Sisi Lain Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah
Banyak orang tidak mengetahui sisi amaliyyah
dari kehidupan beliau. Banyak orang hanya mengenal beliau sebagai Ulama',
penulis, dan ahli fatwa melalui karya beliau yang tersebar. Padahal beliau
memiliki sikap-sikap yang diakui dalam berbagai bidang yang lain, yang beliau
ikut berperan serta dalam menolong dan memuliakan kaum muslimin. Di antaranya:
Beliau berjihad dengan pedang dan menyemangati
kaum muslimin untuk berperang, baik dengan perkata'an dan perbuatan beliau.
Beliau berputar-putar dengan pedangnya di medan pertempuran dengan menunggang
kuda dengan sangat lihai dan berani. Orang-orang yang menyaksikan beliau dalam
peperangan penaklukkan kota 'Ukaa, terkagum-kagum dengan keberaniannya dan
serangannya terhadap musuh.
Adapun jihad beliau dengan pena dan lisan.
Maka beliau rahimahullah telah berdiri di depan musuh-musuh Islam dari penganut
berbagai agama, aliran, isme yang bathil, dan ahlul bid'ah bagaikan gunung yang
kokoh. Kadang dengan perdebatan langsung, terkadang pula melalui tulisan.
Beliau menghancurkan syubhat-syubhat (racun pemikiran) mereka dan mengembalikan
tipu daya mereka --bilhamdillah--. Beliau menghadapi ahli filsafat, bathiniyyah
baik dari golongan Sufiyyah, isma'iliyyah, nashiriyyah, dan selain mereka.
Sebagaimana beliau juga menghadapi Rofidhoh dan golongan yang sesat (atheis).
Beliau hancurkan syubhat-syubhat ahlul bid'ah yang diadakan di sekeliling
masyahid (kuburan yang ramai untuk diziarahi), kuburan secara umum, dan
semacamnya. Sebagaimana beliau menghadapi Jahm'iyyah, mu'tazilah, dan beliau
membantah ahlul kalam dan Asya'irah.
Orang yang melihat sisi ini dari kehidupan
beliau hampir-hampir menegaskan tidak ada lagi yang waktu yang sia-sia yang
tersisa dalam kehidupan beliau. Beliau diperangi, diusir, disakiti, dan
dipenjara berkali-kali di jalan Allah; Ta'ala. Bahkan tatkala menghadapi ajal,
beliau berada di penjara Al Qol'ah, di Damaskus.
Tak ada henti-hentinya --bilhamdillah--
bantahan beliau selalu menjadi senjata yang ampuh untuk menghadapi musuh
kebenaran dan orang yang menyimpang. Karena bantahan beliau ini selalu
disandarkan pada Kitabullah dan Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
serta petunjuk salafush sholih, dengan kuatnya istinbath (penyimpulan hukum),
pendalilan yang sangat bagus, alasan (argumen) secara syar'i dan akal, dan
luasnya ilmu beliau yang telah Allah karuniai.
Banyak dari paham yang merusak yang laris
manis pada hari ini di tengah-tengah kaum muslimin merupakan perpanjangan
tangan dari firqoh-firqoh dan isme-isme (pemahaman-pemahaman) yang beliau
hadapi dan semisalnya pula dihadapi oleh pendahulu kita yang sholih. Oleh
karena itu, semestinya para da'i yang ingin memperbaiki umat jangan sampai
lalai dari sisi ini. Seharusnya mereka mengambil faedah dari bantahan-bantahan
yang terlebih dahulu dibuat oleh para pendahulu mereka yang sholih.
Tidaklah aku (Syaikh Nashir Al Aql, pen)
berlebih-lebihan dengan yang akan aku katakan. Bahwasanya tak henti-hentinya
kitab-kitab dan bantahan-bantahan beliau adalah senjata yang paling kuat untuk
menghadapi firqoh-firqoh sesat dan isme-isme yang merusak ini, yang laris manis
yang mulai muncul lagi pada hari ini. Firqoh dan isme ini merupakan
perpanjangan dari masa lalu. Akan tetapi di antara firqoh-firqoh itu ada yang
berbaju dengan baju modern dan hanya merubah nama mereka saja. Misalnya
Ba’tsiyyah (sebuah aliran sosialis/sekuler, pen), Isytiroqiyyah (sosialisme),
nasionalisme, Qodaniyyah (Ahmadiyyah), Baha'iyyah (aliran sesat di India) dan firqoh-firqoh
yang lain. Dan ada pula yang masih tetap dengan slogannya yang dulu seperti Syiah,
Nashiriyyah, Isma'iliyyah, Khowarij dan lain-lain.
