Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pujian Para Ulama Bagi Ibnu Taimiyah

 



1. Berkata Muhamad Bin Abdul Baarri As Subki, “Tidaklah membenci memusuhi Ibnu Taimiyah kecuali orang bodoh tidak kenal, atau dadengkot hawa nafsu mubtadi'. (Arraddu Al Waafir Abnu Naashiruddin Hal 24)

2. Berkata Abu Al Hajjaj Al Mizzi, “Tidak pernah aku dapati seperti kehebatan ibnu taimiyah dan Ibnu Taimiyah pun tidak pernah meliat orang semisal sehebat dirinya. Dan tidak pernah aku lihat seorang yang lebih alim kitabullah dan sunnah dan lebih taat pada kedua duanya melebihi diri ibnu taimiyah. (Arraddu Alwaafir Ibnu Naashiruddin Hal 24)

3. Berkata Alqodhi Ibnu Daqiiqil Id, “Aku berkumpul dengan imam ibnu taimiyah belaiu adalah seorang sosok yang mana seluruh deseplin ilmu tersajikan atau berada di depan matanya, dia ambil dan menolak nya sekehendaknya. Krean menguasai segala bidang ilmu. (Taarikh Ibnu Alwardi Jilid 2, Hal 278)

4. Berkata Ibnu Rajab Al Hambali, “Adalah para ulama, orang orang besar, para tentara (pasukan), pemerintah, pembisnis kala itu serta orang banyak sangat menyukai imam Ibnu Taimiyah, di karenakan kemanfaatan yang beliau suguhkan pada mereka siang dan malam berupa ilmu, ceramahnya. (Syazaraat Adzzahabi Oleh Ibnu Al Ammad Al Habali Jil 8 Hal 147)

5. Berkata Imam Adzzahabi, “Guru kami ibnu taimiyah adalah sosok yang langka, lautan ilmu yang menghafal al-qur'an dan ilmu fikih, memilikin daya saing yang tinggi kuat hafalannya, menguasai bidang ilmu tafsir, berfatwa saat usia 20 tahun. Lanjut kata Imam Adzzahabi “Kemungkinan tulisan beliau saat ini dalam bentuk buku asli catatan beliau mencapai 4000 bahkan lebih. (As Syahadah Adzakiyyah Mar'i Yusuf Al Karmy,Hal 41)

6. Berkata Kamaludin Az Zamlakaani “Adalah Ibnu Taimiyah apabila di tanya suatu masalah, maka penanya akan beranggapan kalau Ibnu Taimiyah menjadi pakar ilmu yang di tanyakan. Kerena penguasaan beliau tentang setiap masalah ilmiyah. Dan adalah para fuqaha' dari setiap kelompok madzhab mengambil faidah ilmu dari ibnu taimiyah dalam bab bab masing madzhab mereka dan beliau sangat menguasai setiap madzhab dari ulama ulama semua pemeluk madzhab yang ada (Taarikh Al Wardi Jil 2z Hal 277)

Baca Juga: Kecerdasan Imam Ibnu Taimiyah

Berkata Muhamad Bin Hadi/muridnya, “Imam kami Ibnu Taimiyah menghabisi usianya dalam penjara saat itu sedang membaca al-qur'an ayat.

اقتربت الساعة...إن المتقين في جنات ونهر (القمر 54)

Berkata Umar Bin Ali Al Bazzar, “Guru kami Ibnu Taimiyah telah menghabiskan seluruh usia masa hidupnya dalam ibadah, berkarya tulis, berdakwah, berfatwa, berjihad.

Termasuk merupakan kebiasaan beliau secara khusus yaitu beliau pendiam tidak banyak berbicara dengan manusia selain hal-hal yang bermanfaat atau sangat penting.

Wallahu A’lam..

 

Penulis: Abu Naadir Alby Zen

Al - Maziyyah Manaarul Ilmi Wadada'wah 21 Nov 2021. Kediaman Kesik Masbagik Lotim Ntb

Editor: Ahmadi As-Sambasy

Cilacap – Jawa Tengah

Posting Komentar untuk "Pujian Para Ulama Bagi Ibnu Taimiyah"