik bin ‘Umair bin Suwaid Al-Lakhamiy adalah seorang
yang tsiqah, fashiih, lagi ‘aalim, namun hapalannya berubah dan kadang
melakukan tadlis, dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal.
625 no. 4228). Muhammad bin Al-Munstasyir bin Al-Ajda’ Al-Hamdaaniy adalah
seorang yang tsiqah, dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem,
hal 899 no. 6364).
Silakan baca pembahasan
ini dalam buku: Bainal-Imamaini Muslim wad-Daariquthniy oleh Dr. Rabii’ bin
Haadiy Al-Madkhaliy, hal. 213-215.
(6) Shadaqah bin Muusaa
Ad-Daqiiqiy Abul-Mughiirah/Abu Muhammad As-Sulamiy Al-Bashriy. Para ulama
berselisih tentangnya.
Muslim bin Ibraahiim
berkata: “Shaduuq”. Telah berkata Abu Bakr bin Abi Khaitsamah dari Yahyaa bin
Ma’iin: “Haditsnya tidak ada apa-apanya”. Telah berkata Mu’aawiyyah bin Shaalih
dari Yahyaa bin Ma’iin, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan Abu Bisyr Ad-Duulabiy:
“Dla’iif”. Ibnu ‘Adiy berkata: “Sebagian haditsnya ada mutaba’ah-nya, dan
sebagian yang lain tidak ada mutaba’ah-nya”. At-Tirmidziy berkata: “Ia di sisi
mereka (para ulama) tidak kuat” (Tahdziibul-Kamaal, 13/149-155 no. 2870). Abu
Haatim berkata: “Layyinul-hadiits, ditulis haditsnya namun tidak boleh
berhujjah dengannya, lagi tidak kuat”. Abu Ahmad Al-Haakim: “Tidak kuat di sisi
mereka (ulama)”. Ibnu Hibbaan berkata: “Ia seorang syaikh yang shaalih, namun
hadits bukanlah termasuk pekerjaannya. Ia apabila meriwayatkan,
membolak-balikkan khabar hinga keluar dari batas untuk berhujjah dengannya”.
Al-Bazzaar berkata: “Tidak haafidh di sisi mereka (ulama). Di kesempatan lain
ia berkata: “Tidak mengapa dengannya”. As-Saajiy berkata: “Dla’iiful-hadiits” (Tahdziibut-Tahdziib,
4/418-419 no. 731). Ahmad berkata: “Aku tidak mengetahuinya” (Suaalaat Ibni
Haani’ no. 2263). Ad-Daaruquthniy berkata: “Matruuk” (Suaalaat Al-Barqaaniy no.
226). Ibnu Syaahiin memasukkanya dalam Taariikh Asmaa’ Adl-Dlu’afaa’ wal-Kadzdzaabiin
(hal. 111 no. 309). Adz-Dzahabiy berkata: “Dla’iif” (Al-Kaasyif, 1/502 no. 2388).
Ibnu Hajar berkata: “Shaduuq mempunyai beberapa keraguan (lahu auhaam)” (At-Taqriib,
hal. 452 no. 2937). Basyaar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata: “Dla’iif” (Tahriirut-Taqriib,
2/139 no. 2921). Ibnu Ishaaq Al-Huwainiy berkata: “Dla’iif” (Natslun-Nabaal
bi-Mu’jamir-Rijaal, hal. 692 no. 1534).
Kesimpulan: Shadaqah
seorang perawi yang dla’iif – sebagaimana pendla’ifan dari jumhur ulama dari
kalangan kibaarul-muhadditsiin.
(7) ‘Utsmaan bin Rusyaid
Ats-Tsaqafiy; ia telah didla’ifkan Ibnu Ma’iin. Ibnu Hibbaan berkata:
“Munkarul-hadiits, karena sedikitnya riwayat yang dimilikinya. Tidak boleh
berhujjah dengannya kecuali setelah melakukan penelitian penyimakannya dari
Anas” (lihat: Lisaanul-Miizaan 5/388-389 no. 5115, At-Tadzkirah bi-Ma’rifati
Rijaal Kutubil-‘Asyrah, hal. 1136 no. 4492, dan Mishbaahul-Ariid 2/329 no.
17408).