Nasab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
Beliau adalah Syaikhul Islam Al Imam Ahmad bin
Abdul Halim bin Abdus Salam bin Abdullah bin Muhammad bin Al Khodr bin Muhammad
bin Al Khodr bin Ali bin Abdullah bin Taimiyyah Al Haroni Ad Dimasqi. Nama
Kunyah beliau adalah Abul ‘Abbas.
Kelahiran dan Pertumbuhan Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah
Beliau lahir pada tanggal 12 Rabi'ul Awwal 661
Hijriyyah di Haron. Ketika berumur 7 tahun, beliau berpindah ke Damaskus
bersama ayahnya dalam rangka melarikan diri dari pasukan Tartar yang memerangi
kaum muslimin. Beliau tumbuh di keluarga yang penuh ilmu, fiqih, dan agama.
Buktinya adalah banyak dari ayah, kakek, saudara, dan banyak dari paman beliau
adalah ulama yang terkenal. Di antaranya adalah kakek beliau yang jauh (kakek
nomor 4), yaitu Muhammad bin Al Khodr, juga Abdul Halim bin Muhammad bin
Taimiyyah dan Abdul Ghoni bin Muhammad bin Taimiyyah. Juga kakek beliau yang
pertama, yaitu Abdus Salam bin Abdullah bin Taimiyyah Majdud Diin --nama
kunyahnya adalah Abul Barokaat--, memiliki beberapa tulisan di antaranya: Al
Muntaqo min Al Ahadits Al Ahkam (kitab ini disyarh oleh Imam Syaukani dengan
judul Nailul Author, pen), Al Muharror dalam bidang fiqih, Al Muswaddah dalam
bidang ushul fiqih, dan lainnya. Begitu juga dengan ayah beliau, Abdul Halim
bin Abdus Salam Al Haroni dan saudaranya, Abdurrahman dan lain-lain.
Di lingkungan ilmiah dan sholihah ini, beliau
tumbuh. Beliau memulai menuntut ilmu pertama kali pada ayahnya dan juga pada
ulama-ulama Damaskus. Beliau telah menghafalkan Al Qur'an sejak kecil. Beliau
juga telah mempelajari hadits, fiqih, ilmu ushul, dan tafsir. Beliau dikenal
sebagai orang yang cerdas, memiliki hafalan yang kuat dan memiliki kecerdasan
sejak kecil. Kemudian beliau intensif mempelajari ilmu dan mendalaminya.
Sehinggga terkumpul dalam diri beliau syarat-syarat mujtahid ketika masa
mudanya. Maka tidak lama kemudian beliau menjadi seorang imam yang diakui oleh
Ulama'-Ulama' besar dengan ilmu, kelebihan, dan keimamannya dalam agama,
sebelum beliau berusia 30 tahun.
Karya Ilmiah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
Dalam bidang penulisan buku dan karya ilmiah,
beliau telah meninggalkan bagi umat Islam warisan yang besar dan bernilai.
Tidak henti-hentinya para Ulama' dan para peneliti mengambil manfa'at dari
tulisan beliau. Sampai sekarang ini telah terkumpul berjilid-jilid buku,
risalah (buku kecil), fatawa dan berbagai masa'il (pembahasan suatu masalah)
dari beliau dan ini yang sudah dicetak. Sedangkan yang tersisa dari karya
beliau yang masih belum diketahui atau tersimpan dalam bentuk manuskrip masih
banyak sekali.
Beliau tidaklah membiarkan satu bidang ilmu
dan pengetahuan yang bermanfa'at bagi umat dan mengabdi pada umat, kecuali
beliau menulisnya dan berperan serta di dalamnya dengan penuh kesungguhan dan
ketelitian. Hal seperti ini jarang sekali ditemui kecuali pada orang-orang yang
jenius dan orang yang jenius adalah orang yang sangat langka dalam sejarah.
Teman dekat, guru, murid beliau bahkan musuh
beliau, telah mengakui keluasan penelaahan dan ilmu beliau. Buktinya jika
beliau berbicara tentang suatu ilmu atau cabang ilmu, maka orang yang mendengar
menyangka bahwa beliau tidak mumpuni pada ilmu lain. Hal ini dikarenakan
ketelitian dan pendalaman beliau terhadap ilmu tersebut. Jika seseorang
meneliti tulisan dan karya beliau dan mengetahui amal beliau berupa jihad
dengan menggunakan tangan dan lisan, dan pembelaan terhadap Islam serta
mengetahui tentang ibadah dan dzikir beliau, maka sungguh dia akan sangat
terkagu-kagum dengan keberkahan waktu dan kuatnya kesabaran beliau. Maha Suci
Allah yang telah mengkarunia beliau berbagai karunia tersebut.
