Atsar Sahabat dan Taabi’iin tentang Shalat Sunnah Dua Raka’at Setelah ‘Ashar
Telah dibahas sebelumnya tentang masyru’-nya
mengerjakan shalat sunnah dua raka’at setelah ‘Ashar, bahkan merutinkannya.(1)
Ada sebagian kalangan yang menganggap amalan ini sebagai satu hal yang
menyelisihi ijma’, atau minimal pendapat yang syaadz. Yang benar: Tidak benar
klaim ijma’ ini, baik dari kalangan shahabat ataupun ulama setelahnya. Bukan
pula merupakan pendapat yang syaadz.
Saya tidak akan mengulang pembahasan yang telah lewat. Melalui artikel ini akan dibawakan beberapa atsar shahih dari para ulama kalangan shahabat dan taabi’iin mengenai hal tersebut:
1. ‘Umar bin Al-Khaththaab
radliyallaahu ‘anhu.
حدثنا إبراهيم
بن مرزوق قال: حدثنا عثمان بن عمر بن فارس قال إسرائيل بن يونس عن المقدام بن شريح
عن أبيه قال: قلت لعائشة: كيف كان يصنع رسول الله صلى الله عليه وسلم ؟ كأنه يعني
بعقب صلاته الظهر, وبعقب صلاة العصر, قالت
( كان يصلي الهجير ثم يصلي بعدها ركعتين, ثم
كان يصلي العصر ثم كان يصلي بعدها ركعتين). قال: قلت: فأنا رأيت عمر رضي الله عنه
يضرب رجلاً رآه يصلي بعد العصر ركعتين, فقالت: لقد صلاهما عمر, ولقد علم أن رسول
الله صلاهما...
Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin
Marzuuq(2), ia berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin ‘Umar bin
Faaris(3): Telah berkata Israaiil bin Yuunus(4), dari Al-Miqdaam bin Syuraih(5),
dari ayahnya(6), ia berkata: Aku pernah bertanya kepada ‘Aaisyah: “Bagaimanakah
yang biasa dilakukan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam?” –
sepertinya yang dimaksudkannya adalah yang dilakukan beliau setelah shalat
Dhuhur dan shalat ‘Ashar. ‘Aaisyah menjawab: “Biasanya beliau shalat Dhuhur,
kemudian shalat sunnah setelahnya dua raka’at. Kemudian beliau shalat ‘Ashar,
lalu shalat sunnah setelahnya dua raka’at”. Aku berkata: “Akan tetapi aku
pernah melihat ‘Umar radliyallaahu ‘anhu memukul seorang laki-laki yang
dilihatnya melakukan shalat sunnah dua raka’at setelah ‘Ashar”. ‘Aaisyah berkata:
“Sungguh, ‘Umar pernah melakukan shalat dua raka’at tersebut, dan sungguh ia
mengetahui bahwa Rasulllah shalallaahu ‘alaihi wa sallam telah melakukannya
juga…” (Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Musykiilul-Aatsaar, 11/441;
dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 2920).
Beberapa ulama menjelaskan sebab ‘Umar
radliyallaahu ‘anhu memukul orang yang mengerjakan shalat (sunnah) setelah
‘Ashar karena saddudz-dzari’ah akan kemunculan satu kaum setelah generasi
shahabat yang menganggap sunnah untuk menyambung shalat ba’da ‘Ashar sampai
terbenamnya matahari (yang ini merupakan waktu yang dilarang oleh Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa salam).
2. ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu.
حدثنا وكيع عن
إسرائيل عن أبي إسحاق عن عاصم بن ضمرة عن علي أنه صلى بفسطاطة بصفين ركعتين يعد
العصر
Telah menceritakan kepada kami Wakii’(7), dari
Israaiil(8), dari Abu Ishaaq(9), dari ‘Aashim bin Dlamrah(10), dari ‘Aliy:
Bahwasannya ia pernah shalat dua raka’at setelah ‘Ashar di kemahnya di Shiffiin
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/352; sanadnya hasan).
Israaiil mempunyai mutaba’ah dari Syu’bah (bin
Al-Hajjaaj) sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/459.
3. ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhu.