(8) Ahmad bin ‘Abdah bin
Muusaa Adl-Dlabbiy Abu ‘Abdillah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (w. 245 H).
Dipakai oleh Muslim dalam Shahih-nya (Taqriibut-Tahdziib, hal. 94 no. 74).
(9) Ia adalah
‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad bin ‘Ubaid Ad-Daraawardiy Abu Muhammad Al-Juhhaniy
(w. 186/187 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ada beberapa
komentar ulama tentangnya: Mush’ab bin ‘Abdillah bin Az-Zubair berkata: “Maalik
bin Anas mentsiqahkan Ad-Daraawardiy”. Ahmad berkata: “Ia seorang yang ma’ruuf
sebagai seorang pencari hadits. Apabila ia meriwayatkan dari kitabnya, maka shahih.
Namun bila ia meriwayatkan dari kitab-kitab milik orang lain, ada keraguan. Ia
membaca kitab-kitab mereka, lalu keliru. Kadang ia membalikkan hadits ‘Abdullah
bin ‘Umar, dimana ia meriwayatkannya (menjadi) dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar”.
Yahyaa bin Ma’iin berkata: “Ad-Daraawardiy lebih tsabt daripada Fulaih bin
Sulaimaan, Ibnu Abiz-Zinaad, dan Abu Aus. Ad-Daraawardiy kemudian Ibnu Abi
Haazim”. Di lain riwayat ia berkata: “Tidak mengapa dengannya”. Di lain riwayat
ia berkata: “Tsiqah hujjah”. Abu Zur’ah berkata: “Jelek hapalan. Kadang
meriwayatkan dari hapalannya, ada sesuatu padanya, lalu ia keliru”. Abu Haatim
berkata: “Muhaddits”. An-Nasaa’iy berkata: “Tidak kuat”. Di lain riwayat ia
berkata: “Tidak mengapa dengannya. Adapun haditsnya yang berasal dari
‘Ubaidullah bin ‘Umar adalah munkar”. Ibnu Sa’d berkata: “Tsiqah, banyak
mempunyai hadits, melakukan beberapa kekeliruan” (Lihat: Tahdziibul-Kamaal,
18/187-195 no. 3470). Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat, dan berkata:
“Sering keliru (yukhthi’)”. Al-‘Ijliy berkata: “Tsiqah”. As-Saajiy berkata: “Ia
termasuk orang-orang yang jujur dan amanah, akan tetapi ia mempunyai banyak
keraguan” (lihat: Tahdziibut-Tahdziib, 6/353-355 no. 680).
Al-Bardza’iy pernah
berkata: Aku pernah bertanya lepada Abu Zur’ah: “Fulaih bin Sulaimaan,
‘Abdurrahmaan bin Abiz-Zinaad, Abu Aus, Ad-Daraawardiy, dan Ibnu Abi Haazim,
mana di antara mereka yang lebih engkau senangi?”. Ia menjawab: “Ad-Daraawardiy
dan Ibnu Abi Haazim lebih aku senangi daripada mereka semua” (Suaalaat
Al-Bardza’iy lembar 424-425). Ya’quub bin Sufyaan berkata: “’Abdul-‘Aziiz di
sisi penduduk Madiinah adalah seorang imam yang tsiqah” (Al-Ma’rifatu
wat-Taariikh, 1/349).
Ibnu Hajar berkata:
“Shaduuq, namun ia meriwayatkan dari kitab-kitab orang lain lalu keliru” (Taqriibut-Tahdziib,
hal. 615 no. 4147). Basyar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata: “Tsiqah” (Tahriirut-Taqriib,
2/371 no. 4119). Abu Ishaaq Al-Huwainiy berkata: “Tsiqah” (Natslun-Nabaal
bi-Mu’jamir-Rijaal, hal. 801-802 no. 1852). Al-Albaaniy berkata: “Tsiqah” (Al-Irwaa’,
1/295).
Kesimpulannya: Ia seorang
yang tsiqah yang sedikit mendapat kritikan di jurusan hapalannya. Khusus
riwayatnya dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar mendapat pengingkaran sehingga dilemahkan
sebagian ulama.
