Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diantara Ciri-ciri Orang Munafik Suka Minum Kopi, Benarkah?

Ada Apa dengan Kopi, Kenapa "Dipersekusi"?

Terulang kembali sebagaimana kritik yang sempat saya lontarkan lebih dari sekali, yaitu tentang flyer dakwah yang isinya ngawur. Ini semakin menegaskan bahwa pembuatan flyer dan poster dakwah itu memang perlu diampu oleh pihak yang memang kompeten.

Kali ini masalahnya tentang "qahwah" yang pada flyer terlampir diterjemahkan dengan "kopi". Berikut kalimat isi poster:

Diantara Orang Munafik Suka Minum Kopi, Ka’bul Ahbar mengatakan: ’Demi Allah, sesungguhnya aku benar-benar menjumpai sifat orang-orang munafik didalam kitabullah, bahwa mereka adalah orang-orang yang suka minum kopi, suka meninggalkan salat lima waktu, suka main dadu, suka tidur meninggalkan salat isya, suka menyia-nyiakan salat subuh, dan suka meninggalkan salat berjamaah’.”

Padahal kalau kita merujuk pada kamus kebahasaan, seperti Lisan al-'Arab, atau bahkan yang minimalis seperti al-Mu'jam al-Wasith, maka akan dengan sangat mudah ditemukan bahwa yang dimaksud dengan qahwah tersebut adalah khamr.

Qahwah digunakan sebagai pandanan kata dari khamr dalam penuturan dan literatur klasik.

Kenapa khamr disebut qahwah? Ibn Manzhur dalam magnum opus-nya, Lisan al-'Arab, menjelaskan:

لسان العرب [ جزء 15 - صفحة 206 ]

والقَهْوة الخمر سميت بذلك لأنها تُقْهِي شاربها عن الطعام أَي تذهب بشهوته وفي التهذيب أَي تُشبِعه

"Qahwah adalah khamr. Disebut demikian karena ia menghilangkan selera makan bagi peminumnya."

Intinya, kalau Anda menemukan informasi yang "to good to be true", maka segeralah lakukan pendalaman informasi. Sebab bisa jadi ternyata informasinya tidak benar atau justru Anda yang gagal paham.

Jangan sampai pemicunya adalah Anda merasa lebih tahu, lebih superior dibandingkan orang lain, apalagi di antara mereka ada ulama.

Kalau Anda lebih semangat menyebarkan informasi (sepihak) ketimbang melakukan pendalaman informasi, maka itu berbahaya. Sebab alih-alih memberikan pencerahan, bisa jadi malah hoax dan informasi ngawur yang justru Anda sebarkan.

Akhirul kalam, saya bukan penggemar kopi, tapi saya juga tak rela kopi "dipersekusi". Saya menerima ajakan untuk ngopi, meskipun yang nantinya saya pesan adalah yang non-coffee.

Yuks ngopi...

4K - Adni Kurniawan

04/10/2022


Posting Komentar untuk "Diantara Ciri-ciri Orang Munafik Suka Minum Kopi, Benarkah?"