Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adil Itu Hanya Nyata Bila Dibangun Di Atas Iman Dan Taqwa

Menunggu keadilan dari orang yang tidak beriman dan bertaqwa apalagi denhan anggapan bahwa mereka akan suka rela memberikannya kepada anda, bagaikan menanti tumbuhnya jamur di musim kemarau.

Kawan! Tegakkan kepala anda dengan iman dan taqwa, sehingga tidak pernah menunduk di hadapan selain Allah, nscaya saat itu anda dapat mewujudkan mimpi menegakkan keadilan kepada semua orang, yang beriman kepada Allah, maupun yang tidak beriman.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ ۚ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَىٰ بِهِمَا ۖ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوَىٰ أَنْ تَعْدِلُوا ۚ وَإِنْ تَلْوُوا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا

Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan karib kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan. (An Nisa’ 135)

Bagi ummat Islam keadilan adalah tuntutan iman bukan kepentingan politik atau organisasi atau perdagangan.

Janji gombal para pemuja kepentingan pribadi atau golongan atau suku, terbukti selalu diingkari.

Darah dan harta Saudara kita di india, palestina, cina dan bahkan di negri eropa atau amerika yang dianggap sebagai kiblat kebebasan dan keadilan, terus berkisah dengan fasih tentang kepalsuan janji janji mereka.

Yahudi Khaibar menjalin kerjasama “penggarapan lahan pertanian” dengan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Mereka yang mengelola, dan hasilnya dibagi dua bersama pemilik kebun, yaitu Nabi   shallallahu alaihi wa sallam dan kaum musimin.

Menjelang musim panen tiba,. Rasul shallallahu alaihi wa sallam mengirim sahabat  Abdullah bin Rawahah Radhiallahu anhu untuk menaksir bagi hasil yang akan didapat.

Setiba di Khaibar, kaum Yahudi bermaksud MENYUAP Abdullah bin Rawahah, agar dia memberikan prosentase ke Yahudi lebih banyak. Tentu saja Sahabat yang mulia itu menolak keras, lalu ia berkata kepada mereka:

والله إنكم لمن أبغض خلق الله إليَّ، وما ذاك بحاملي على أن أحيف عليكم، فأمَّا ما عرضتم من الرشوة فإنها سحت، وإنَّا لا نأكلها.

Sungguh demi Allah kalian adalah makhluq makhluq Allah yang paling aku benci, namun demikian kebencianku kepada kalian tidak menjadikanku berbuat curang kepada kalian.

Adapun tawaran suap yang kalian sampaikan, maka itu haram dan kita tidak sudi menerimanya. (Imam Malik dll)

Jadi, yuk satukan barisan satukan iman dan amalan, agar kepala kita tetap tegak kecuali di hadapan Allah semata, sehingga kita mampu menegakkankan keadilan bagi semua ummat manusia bukan mengemis keadilan kepada orang lain.

Allahu Akbar.

Oleh: Ust. Dr. Muh. Arifin Badri

 

KabeL DakwaH
KabeL DakwaH Owner Gudang Software Al-Amanah

Posting Komentar untuk "Adil Itu Hanya Nyata Bila Dibangun Di Atas Iman Dan Taqwa"