(10) Hisyaam bin ‘Ammaar bin Nushair bin
Maisarah bin Abaan As-Sulamiy Abul-Waliid Ad-Dimasyqiy (w. 145 H). Dipakai Al-Bukhaariy
dalam Shahih-nya. Ada banyak komentar ulama mengenainya, diantaranya:
Yahyaa bin Ma’iin berkata:
“Tsiqah”. Di lain riwayat ia berkata: “Pandai/cerdas”. Di lain riwayat ia
berkata: “Hisyaam bin ‘Ammaar lebih aku senangi daripada Ibnu Abi Maalik”.
An-Nasaa’iy berkata: “Tidak mengapa denganya”. Al-‘Ijliy berkata: “Tsiqah”. Di
lain riwayat ia berkata: “Shaduuq”. Ad-Daaruquthniy berkata: “Shaduuq,
kabiirul-mahal”. Abu Haatim berkata: “Hisyaam bin ‘Ammaar ketika beranjak tua
berubah (hapalannya)….. ia seorang yang shaduuq”. Abu Daawud berkata: “Hisyaam
bin ‘Ammaar meriwayatkan sekitar 400 hadits yang tidak ada asalnya dari musnad”
(selengkapnya lihat: Tahdziibut-Kamaal, 30/242-255 no. 6586).
Ia banyak dikritik dari
sisi hapalannya, terutama ketika menjelang tua. Namun ia seorang shaduuq yang
hasan haditsnya. Haditsnya lemah jika bersendirian atau ada penyelisihan dari
selain dirinya. Wallaahu a’lam.
(11) Muslim bin Khaalid
Al-Qurasyiy Al-Makhzumiy; seorang yang dla’iif karena hapalannya yang jelek (w.
179/180 H) (lihat: Tahriirut-Taqriib, 3/371-371 no. 6625)
(12) Al-‘Alaa’ bin
‘Abdirrahmaan bin Ya’quub Al-Huraqiy Abu Syibl Al-Madaniy (w. 130-an H). Ada
beberapa komentar ulama mengenainya, di antaranya:
Ahmad berkata: “Tsiqah,
aku tidak pernah mendengar seorang pun yang menyebutkan tentangnya dengan
kejelekan”. Yahyaa bin Ma’iin berkata: “Laisa bi-dzaaka, orang-orang senantiasa
berhati-hati terhadap haditsnya”. Di lain riwayat ia berkata: “Haditsnya bukan
merupakan hujjah. Ia dan Suhail berdekatan kedudukannya”. Abu Haatim berkata:
“Shaalih, para perawi tsiqaat telah meriwayatkan darinya. Akan tetapi banyak
hal yang diingkari dari hadits-haditsnya. Di sisiku, ia serupa dengan Al-‘Alaa’
bin Al-Musayyib”. An-Nasaa’iy berkata: Tidak mengapa dengannya (laisa bihi
ba’s)”. Ibnu ‘Adiy berkata: “Aku berpendapat tidak mengapa dengannya”. Ibnu
Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat. Ibnu Sa’d berkata: “Tsiqah, mempunyai
banyak hadits, lagi tsabt” (lihat: Tahdziibul-Kamaal, 22/520-524 no. 4577).
Al-Khaliiliy berkata: “Orang Madiinah. Ia diperselisihkan karena ia
bersendirian dengan hadits-hadits yang tidak punya mutaba’ah, yaitu hadits:
‘Apabila tiba pertengahan bulan Sya’ban, maka janganlah kalian berpuasa’”.
At-Tirmidziy berkata: “Ia tsiqah di sisi ahlul-hadiits” (Tahdziibut-Tahdziib,
8/187). Al-‘Ijliy berkata: “Orang Bashrah, tsiqah, dan tinggal di Makkah”.
Ya’quub bin Sufyaan berkata: “Ia dan ayahnya tsiqah” (Al-Jaami’ fil-Jarh
wat-Ta’diil, 2/334 no. 3406). Syu’bah bin Al-Hajjaaj dan Maalik bin Anas
meriwayatkan darinya dimana hal ini sama dengan pentsiqahan menurut mereka
berdua.
Ibnu Hajar berkata:
“Shaduuq, kadang ragu-ragu” (Taqriibut-Tahdziib, hal. 761 no. 5286).
Al-Albaaniy berkata: “Tsiqah, termasuk perawi Muslim” (Irwaul-Ghaliil, 5/292).