عن ابن جريج عن
عطاء أن عائشة وأم سلمة كانتا تركعان بعد العصر
Dari Ibnu Juraij(11), dari ‘Athaa’(12):
Bahwasannya ‘Aaisyah dan Ummu Salamah biasa shalat dua raka’at setelah ‘Ashar (Diriwayatkan
oleh ‘Abdurrazzaaq 2/430 no. 3969).
Shahih sanadnya untuk ‘Aaisyah, sedangkan
untuk Ummu Salamah, maka ia mursal, karena ‘Athaa’ tidak pernah mendengar
riwayat darinya (Jamii’ut-Tahshiil, hal. 237 no. 520).
Periwayatan Ibnu Juraij dari ‘Athaa’ (bin Abi
Rabbaah) dihukumi muttashil walaupun tidak menyebutkan tashrih penyimakan
riwayatnya menurut ahli hadits.
حدثنا محمد بن
جعفر حدثنا شعبة عن المقدام بن شريح عن أبيه قال سألت عائشة عن الصلاة بعد العصر
فقالت: صل إنما نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم قومك أهل اليمن عن الصلاة إذا
طلعت الشمس
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Ja’far(13): Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(14), dari Al-Miqdaam bin
Syuraih(15), dari ayahnya(16), ia berkata: Aku pernah bertanya kepada ‘Aaisyah
radliyallaahu ‘anhaa tentang shalat sunnah setelah ‘Ashar. Maka ia menjawab:
“Shalatlah. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam hanyalah melarang shalat
ketika matahari terbit” (Diriwayatkan oleh Ahmad 6/145; sanadnya shahih).
4. ‘Abdullah bin Az-Zubair dan Az-Zubair bin
Al-‘Awwaam radliyallaahu ‘anhumaa.
حدثنا عفان قال
نا حماد بن سلمة عن هشام بن عروة عن أبيه أن الزبير وعبد الله بن الزبير كانا
يصليان بعد العصر ركعتين
Telah menceritakan kepada kami ‘Affaan(17), ia
berkata: Telah mengkhabarkan kepada kami Hammaad bin Salamah(18), dari Hisyaam
bin ‘Urwah(19), dari ayahnya(20): Bahwasannya Az-Zubair dan ‘Abdullah bin
Az-Zubair biasa shalat (sunnah) dua raka’at setelah ‘Ashar (Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Syaibah 2/352; sanadnya shahih).
Meskipun Hammaad bin Salamah berubah
hapalannya di akhir hayatnya, akan tetapi periwayatan ‘Affaan darinya adalah
shahih.(21)
5. Abu Ayyuub Al-Anshaariy radliyallaahu
‘anhu.
عن معمر عن ابن
طاوس عن أبيه أن أبا أيوب الأنصاري رضي الله عنه كان يصلي قبل خلافة عمر ركعتين
بعد العصر, فلما استخلف عمر تركهما, فلما توفي ركعهما, فقيل له: ما هذا؟ فقال: إن
عمر كان يضرب الناس عليهما
Dari Ma’mar(22), dari Ibnu Thaawus(23), dari
ayahnya(24): Bahwasannya Abu Ayyuub Al-Anshaariy sebelum kekhilafahan ‘Umar
biasa shalat (sunnah) dua raka’at setelah ‘Ashar. Ketika ‘Umar menduduki
jabatan khalifah, ia meninggalkannya. Namun ketika ‘Umar wafat, ia kembali
mengerjakannya. Dikatakan kepadanya: “Perbuatan apa ini?”. Lalu ia menjawab:
“Sesungguhnya ‘Umar dulu memukul orang yang melakukan shalat sunnah dua raka’at
setelah ‘Ashar” (Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 2/433 no. 3977; sanadnya
shahih).
