Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gelang Untuk Menangkal Penyakit atau Untuk Kesehatan

Memakai benda apa saja,

dengan keyakinan bahwa ia adalah subjek atau faktor yang berpengaruh dalam mendatangkan manfaat atau menolak mudharat (bahaya) adalah termasuk melakukan Syirik Besar.

Jika ia percaya bahwa benda itu hanya menyertai datangnya manfaat atau mudharat, maka ia termasuk melakukan Syirik Kecil.

Seorang muslim tidak boleh menggantungkan hatinya kepada selain Allah dalam mendatangkan manfaat atau menolak mudharat.

Seorang mukmin wajib bertawakkal hanya kepada Allah.

Allah berfirman:

“Jika Allah menimpakan suatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurnia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba²Nya dan Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yunus: 107)

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa menggantung tamimah, semoga Allah tidak mengabulkan keinginannya dan barangsiapa menggantung wada’ah (semacam akar/gelang bahar dari laut), semoga Allah tidak menentramkannya.” (HR. Ahmad dalam Al-Musnad no. 16951)

Dalam riwayat lain: “Barangsiapa menggantung tamimah, maka ia telah Syirik.”

(HR. Ahmad dalam Musnad no. 16969)

Imran bin Husain رضي الله عنه menuturkan bahwa:

"Rasulullah melihat seorang laki² memakai gelang yang terbuat dari kuningan, kemudian beliau bertanya: “Untuk apa sih ini ?!". Orang laki² itu menjawab: “Untuk menangkal penyakit lemah badan”,

lalu Nabi bersabda: “Lepaskan gelang itu, karena sesungguhnya ia tidak akan menambah kecuali kelemahan pada dirimu, dan jika kamu mati sedangkan gelang ini masih ada pada tubuhmu, maka kamu tidak akan beruntung selama-lamanya.” (HR Ibnu Majah, no. 3531, kitab Ath-Thibz, dan Ahmad dalam Al-Musnad no. 19495 dihasankan oleh Al-Bushairi dalam Az-Zawa’id, Al Hakim no 7502 di shahihkan oleh al hakim dan disepakati oleh Adz Dzahabi).


Posting Komentar untuk "Gelang Untuk Menangkal Penyakit atau Untuk Kesehatan"