Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecerdasan Imam Ibnu Taimiyah

 


Beliau adalah Taqiyuddin Abu Al Abbas Ahmad Bin Abdul Halim Annumairy Al Harraani Ibnu Taimiyah Rahimahullah.

Beliau lahir pada tahun 1263 M / 661 H, di sebuah kampung Harraan, Syria. Beliau mulai belajar sejak usia dini dan menghafal al-qur'an pada umur 9 tahun, memberikan fatwa pada usia 17 tahun.

Beliau mengambil hadits lebih dari 200 murobbi ulama di zamannya. Di antara guru-guru beliau adalah: asshaerafi, ibnu asaakir, ibnu an nuhas, dll.

Adapun kitab kitab induk yang besar yang beliau kuasai dan hafal adalah seperti sunan an nasaa'i, abu daud, ibnu majah, addaa raquthni. Beliau pelajari berkali kali langsung kepada gurunya. Dan kitab yang pertama kali beliau hafal dalam bidang hadits adalah kitab "Al Jam'u Baena As Shohihain" karya imam Alhumaidi.

Imam Ibnu Taimiyah memiliki daya ingat yang kuat dan daya tangkap yang sangat hebat sekali.

Berkata Imam Jamaluddin As Sar Mary, “Suatu yang sangat mengherankan bahwa di zaman kita ini ada sosok yang hebat hafalan dan keilmuannya, beliau bernama Abu Al Abbas Ahmad Bin Abdul Halim Ibnu Taimiyah,beliau memiliki kemampuan yang kuat menghafal satu kitab lalu kemudian beliau transfer dalam bentuk karya tulis dengan lafadz dan maknanya di luar kepala.

Berkata Umar Bin Ali Al Bazzar murid beliau “Allah telah memberikan keutamaan khusus pada Ibnu Taimiyah berupa kekuatan dan daya hafalan yang sangat tinggi dan cepat. Di samping hafalannya yang kuat beliau sangat sulit lupa apa yang telah di hafalanya. (Al A'lam Al Aliyyah Fi Manaaqib Ibnu Taimiyah Lill Bazzar Hal 16)

Pernah datang seorang alim dari Dimasyqi mencari seorang anak kecil yang hebat hafalanya yaitu Ibnu Taimiyah. Orang itu berkata wahai seorang penjahit, “Saya ini sengaja datang menemui anak kecil itu. Kata tukang jahit, “tunggu saja di sini, entar juga ia lewat” Tak lama kemudian lewatlah anak kecil tersebut sambil membawa papan tulis, beliau adalah Ibnu Taimiyah. Maka saat itu langsung di panggil dan di uji 10 hadits, 13 hadits. Setiap kali di tanya dengan beberapa hadist, maka sejumlah puluhan hadits beliau jawab sebutkan secara urut dan sempurna tanpa harus membiarkan tulisan hadits di papan tulis. Semua hadits yang telah di hapus beliau hafal ulang dengan baik dan sempurna. Lalu di uji hafalanya terkait sanad-sanad hadits yang ia hafal dan semuanya beliau sebutkan namanya satu persatu. Lalu si penguji tua itu berkata:

إن عاش هذا الصبي ليكونن له شأن عظيم

“Jika anak kecil ini tumbuh besar, maka ia akan menjadi orang besar/orang hebat. Dan tidak di dapati orang semisalnya.” (Al Uqud Ad Durriyah Oleh Murid Beliau Ibnu Abdil Hadi, Hal 20)

Di antara murid murid imam Ibnu Taimiyah:

1. Muhammad Bin Ahmad Bin Abdul Hadi

2. Ibnu Alqayyim Al Jauziyyah

3. Muhammad Bin Ahmad Bin Utsman Ad Dzahabi.

4. Muhamad Bin Muflih Al Hambali

5. Ibnu Katsir

6. Umar Bin Ali Al Bazzar

7. Muhammad Bin Syakir

8. Ahmad Bine Hasan Bin Qudaamah

9. Sulaiman As Shor Shary

10. Muhammad Bin Sayyidinnas

11. Umar Bin Muzhaffar Bin Al Wirdi

12. Yusuf Bin Abdurrahman Al Qadho'i

13. Shalahuddin As Shofadi

14. Alqasim Bin Muhamad Al Burzaali

15. Muhammad Bin Al Munja At Tanuukhi, Dan lain-lain.

Karya tulis beliau mencapai 591 kitab, oleh sebagian ulama sebagaimana nukilan imam Adzzahabi bahwa fatwa beliau saja dalam berbagai masalah mencapai 300 jilid atau lebih, semua itu di tulis oleh beliau dari hafalannya.

Baca Juga: Pujian Para Ulama Bagi Ibnu Taimiyah

Berkata murid beliau Ibnu Abdil Hadi, “Guru kami menulis beberapa karya tulisanya dalam waktu yang relatif singkat”.

1. Kitab Al Humawiyyah dalam waktu dari zhuhur hingga sholat asar. Kitab Alhumawiyyah merupakan kitab beliau yang sangat tersohor di kalangan para penuntut ilmu. Penulisan kitab Alhumawiyyah dalam rangka membantah orang orang yang menyatakan bahwa al-qur'an berisikan dua macam ilmu "bathin dan zhohir".

2. Kitab Al Ikhna' Iyah di tulis dalam rangka menjelaskan tata cara ziarah kubur yang syar'i yang di awali dengan bahasan adab berziarah ke kubur Nabi yang mulia. Di dalam Kitab Ikhnaiyyah di jelaskan halal haram dan adab yang di sunnahkan saat berziarah lengkap dengan dalil dalinya.

3. Kitab As Shifadiyyah yang sangat ternamen.berkata ibnu abdil hadi dalam tulisan kitab beliau "Al Quud Ad Durriyah" kitab As Shifadiyyah di tulis untuk membantah kaum filsafat terkait keyakinan kaum filsafat yang mengatakan bahwa alam ini merupakan makhluk Qadim. Kitab ini diberi nama dengan nama asal penanya yang saat itu datang dari daerah Shofad wilayah Palestina.

Wallahu A’lam..

 

Penulis: Abu Naadir Alby Zen

Al - Maziyyah Manaarul Ilmi Wadada'wah 21 Nov 2021. Kediaman Kesik Masbagik Lotim Ntb

Editor: Ahmadi As-Sambasy

Cilacap – Jawa Tengah

KabeL DakwaH
KabeL DakwaH Owner Gudang Software Al-Amanah

Posting Komentar untuk "Kecerdasan Imam Ibnu Taimiyah"