6. Abud-Dardaa’ radliyallaahu ‘anhu.
حدثنا محمد بن
عبدوس بن كامل السراج حدثنا علي بن الجعد حدثنا شعبة عن يزيد بن خمير سمع عبد الله
بن يزيد أو زيد يحدث عن جبير بن نفير أن عمر بن الخطاب رضي الله عنه كتب إلى عمير
بن سعد الأنصاري, وهو على حمص ينهى الناس أن يصلوا ركعتين بعد العصر, فقال أبو
الدرداء: أما أنا فلا أدعهما, فمن شاء أن ينحضج فلينحضج
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
‘Abduus bin Kaamil As-Siraaj(25): Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin
Al-Ja’d(26): Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(27), dari Yaziid bin
Khumair(28): Ia mendengar ‘Abdullah bin Yaziid atau Zaid(29), dari Jubair bin
Nufair(30): Bahwasannya ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu pernah
menulis surat kepada ‘Umair bin Sa’d Al-Anshaariy yang saat menjadi Gubernur
wilayah Himsh agar melarang orang-orang mengerjakan shalat dua raka’at setelah
‘Ashar. Maka Abud-Dardaa’ berkata: “Adapun aku tidak akan meninggalkan dua raka’at
shalat tersebut. Barangsiapa yang ingin marah, silakan ia marah (tapi aku tetap
akan mengerjakannya)” (Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy 11/448; sanadnya
shahih).
7. Al-Munkadir radliyallaahu ‘anhu.(31)
عن الثوري عن
معمر عن الزهري عن السائب بن يزيد قال: ضرب عمر المنكدر إذ رآه سبح بعد العصر
Dari Ats-Tsauriy(32), dari Ma’mar(33), dari
Az-Zuhriy(34), dari As-Saaib bin Yaziid(35), ia berkata: “’Umar pernah memukul
Al-Munkadir ketika ia melihatnya shalat setelah ‘Ashar” (Diriwayatkan oleh
‘Abdurrazzaaq 2/434; sanadnya shahih).
8. ‘Abdullah bin ‘Abbaas radliyallaahu
‘anhumaa.
حدثنا أبو حمة
محمد بن يوسف قال ثنا أبو قرة عن ابن جريج قال سمعت عبد الله بن أبي مليكة يذكر
انه رأى ابن عباس رضي الله عنهما يوم التروية طاف بعد العصر سبعا ثم صلى ركعتين ثم
انطلق
Telah menceritakan kepada kami Abu Himmah Muhammad
bin Yuusuf,(36) ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Abu Qurrah(37), dari
Ibnu Juraij, ia berkata: Aku mendengar ‘Abdullah bin Abi Mulaikah(38)
menyebutkan: Bahwasannya ia pernah melihat Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa
pada hari tarwiyyah melakukan thawaf setelah ‘Ashar tujuh kali, kemudian shalat
dua raka’at, lalu pergi (Diriwayatkan oleh Al-Faakihaaniy dalam Akhbaar Makkah,
1/256 no. 496; sanadnya hasan).
Abu Qurrah mempunyai muttabi’ dari Sufyaan
Ats-Tsauriy sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Faakihaaniy dalam Akhbaar Makkah,
1/256 no. 497.
9. Abu Ath-Thufail radliyallaahu ‘anhu.(39)
حدثنا ابن فضيل
عن الوليد بن جميع عن أبي الطفيل أنه كان يطوف بعد العصر ويصلي حتى تصفار الشمس
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudlail(40),
dari Al-Walid bin Jumai’(41), dari Abuth-Thufail: Bahwasannya ia penah thawaf
setelah ‘Ashar, dan kemudian shalat hingga matahari berwarna kekuningan (Diriwayatkan
oleh Ibnu Abi Syaibah, 14/256; sanadnya hasan).
10. Abu Juhaifah radliyallaahu ‘anhu.(42)
حدثنا عبد
الوهاب بن عطاء عن شعبة عن أبي إسحاق قال سألت أبا جحيفة عنهما قال إن لم تنفعك
فلم تضراك
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Wahhaab
bin ‘Athaa’(43), dari Syu’bah(44), dari Abu Ishaaq(45), ia berkata: Aku pernah
bertanya kepada Abu Juhaifah tentang dua raka’at setelah ‘Ashar. Ia menjawab:
“Seandainya ia tidak memberikan manfaat padamu, ia tidak memudlaratkanmu (jika
engkau mengerjakannya)” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 2/352; sanadnya
hasan).
Generasi Tabii’iin.
1. Thaawus bin Kaisaan
rahimahullah.
Seperti atsar yang
disebutkan pada nomor 5 (di atas), dan di akhir riwayat Ibnu Thaawus berkata:
وكان أبي لا
يدعهما
“Dan ayahku tidak pernah
meninggalkan shalat dua raka’at setelah ‘Ashar tersebut” (Diriwayatkan oleh
‘Abdurrazzaaq 2/433 no. 3977; shahih).