Basyar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata: “Tsiqah” (Tahriirut-Taqriib, 3/129-130
no. 5247). Abu Ishaaq Al-Huwainiy berkata: “Tsiqah” (Natslun-Nabaal, hal. 969
no. 2332).
Kesimpulan: Ia seorang
perawi tsiqah.
(13) ‘Abdurrahmaan bin
Ya’quub Al-Huraqiy Al-Juhhaniy Al-Madaniy; seorang yang tsiqah. Dipakai Muslim
dalam Shahih-nya (Taqriibut-Tahdziib, hal. 605 no. 4073).
(14) ‘Amru bin ‘Aliy bin
Bahr bin Kaniiz Abu Hafsh Al-Fallaas; seorang yang tsiqah lagi haafidh (w. 249
H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 741 no. 5116).
(15) ‘Abdurrahmaan bin
Mahdiy bin Hassaan bin ‘Abdirrahmaan Al-‘Anbariy Abu Sa’iid Al-Bashriy; seorang
yang tsiqah, tsabt, lagi haafidh (135-198 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya (idem, hal. 601 no. 4044).
(16) Tsaabit bin Qais
Al-Ghiffaariy Abul-Ghusn Al-Madiniy, seorang yang diperselisihkan para ulama
(w. 168 H).
Ahmad bin Hanbal berkata:
“Tsiqah”. Yahyaa bin Ma’iin berkata: “Tidak mengapa dengannya”. Dalam riwayat
lain ia berkata: “Haditsnya tidak seperti itu (laisa bi-dzaaka), dan ia seorang
yang shaalih”. An-Nasaa’iy berkata: “Tidak mengapa dengannya”. Ibnu Sa’d
berkata: “Seorang syaikh yang sedikit haditsnya” (lihat: Tahdziibul-Kamaal, 4
no. ). Abu Dawud berkata: “Haditsnya tidak seperti itu”. Al-Haakim berkata:
“Tidak haafidh, dan tidak dlaabith”. Ibnu Hibbaan berkata: “Ia seorang yang
sedikit haditsnya, banyak ragunya terhadap apa yang diriwayatkannya, tidak
boleh berhujjah dengan riwayatnya apabila ia tidak diikuti (mempunyai
mutaba’ah) oleh perawi lain”. Namun ia (Ibnu Hibbaan) juga memasukkannya dalam
Ats-Tsiqaat” (lihat: Tahdziibut-Tahdziib, 2/13-14 no. 20). Adz-Dzahabiy berkata:
“Tsiqah” (Al-Kaasyif, 1/282-283 no. 696). Ibnu Hajar berkata: “Shaduuq, sering
ragu” (Taqriibut-Tahdziib, 187 no. 836). Basyaar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth
berkata: “Hasanul-hadiits” (Tahriirut-Taqriib, 1/197 no. 828).
Kesimpulan: Ia seorang
yang shaduuq, hasanul-hadiits”.
(17) Namanya Kaisaan Abu
Sa’iid Al-Maqburiy Al-Madiniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (Tarqiibut-Tahdziib, hal. 814 no. 5712).
Ikuti terus sosial media
Tim Kabel Dakwah:
Youtube: Kabel Dakwah
Twitter: Kabel Dakwah Official
Facebook: Kabel Dakwah Official
Instagram: Kabel Dakwah
Website: Kabeldakwah.com
Kami Juga melayani:
1. Jasa Pembuatan Website
Wordpress / Blogger
2. Iklan Publikasi di Website
Kabeldakwah.com
3. Instal Ulang Windows
4. Penjualan Theme Blogger
5. Instal Ulang Software
Aplikasi
6. Pembuatan Jersey
7. Pemesanan Snack
(Khusus Area Cilacap Kota)
8. Pemesanan Aplikasi
Raport
9. Indexing Website
10. Privat Mengaji
(Online), Dan Lain-Lain.
Hubungi Kami Di Sini
Dukung Kabeldakwah.com dengan menjadi SPONSOR dan
DONATUR.
SARAN / MASUKAN, Konfirmasi SPONSOR & DONASI hubungi:
089673617156
Kirim Sponsor dan Donasi Anda ke Rek Berikut:
BSI 7055429997 a.n. Nurul Azizah
Posting Komentar untuk "Hukum Fiqih Puasa Sya'ban"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.