Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silsilah Qawaid Nabawiyah Kaidah ke-6 Sedekah Tak Mengurangi Hartamu (50 Kaidah Islam Yang Bersumber Dari Al-Hadits Berkaitan Tentang Ilmu, Akhlaq Dan Adab)

Sedekah Tak Mengurangi Hartamu

 

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

"Sedekah itu tidak akan mengurangi harta." (HR. Muslim: 4689)

 

Faedah dan Kesimpulan:

1. Diantara manfaat sedekah ialah mengembangkan harta dan menjadikannya berkah, menolak bala' dan pelakunya akan mendapatkan pahala.

2. Telah terbukti berdasarkan pengalaman dan pengamatan (banyak orang) bahwa sedekah mencegah dan mengangkat berbagai macam bala'.

3. Sedekah adalah istilah yang mencakup semua jenis pemberian yang telah diberikan Allah kepada manusia baik berupa harta, ilmu, kedudukan, atau apapun yang bermanfaat untuk kebaikan.

Artinya semua anugerah yang Allah berikan kepada kita bisa bernilai sedekah apabila anugerah tersebut memiliki kebermanfaatan.

Misal harta yang diinfakkan di jalan Allah, Ilmu agama yang diajarkan, atau kedudukan yang dengannya ditegakkan amar makruf nahi mungkar dll.

 

(Ringkasan dari Kitab Silsilah Qawaid Nabawiyah, Prof. DR. Umar bin Abdullah Al Muqbil Hafidzohullah)

 

Ahfadl Saefuddin, S.Pd.I

Cilacap, 06 September 2021

Posting Komentar untuk "Silsilah Qawaid Nabawiyah Kaidah ke-6 Sedekah Tak Mengurangi Hartamu (50 Kaidah Islam Yang Bersumber Dari Al-Hadits Berkaitan Tentang Ilmu, Akhlaq Dan Adab)"