2. Hisyaam bin ‘Urwah
(tabi’iy) rahimahullah.(46)
عن معمر عن هشام
بن عروة قال: كنا نصلي مع ابن الزبير في المسجد الحرام فكان يصلي بعد العصر ركعتين,
وكنا نصليهما معه نقوم صفاً خلفه
Dari Ma’mar(47), dari
Hisyaam bin ‘Urwah, ia berkata: “Kami pernah shalat bersama Ibnuz-Zubair di
Al-Masjidil-Haraam. Ia shalat dua raka’at setelah ‘Ashar. Dan kami pun shalat
shalat dua raka’at bersamanya dimana kami berdiri dalam shaff di belakangnya” (Diriwayatkan
oleh ‘Abdurrazzaaq 2/434 no. 3979; shahih).
3. Abu Burdah bin Abi
Muusaa (tabi’iy) rahimahullah.(48)
حدثنا معاذ بن
معاذ عن ابن عون قال رأيت أبا بردة بن أبي موسى يصلي بعد العصر ركعتين
Telah menceritakan kepada kami Mu’aadz bin
Mu’aadz(49), dari Ibnu ‘Aun(50), ia berkata: “Aku pernah melihat Abu Burdah bin
Abi Muusaa shalat dua raka’at setelah ‘Ashar” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi
Syaibah 2/351; sanadnya shahih).
4. Abusy-Sya’tsaa’(51), ‘Amru bin Maimuun(52),
Al-Aswad bin Yaziid(53), dan Abu Waail(54) (tabi’iin) rahimahumullah.
حدثنا أبو داود
عن شعبة عن أشعث بن أبي الشعثاء قال خرجت مع أبي وعمرو بن ميمون والأسود بن يزيد
وأبي وائل فكانوا يصلون بعد العصر ركعتين
Telah menceritakan kepada kami Abu Daawud,
dari Syu’bah(55), dari Asy’ats bin Abisy-Sya’tsaa’(56), ia berkata: “Aku pernah
keluar bersama ayahku, ‘Amru bin Maimuun, Al-Aswad bin Yaziid, dan Abu Waail.
Mereka shalat sunnah dua raka’at setelah ‘Ashar” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi
Syaibah 2/351; sanadnya shahih).
5. Masruuq(57) dan Muhammad
bin Al-Muntasyir(58) (tabi’iy) rahimahumallah.
حدثنا عفان قال
نا أبو عوانة قال ثنا إبراهيم بن محمد بن المنتشر عن أبيه أنه كان يصلي بعد العصر
ركعتين فقيل له فقال لو لم أصلهما إلا أني رأيت مسروقا يصليهما لكان ثقة ولكني
سألت عائشة فقالت كان رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يدع ركعتين قبل الفجر
وركعتين بعد العصر
Telah menceritakan kepada kami ‘Affaan(59), ia
berkata: Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Awaanah(60), ia berkata: Telah
menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Muhammad bin Al-Muntasyir(61), dari
ayahnya: Bahwasannya ia biasa shalat sunnah dua raka’at setelah ‘Ashar. Lalu
dikatakan kepadanya mengapa ia melakukannya. Ia menjawab: “Seandainya aku tidak
shalat kecuali karena aku telah melihat Masruuq melakukannya (maka itu cukup
bagiku sebagai alasan). Dan ia seorang yang tsiqah. Akan tetapi aku sendiri
pernah bertanya kepada ‘Aaisyah tentang hal itu, dan ia menjawab: “Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkan dua raka’at sebelum
Shubuh dan dua raka’at setelah ‘Ashar” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah
2/351; sanadnya shahih).
Dapat kita lihat bahwa masyru’-nya shalat
sunnah setelah ‘Ashar merupakan pendapat yang dipegang oleh banyak salaf kita,
di antaranya adalah ulama-ulama besar di kalangan shahabat dan tabi’in.