Syekhul Islam Ibnu Taimiyah menghabiskan
hidupnya dengan menulis kitab-kitab Aqidah dan Manhaj, membantah dan menyingkap
kesesatan firqah-firqah sesat, beliau menulis kitab Bayan Talbis Jahmiyyah dan
Dar'ut Ta'arudh Baina Al-'Aql Wan-Naql untuk membantah Jahm'iyyah, Mu'tazilah
dan Asy'ariyyah.
Beliau menulis Kitab Radd 'Alal Bakri dan
Al-Qa'idah Al-Jalilah Fit Tawassul Wal Wasilah untuk membantah Quburiyyun yang
bertawasul ke kuburan-kuburan Wali. Beliau menulis Kitab Minhajus Sunnah
Nabawiyah untuk membantah Zyi'ah Rafidhah.
Beliau menulis Kitab Al-Jawabush Shahih Li Man
Baddala Diinal Masih untuk membantah Nasrani. Beliau menulis Kitab Iqtidha'
Shirathal Mustaqim dan Al-Furqan Baina Awliya Rahman Wa Awliya Syaithan untuk
membantah sebagian penganut thariqah-thariqah Shufiyyah yang ekstrem, dan
Banyak kitab-kitab lain yang beliau tulis.
Ibnu Taimiyah menyingkap dan membongkar
kesesatan-kesesatan firqah-firqah sesat namun tidaklah tahdziran tegas dan
nasihat yang keluar dari lisan dan tulisan beliau melainkan itu merupakan
perwujudan dari kasih, sayang, dan cinta beliau yang sangat besar dan mendalam
kepada orang-orang beriman.
Tidak ada kedengkian ataupun kebencian beliau
terhadap ahlul bid'ah yang memusuhi beliau. Al-'Allamah Ibnul-Qayyim
Al-Jauziyyah rahimahullah berkata:
وكان بعض أصحابه
الأكابر يقول: وددت أني لأصحابي مثله لأعدائه وخصومه. وما رأيته يدعو على أحد منهم
قط وكان يدعو لهم.
وجئت يوما مبشرا
له بموت أكبر أعدائه وأشدهم عداوة وأذى له فنهرني وتنكر لي واسترجع ثم قام من فوره
إلى بيت أهله
فعزاهم وقال:
إني لكم مكانه ولا يكون لكم أمر تحتاجون فيه إلى مساعدة إلا وساعدتكم فيه ونحو هذا
من الكلام فسروا به ودعوا له وعظموا هذه الحال منه
"Beberapa sahabat senior beliau (Ibnu
Taimiyah) kerap berucap, "Aku berharap bisa bersikap kepada para sahabatku
sebagaimana Ibnu Taimiyah bersikap dengan musuh-musuhnya". Saya sama
sekali tidak pernah melihat beliau mendoakan musuh agar tertimpa keburukan,
bahkan beliau sering mendoakan agar mereka mendapatkan kebaikan".
"Suatu hari, aku menemui beliau untuk
menyampaikan kabar gembira berupa meninggalnya musuh terbesar beliau, sekaligus
orang yang paling memusuhi dan paling suka menyakiti beliau. Mendengar berita
yang kusampaikan, beliau membentakku, menyalahkan sikapku, dan mengucapkan
istirja' (inna lillahi wa inna ilahi raji’un). Kemudian beliau bergegas pergi
menuju rumah orang tersebut".
Beliau lantas menghibur keluarga yang
ditinggal mati. Bahkan beliau mengatakan, ‘Aku adalah pengganti beliau untuk
kalian. Jika kalian memerlukan suatu bantuan, pasti aku akan membantu kalian’;
dan ucapan semisal itu. Akhirnya mereka pun bergembira, mendoakan kebaikan
untuk Ibnu Taimiyah, dan sangat kagum dengan sikap Ibnu Taimiyah tersebut.” (Lihat
Madaarijus-Salikin, jilid 2, halaman 345)
Lihat manusia ini, sulit sekali dibayangkan
ada sosok manusia yang seperti itu, saking baiknya sikapnya bahkan kepada
musuh-musuhnya sendiri, sampai-sampai orang berangan-angan: "Aku berharap
bisa bersikap baik kepada sahabatku, seperti sikap baik Ibnu Taimiyah kepada
musuhnya" Laa Hawla Wa La Quwwata Illah Billah.
Inilah manhaj Islam yang sesungguhnya, yang
harusnya terpatri dari semua masing-masing dari diri kita, bahwa ketegasan kita
membela akidah dan manhaj berhadapan dengan akidah dan manhaj dari pihak-pihak
lain yang menyelisihi dan menentang.
Semoga bermanfa'at…
Sumber: FB Toifah Al Manshuroh
Posting Komentar untuk "Sisi Lain Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.