Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masuk Neraka karena Sesaji Lalat - Hati Hati !!!

  

Islam tidak anti tradisi, namun islam mengatur bagaimana harusnya manusia menjalankan tradisi, Maka selama tradisi itu tidak bertentangan dengan syari'at islam boleh-boleh saja, namun jika tradisi itu bertentangan dengan ajaran Islam, maka kita harus meninggalkannya.

Tradisi menyediakan SESAJI kepada GUNUNG, SAWAH, POHON BESAR, TEMPAT-TEMPAT KERAMAT, KUBURAN dan RITUAL MELARUNG KAN KEPALA KERBAU KELAUT, MAKA WAJIB BAGI SEORANG MUSLIM MENGINGKARI dan MENINGGALKANNYA, sebab tradisi seperti ini bertentangan dengan ajaran islam, dan dapat menjerumuskan pelakunya kepada perbuatan syirik.

Syirik adalah merupakan perbuatan dosa paling besar, kezaliman yang paling zalim, jika pelakunya tidak bertaubat, dosanya tidak akan diampuni Allah Ta'ala, diharamkan masuk surga serta seluruh amal yang pernah dilakukannya selama di dunia akan hangus dan sia-sia.

Dan berikut ada sebuah kisah dari Hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang patut kita jadikan renungan dan pelajaran, tentang dua orang orang yang masuk neraka karena lalat dan masuk surga juga karena lalat.

عن طارق بن شهاب، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (دخل الجنة رجل في ذباب، ودخل النار رجل في ذباب) قالوا: وكيف ذلك يا رسول الله؟! قال: (مر رجلان على قوم لهم صنم لا يجوزه أحد حتى يقرب له شيئاً، فقالوا لأحدهما قرب قال: ليس عندي شيء أقرب قالوا له: قرب ولو ذباباً، فقرب ذباباً، فخلوا سبيله، فدخل النار، وقالوا للآخر: قرب، فقال: ما كنت لأقرب لأحد شيئاً دون الله عز وجل، فضربوا عنقه فدخل الجنة)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ada seseorang yang masuk surga karena seekor lalat dan ada yang masuk neraka karena seekor lalat pula.

Para sahabat bertanya: Bagaimana itu bisa terjadi ya Rasulullah?

Rasul menjawab: Ada dua orang berjalan melewati sebuah kaum yang memiliki berhala, yang mana tidak boleh seorangpun melewatinya kecuali dengan mempersembahkan sesuatu untuknya terlebih dahulu, maka mereka berkata kepada salah satu di antara kedua orang tadi: "Persembahkanlah sesuatu untuknya!

Ia menjawab: Saya tidak mempunyai apapun yang akan saya persembahkan.

Mereka berkata lagi: Persembahkan untuknya walaupun seekor lalat!

Maka iapun mempersembahkan untuknya seekor lalat, maka mereka membiarkan ia untuk meneruskan perjalanannya, dan iapun masuk ke dalam neraka.

Kemudian mereka berkata lagi kepada seseorang yang lain: Persembahkalah untuknya sesuatu!

Ia menjawab: "Aku tidak akan mempersembahkan sesuatu apapun untuk selain Allah, maka merekapun memenggal lehernya, dan iapun masuk ke dalam surga".

(Dikeluarkan oleh Ahmad dalam Az Zuhud hal. 15, dari Thoriq bin Syihab dari Salman Al Farisi radhiyallahu ‘anhu. Hadits tersebut dikeluarkan pula oleh Abu Nu’aim dalam Al Hilyah 1: 203, Ibnu Abi Syaibah dalam mushonnafnya 6: 477, 33028. Hadits ini mauquf shahih, hanya sampai sahabat. Lihat tahqiq Syaikh ‘Abdul Qodir Al Arnauth terhadap Kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab hal. 49, terbitan Darus Salam. Al Hafizh mengatakan bahwa jika Thoriq bertemu Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, maka ia adalah sahabat. Kalau tidak terbukti ia mendengar dari Nabi, maka riwayatnya adalah mursal shohabiy dan seperti itu maqbul atau diterima menurut pendapat yang rojih (terkuat). Ibnu Hibban menegaskan bahwa Thoriq wafat tahun 38 H. Lihat Fathul Majid, hal. 161, terbitan Darul Ifta’)

Hadits di atas menunjukkan bahaya syirik walau pada sesuatu yang dinilai kecil atau remeh. Jika SESAJI dengan lalat saja bisa menyebabkan masuk neraka, bagaimana lagi dengan SESAJI dengan Ayam, kambing, Kerbau dan Sapi.

Hadits tersebut menjadi pelajaran bahwa sesaji yang biasa dilakukan oleh sebagian orang di negeri kita adalah suatu kesyirikan, dan dosa Syirik itu sendiri bisa menyebabkan pelakunya masuk neraka. Na'udzubillahimindzalik

Semoga yang sedikit ini mudah dipahami dan bermanfa'at untuk kita semua. Dan hanya kepada Allah Ta'ala kita mohon taufik dan hidayah-Nya.

Barakallahu fiikum

Sumber: FB Toifah Al Manshuroh

KabeL DakwaH
KabeL DakwaH Owner Gudang Software Al-Amanah

Posting Komentar untuk "Masuk Neraka karena Sesaji Lalat - Hati Hati !!!"