Ath-Thahawiy rahimahullah setelah membawakan
riwayat perbuatan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam shalat dua raka’at
setelah ‘Ashar berkata:
فذهب قوم إلى
هذا وقالوا: لا بأس بأن يصلي الرجل بعد العصر ركعتين, وهما من السنة عندهم,
واحتجوا في ذلك بهذا الحديث
“Sekelompok orang
berpendapat akan hal ini. Mereka berkata: ‘Tidak mengapa seseorang shalat dua
raka’at setelah ‘Ashar’. Dua raka’at tersebut termasuk sunah menurut mereka,
dan mereka berhujjah dalam permasalahan tersebut dengan hadits ini” (Syarh
Ma’aanil-Aatsaar, 1/301).
Tidak diragukan lagi
bahwa sekelompok orang yang dimaksudkan Ath-Thahawiy rahimahulah tersebut
adalah para pembesar salaf kita yang mulia, yang berhujjah dengan dalil-dalil
yang kuat.
Semoga artikel ringkas
ini ada manfaatnya, dan semoga Allah ta’ala memberikan kemudahan bagi kita
untuk mengamalkannya.
Wallaahu a’lam.
Oleh: Abul Jauzaa' Dony Arif Wibowo
Footnote:
(1) Silakan baca: Shalat
Sunnah Setelah Ashar, Terlarang atau Ada Syariatnya?
(2) Ibraahiim bin Marzuuq
bin Diinaar Al-Umawiy, Abu Ishaaq Al-Bashriy; seorang yang tsiqah. Termasuk
thabaqah ke-11, wafat tahun 270 H di Mesir. Dipakai oleh An-Nasaa’iy (Taqriibut-Tahdziib,
hal. 115 no. 249).
(3) ‘Utsmaan bin ‘Umar
bin Faaris bin Laqiith Al-‘Abdiy, Abu Muhammad/Abu ‘Adiy; seorang yang tsiqah.
Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 209 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim,
Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 667 no. 4536).
(4) Israaiil bin Yuunus
bin Abi Ishaaq Al-Hamdaaniy As-Sabii’iy, Abu Yuusuf Al-Kuufiy; seorang yang
tsiqah. Termasuk thabaqah ke-7, wafat tahun 160 H, atau dikatakan setelahnya.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan
Ibnu Maajah (idem, hal. 134 no. 405).
(5) Al-Miqdaam bin
Syuraih bin Haani’ bin Yaziid Al-Haaritsiy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah.
Termasuk thabaqah ke-6. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 969
no. 6918).
(6) Syuraih bin Haani’
bin Yaziid bin Nuhaik Al-Haaritsiy, Abul-Miqdaam Al-Kuufiy; seorang yang
tsiqah. Termasuk thabaqah ke-2, wafat tahun 78 H di Sijistaan. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 435 no. 2793).
(7) Wakii’ bin Al-Jarraah
bin Maliih Ar-Ruaasiy, Abu Sufyaan Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, haafidh,
lagi ‘aabid. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 196/197 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem,
hal. 1037 no. 7464).
(8) Lihat catatan kaki
no. 4.
(9) ‘Amru bin ‘Abdillah
bin ‘Ubaid, Abu Ishaaq As-Sabii’iy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, mukatstsir,
lagi ‘aabid, namun mengalami ikhtilaath di akhir hayatnya. Termasuk thabaqah
ke-3, wafat tahun 129 H, atau dikatakan sebelum itu. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 739
no. 5100).
(10) ‘Aashim bin Dlamrah
As-Saluuliy Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-3, wafat
tahun 174 H, atau dikatakan sebelum itu. Dipakai
oleh Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 472 no.
3080).
(11) ‘Abdul-Malik bin ‘Abdil-‘Aziiz bin Juraij
Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abul-Waliid atau Abu Khaalid Al-Makkiy; seorang yang
tsiqah, faqiih, lagi faadlil, akan tetapi banyak melakukan tadlis dan irsal.
Termasuk thabaqah ke-6, wafat tahun 150 H, atau dikatakan setelahnya. Dipakai
oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah (idem, hal. 624 no. 4221).
(12) ‘Athaa’ bin Abi Rabbaah (namanya Aslam)
Al-Qurasyiy Al-Fihriy, Abu Muhammad Al-Makkiy; seorang yang tsiqah, faqiih,
lagi faadlil, akan tetapi banyak melakukan irsal. Termasuk thabaqah ke-3, wafat
tahun 114 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 677 no. 4623).
