Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Pilihan Dari kitab Mukhtaar Al Ahadits An Nabawiyyah wal Hikam Al Muhammadiyah (As Sayyid Ahmad al Hasyimi al Mashry)

Berikut ini beberapa hadits-hadits pilihan saya yang diambil dari kitab mukhtaar al ahadits an nabawiyyah wal hikam al muhammadiyah (as sayyid ahmad al hasyimi al mashry):

 

آية المنافق ثلاث: إذا حدث كذب وإذا وعد أخلف وإذا ائتمن خان (الشيخان ن أبي هريرة)

Tanda Tanda orang munafik ada tiga: Tatkala berbucara dia bohong, tatkala janji dia ingkari janjinya, tatkala di berikan kepercayaan dia abaikan (khianat)

Jangan lah bergaul dengan orang-orang yang ada sifat MUNAFIK. Sesungguhnya Bergaul dengan orang orang terindikasi kuat dengan sifat nifak, maka akan membuat diri anda terpengaruh ikut terbawa bawa seperti mereka.

Dalam riwayat yang sohih: Seorang tergantung agama akhlak kawan nya.  

 

اتق الله حيثما كنت وأتبع السيئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن

Takutlah pada Allah dimana saja engkau berada, serta iringilah keburukan dengan berbuat kabaikan, lalu kemudian bergaul dengan manusia dengn akhlak yang baik. (At thbaroni dari Abu dzar)

Dengan ketaqwa'an, maka manusia, hewan ternak semua makhluk yang ada akan merasa damai aman dan tentram. Tetapi kalau ketaqwaan sudah pudar hilang dari diri manusia, maka terjadilah kerusakan malapetaka di muka bumi

 

اتقواالله واعدلوا بين أولادكم

Takutlah kalian pada Allah serta berbuat adillah di antara mereka (Annukman)

Kata Rasulullah pada seorang sahabat beliau "Sebagaimana Engkau suka mendapatkan bakti dari anak anakmu semua, maka kamu harus adil pada mereka semua tanpa membedakan mereka dalam pemberian (nihlah).

 

اتقوا الظلم فإن الظلم ظلمات يوم القيامة، واتقوا الشح فإن الشح أهلك من كان قبلكم وحملهم على أن سفكوا دماءهم واستحلوا محارمهم

Takutlah kalian utk berbuat zholim, sesungguhnya kedholiman ² itu menjadi kegelapan di hari kiamat. Dan takutlah kalian dari sikaf kekikiran yang sangat, maka sesungguhnya itu telah membinasakan orang orang sebelum kalian lalu dengan itu Membuat mereka mereka menumpahkan darah dan menghalalkan keharaman. (Muslim)

Akibat Dari sikaf pelit, kikir alias tama' akan menjadikan orang benci pada diri kita serta membuat manusia bsaling memusuhi.

Kepelitan itu bukan lah sifat orang beriman, sebaliknya orang beriman di sifat kan dengan Kedermawanan saling bantu dan membahu sesama mereka. Dalam riwayat imam muslim Orang beriman bersaudara satu dengan yang lain, mereka tidak saling menzolimi dan tidak saling mendengki dan menjauhi.

 

اجعلوا آخر صلاتكم بالليل وترا

Jadikanlah akhir sholat malam kalian ganjil (Bukhari)

Berusahalah menghidupkan sholat witir di rumah sebelum tidur, sesungguhnya Nabi sangat sering menguatkan dan menegaskan betapa pentingnya sholat witir sebelum tidur, sebagaimana beliau wasiatkan pada Abu Hurairah.

 

اجعلوا من صلاتكم في بيوتكم ولاتجعلوها قبورا

Jadikanlah sebagian sholat kalian di rumah rumah kalian, jangan kalian jadikan rumah kalian (seperti kuburan) (Bukhari)

Maksudnya:

Perbanyaklah Sholat Sholat Sunnah di Rumah rumah, karena sesungguhnya syaithan tidak memasuki rumah yang terhiasi dengan sholat Sunnah, sedangkan sholat wajib hanya di lakukan di masjid berjama'ah. Dan rumah tidaklah sama seperti kuburan, sesungguhnya Kuburan bukan tempat untuk ibadah sholat.

 

أحب للناس ما تحب لنفسك

Cintailah bagi manusia apa yang kamu sukai bagi dirimu. (Bukhari)

Maksud nya:

Lakukanlah hal hal yang di sukai orang, di cintai orang sebagaimana Engkau suka hal itu untuk dirimu. Kalau kita benci sebuah kerugian maka jangan rugikan orang lain, kalau kita suka pada kebaikan berupa hal yang menguntungkan diri kita, sepatutnya hal itu kita lakukan untuk orang lain.

Semoga kita selamat dari sifat-sifat tercela menghancurkan.

Abu Naadir Alby Zen

Baity Jannati Lotim NTB.

Posting Komentar untuk "Hadits Pilihan Dari kitab Mukhtaar Al Ahadits An Nabawiyyah wal Hikam Al Muhammadiyah (As Sayyid Ahmad al Hasyimi al Mashry)"