(13) Muhammad bin Ja’far Al-Hudzaliy, Abu
‘Abdillah Al-Bashriy – terkenal dengan nama Ghundar; seorang yang tsiqah
shahiihul-kitaab, namun padanya ada kelalaian. Termasuk thabaqah ke-9, wafat
tahun 293/294 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 833 no. 5824).
(14) Syu’bah bin Al-Hajjaaj bin Al-Ward
Al-‘Atakiy Al-Azdi, Abu Busthaam Al-Waasithiy; seorang yang tsiqah, haafidh,
mutqin, dan disebut Ats-Tsauriy sebagai amiirul-mukminiin fil-hadiits. Termasuk
thabaqah ke-7, wafat tahun 160 H di Bashrah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim,
Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 436 no. 2805).
(15) Lihat catatan kaki no. 5.
(16) Lihat catatan kaki no. 6.
(17) ‘Affaan bin Muslim bin ‘Abdillah Ash-Shaffaar,
Abu ‘Utsmaan Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, namun kadang ragu.
Termasuk thabaqah ke-10, wafat setelah tahun 219 H di Baghdaad. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem,
hal. 681 no. 4659).
(18) Hammaad bin Salamah bin Diinaar
Al-Bashriy, Abu Salamah; seorang yang tsiqah lagi ‘aabid, akan tetapi berubah
hapalannya di akhir usianya. Termasuk thabaqah ke-10, wafat setelah tahun 219 H
di Baghdaad. Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 268-269 no. 1507).
(19) Hisyaam bin ‘Urwah bin Az-Zubair bin
Al-‘Awwaam Al-Qurasyiy Al-Asadiy, Abul-Mundzir; seorang yang tsiqah lagi
faqiih. Termasuk thabaqah ke-5, wafat tahun 145/146 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem,
hal. no. ).
(20) ‘Urwah bin Az-Zubair bin Al-‘Awwaam bin
Khuwailid bin Asad Al-Qurasyiy Al-Asadiy, Abu ‘Abdillah Al-Madaniy; seorang yang
tsiqah. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 94 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 1022
no. 7352).
(21) Ibnu Rajab rahimahumullah berkata:
قال عبد الله بن
أحمد: سمعتُ يحيى بن معين يقول: من أراد أن يكتب حديث حماد بن سلمة، فعليه بعفان
بن مسلم
“Telah berkata ‘Abdullah bin Ahmad: Aku
mendengar Yahyaa bin Ma’iin berkata: ‘Barangsiapa yang ingin menulis hadits
Hammaad, maka wajib baginya berpegang pada ‘Affaan bin Muslim” (Syarh ‘Ilal
At-Tirmidziy, 2/707).
(22) Ma’mar bin Raasyid Al-Azdiy, Abu ‘Urwah
Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi faadlil. Termasuk thabaqah ke-7,
wafat tahun 154 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (At-Taqriib, hal. 961 no. 6857).
(23) ‘Abdullah bin Thaawuus bin Kaisaan
Al-Yamaaniy, Abu Muhammad Al-Abnaawiy; seorang yang tsiqah, faadlil, lagi
‘aabid. Termasuk thabaqah ke-6, wafat tahun 132 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 516
no. 3418).
(24) Thaawuus bin Kaisaan Al-Yamaaniy, Abu
‘Abdirrahmaan Al-Humairiy; seorang yang tsiqah, faqiih, lagi faadlil. Termasuk thabaqah ke-3,
wafat tahun 106 H, dan dikatakan juga setelah itu. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 462
no. 3026).
(25) Muhammad bin ‘Abduus
bin Kaamil, Abu Ahmad As-Siraaj; seorang yang tsiqah lagi haafidh. Wafat tahun
293 H (Irsyaadul-Qaadliy wad-Daaniy ilaa Taraajimi Syuyuukh Al-Thabaraaniy,
hal. 585-586 no. 954).
(26) ‘Aliy bin Al-Ja’d
bin Humaid Al-Jauhariy, Abul-Hasan Al-Baghdaadiy; seorang yang tsiqah lagi
tsabat. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 230 H di Baghdaad. Dipakai oleh Al-Bukhaariy
dan Abu Daawud (At-Taqriib, hal. 691 no. 4732).
(27) Lihat catatan kaki
no. 14.
(28) Yaziid bin Khumair
bin Yaziid Ar-Rahabiy Al-Hamdaaniy, Abu ‘Umar Asy-Syamiy Al-Himshiy; seorang
yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-5. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam
Al-Adabul-Mufrad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah (Tahriirut-Taqriib, 4/110 no. 7709).
(29) Perawi ragu dalam
penyebutan antara ‘Abdullah bin Yaziid atau Zaid. Kemungkinan di sini adalah
Zaid, sebab, tidak ada murid Jubair bin Nufair yang bernama ‘Abdullah bin
Yaziid. Akan tetapi ada dua nama Zaid di antara murid-murid Jubair bin Nufair,
yaitu Zaid bin Arthaah dan Zaid bin Waaqid yang keduanya tinggal satu negeri
dengan Jubair dan Yaziid bin khumair. Kedua-duanya adalah perawi tsiqah,
sehingga manapun di antara dua perawi tersebut, tidak memudlaratkan riwayat
Yaziid bin Khumair. Wallahu a’lam. Berikut keterangannya:
Zaid bin Waaqid
Al-Qurasyiy, Abu ‘Amru Asy-Syaamiy Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah. Termasuk
thabaqah ke-6. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah (At-Taqriib, hal. 356 no. 2171).
Zaid bin Arthaah Al-Fazaariy Ad-Dimasyqiy;
seorang yang tsiqah lagi ‘abid. Termasuk thabaqah ke-5. Dipakai oleh Abu
Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy (idem, hal. 350 no. 2127).
(30) Jubair bin Nufair bin Maalik bin ‘Aamir
Al-Hadlramiy, Abu ‘Abdirrahmaan/Abu ‘Abdillah Asy-Syaamiy Al-Himshiy; seorang
yang tsiqah lagi jaliil. Termasuk thabaqah ke-2, wafat tahun 80 H, atau
dikatakan setelahnya. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim,
Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 195 no. 912).
(31) Al-Munkadir bin ‘Abdillah bin Al-Hudzair
bin ‘Abdil-‘Uzzaa bin ‘Aamir Al-Qurasyiy At-Taimiy, salah seorang shahabat Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
(32) Sufyaan bin Sa’iid bin Masruuq
Ats-Tsauriy, Abu ‘Abdillah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, haafidh, faqiih,
‘aabid, imam, lagi hujjah. Termasuk thabaqah ke-7, wafat tahun 161 H. Dipakai
oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah (idem, hal. 394 no. 2458).
(33) Lihat catatan kaki no. 22.
(34) Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin
‘Abdillah bin Syihaab bin ‘Abdillah Al-Qurasyiy Az-Zuhriy, Abu Bakr Al-Madaniy;
seorang yang tsiqah, faqiih, hafiidh, lagi mutqin. Termasuk thabaqah ke-4,
wafat tahun 125 H, atau dikatakan sebelumnya. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 896
no. 6336).
(35) As-Saaib bin Yaziid bin Sa’iid bin
Tsumaamah bin Al-Aswad bin ‘Abdillah bin Al-Haarit Al-Kindiy; salah seorang
shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Wafat tahun 91, atau dikatakan
sebelum itu. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 364 no. 2215).
(36) Muhammad bin Yuusuf Az-Zubaidiy, Abu
Himmah; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-10, wafat tahun 240 H.
Dipakai oleh Abu Daawud (idem, hal. 911 no. 6458).
(37) Muusaa bin Thaariq Al-Yamaaniy, Abu
Qurrah Az-Zubaidiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-9. Dipakai oleh
An-Nasaa’iy (idem, hal. 981 no. 7026).
(38) ‘Abdullah bin ‘Ubaidilah bin Abi Mulaikah
– namanya Zuhair – bin ‘Abdillah bin Jud’aan bin ‘Amru Al-Qurasyiy At-Taimiy,
Abu Bakr; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 117 H.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan
Ibnu Maajah (idem, hal. 524 no. 3477).
(39) ‘Aamir bin Waatsilah bin ‘Abdillah bin
‘Amru bin Jahsy, Abuth-Thufail Al-Laitsiy; salah seorang shahabat Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Wafat tahun 110 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 478
no. 3128).
(40) Muhamad bin Fudlail bin Ghazwaan bin
Jariir Adl-Dlabbiy, Abu ‘Abdirahmaan Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq. Termasuk
thabaqah ke-9, wafat tahun 195 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 889 no. 6267).
(41) Al-Waliid bin ‘Abdilah bin Jumai’
Az-Zuhriy Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-5. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan
An-Nasaa’iy (Tahriirut-Taqriib, 4/63 no. 7432).
(42) Wahb bin ‘Abdilah, Abu Juhaifah
As-Siwaaiy; salah seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Wafat
tahun 74 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Khalqu Af’aalil-‘Ibaad, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 1044 no. 7529).
(43) ‘Abdul-Wahhaab bn ‘Athaa’ Al-Khaffaaf,
Abu Nashr Al-‘Ijliy; seorang yang shaduuq, namun kadang keliru. Termasuk
thabaqah ke-9, wafat tahun 204 H atau 209 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam
Khalqu Af’aalil-‘Ibaad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah (idem, hal. 633 no. 4290).
(44) Lihat catatan kaki no. 14.
(45) Lihat catatan kaki no. 9.
(46) Lihat catatan kaki no. 19.
(47) Lihat catatan kaki no. 22.
(48) Abu Burdah – namanya Al-Haarits/’Aamir -
bin Abi Muusaa Al-Asy’ariy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-3, wafat
tahun 104 H atau dikatakan selain itu. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (At-Taqriib, hal. 1112 no.
8009).
(49) Mu’aadz bin Mu’aadz bin Nashr bin Hassaan
bin Al-Hurr bin Maalik bin Al-Khasykhaasy At-Tamiimiy, Abul-Mutsannaa
Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi mutqin. Termasuk thabaqah ke-9, wafat
tahun 196 H di Bashrah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 952 no. 6787).
(50) ‘Abdullah bin ‘Aun bin Arthabaan
Al-Muzanniy, Abu ‘Aun Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi faadlil.
Termasuk thabaqah ke-6, wafat tahun 150 H di Kuufah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 533
no. 3543).
(51) Sulaim bin Aswad bin Handhalah,
Abusy-Sya’tsaa’ Al-Muhaaribiy Al-Kufiy; seorang yang tsiqah dengan kesepakatan.
Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 83 H pada jaman Al-Hajjaaj (bin Yuusuf
Ats-Tsaqafiy). Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 403 no. 2539).
(52) ‘Amru bin Maimuun Al-Audiy, Abu ‘Abdillah
Al-Kufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 74 H, atau
dikatakan setelah itu. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 746 no. 5157).
(53) Al-Aswad bin Yazid bin Qais An-Nakha’iy,
Abu ‘Amru atau Abu ‘Abdirrahmaan Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, mukatstsir,
lagi faqiih. Termasuk thabaqah ke-2, wafat tahun 74/75 H di Kuufah. Dipakai
oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah (idem, hal. 146 no. 514).
(54) Syaqiiq bin Salamah Al-Asadiy, Abu Waail
Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-2, wafat pada pemerintahan
‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 439 no. 2832).
(55) Lihat catatan kaki no. 14.
(56) Asy’ats bin Abisy-Sya’tsaa’ Al-Muhaaribiy
Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-6, wafat tahun 125 H di
Kuufah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 149 no. 530).
(57) Masruuq bin Al-Ajda’ Al-Hamdaaniy
Al-Waadi’iy, Abu ‘Aaisyah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah
ke-2, wafat tahun 62/63 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 935 no. 6645).
(58) Muhammad bin Al-Muntasyir bin Al-Ajda’
bin Maalik Al-Hamdaaniy tsumma Al-Waadi’iy; seorang yang tsiqah. Termasuk
thabaqah ke-4. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 899 no. 6364).
(59) Lihat catatan kaki no. 17.
(60) Al-Wadldlaah bin ‘Abdillah Al-Yasykuuriy,
Abu ‘Awaanah Al-Waasithiy Al-Bazzaar; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk
thabaqah ke-7, wafat tahun 175/176 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (idem, hal. 1036 no. 7457).
(61) Ibraahiim bin Muhammad bin Muntasyir bin
Al-Ajda’ Al-Hamdaaniy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-5.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan
Ibnu Maajah (idem, hal. 115 no. 242).
Posting Komentar untuk "Atsar Sahabat dan Taabi’iin tentang Shalat Sunnah Dua Raka’at Setelah ‘Ashar"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.