Hukum Puasa Rajab
Beberapa waktu lalu ada
yang menanyakan kepada saya tentang puasa Rajab. Saat saya menulis artikel ini,
kalender menunjukkan tanggal 21 Rajab 1431. Mungkin agak ‘telat’. Akan tetapi,
bahasan agama tidak mengenal kata telat untuk dipahami dan diamalkan. Berikut
akan saya tuliskan secara ringkas – seperti biasa – bahasan sebegaimana tertera
dalam judul di atas.
Jika ada pertanyaan:
Apakah terlarang berpuasa di bulan Rajab?.
Jawabannya: Tidak. Tidak
ada dalil yang melarang seseorang berpuasa di bulan Rajab(1), sebagaimana juga
tidak ada dalil untuk melarang berpuasa di bulan lainnya. Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam sangat senang berpuasa pada bulan-bulan
hijriyah, tidak terkecuali di bulan Rajab.
حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة. حدثنا عبدالله بن نمير. ح وحدثنا ابن نمير. حدثنا
أبي. حدثنا عثمان بن حكيم الأنصاري. قال: سألت سعيد بن جبير عن صوم رجب ؟ ونحن
يومئذ في رجب. فقال: سمعت ابن عباس رضي الله عنها يقول: كان رسول الله صلى الله
عليه وسلم يصوم حتى نقول: لا يفطر. ويفطر حتى نقول: لا يصوم.
Telah menceritakan kepada
kami Abu Bakr bin Abi Syaibah: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin
Numair. Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair: Telah menceritakan
kepadaku ayahku: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin Hakiim
Al-Anshaariy, ia berkata: Aku pernah bertanya kepada Sa’iid bin Jubair tentang
puasa Rajab dimana kami waktu itu berada di bulan Rajab. Ia (Sa’iid) menjawab:
Aku mendengar Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa berkata: “Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam senantiasa berpuasa hingga kami berkata: ‘beliau
tidak pernah berbuka’. Dan beliau pun pernah berbuka hingga kami berkata:
‘beliau tidak pernah berpuasa” (Diriwayatkan oleh Muslim no. 1157).(2)
Apakah hadits di atas
menunjukkan pengkhususan puasa di bulan Rajab dengan keutamaannya?
Jawabannya: Tidak. Sifat
puasa yang diceritakan oleh Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhu bukanlah sifat
puasa yang ia lihat khusus di bulan Rajab saja, namun juga sifat puasa yang ia
secara umum pada diri beliau di luar bulan Ramadlan. Maksudnya, beliau
shallallaahu ‘alaihi wa sallam terkadang banyak berpuasa pada satu bulan,
terkadang pula meninggalkannya.
Kebetulan, ‘Utsmaan bin Hakiim bertanya kepada Sa’iid bin Jubair tentang berpuasa di bulan Rajab, dan kemudian ia jawab dengan jawaban umum tentang sifat puasa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam di luar bulan Ramadlan.
Perhatikan riwayat
berikut:
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي
بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ مَا صَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا كَامِلًا
قَطُّ غَيْرَ رَمَضَانَ وَيَصُومُ حَتَّى يَقُولَ الْقَائِلُ لَا وَاللَّهِ لَا
يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى يَقُولَ الْقَائِلُ لَا وَاللَّهِ لَا يَصُومُ
Telah menceritakan kepada
kami Muusaa bin Ismaa’iil: Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awaanah, dari
Abu Bisyr, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia
berkata: “Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa selama
sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadlan. Dan beliau seseorang yang rajin
puasa sehingga sehingga ada yang berkata: ‘Tidak, demi Allah, beliau tidak
pernah berbuka”. Namun beliau pun berbuka hingga ada yang berkata: ‘Tidak, demi
Allah, beliau tidak berpuasa” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1971).
حَدَّثَنِي عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ
بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ حُمَيْدٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ مِنْ
الشَّهْرِ حَتَّى نَظُنَّ أَنْ لَا يَصُومَ مِنْهُ وَيَصُومُ حَتَّى نَظُنَّ أَنْ
لَا يُفْطِرَ مِنْهُ شَيْئًا وَكَانَ لَا تَشَاءُ تَرَاهُ مِنْ اللَّيْلِ
مُصَلِّيًا إِلَّا رَأَيْتَهُ وَلَا نَائِمًا إِلَّا رَأَيْتَهُ
Telah menceritakan
kepadaku ‘Abdul-‘Aziiz bin ‘Abdillah, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku
Muhammad bin Ja’far, dari Humaid: Bahwasannya ia pernah mendengar Anas
radliyallaahu ‘anhu berkata: “Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
senantiasa berbuka selama satu bulan hingga kami menduganya beliau tidak pernah
berpuasa selama itu. Dan apabila berpuasa, seakan-akan beliau terus menerus
berpuasa hingga kami menduganya beliau tidak pernah berbuka sama sekali dalam
bulan itu. Dan jika engkau hendak melihat beliau pada suatu malam dalam keadaan
shalat, niscaya engkau akan melihatnya. Sebaliknya, jika engkau ingin melihat
beliau dalam posisi tertidur, melainkan engkau kalian akan melihatnya
juga" (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1972).
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي النَّضْرِ
مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّهَا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ وَمَا
رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ
Telah menceritakan kepada
kami ‘Abdullah bin Maslamah, dari Maalik, dari Abun-Nadlr Maulaa ‘Umar bin
‘Ubaidillah, dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan, dari ‘Aaisyah istri Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam, bahwasannya ia berkata: “Rasulullah
shallallaahu 'alaihi wa sallam senantiasa berpuasa hingga kami mengatakan:
‘beliau tidak pernah berbuka’. Dan beliau senantiasa berbuka hingga kami
mengatakan: ‘beliau tidak berpuasa’. Dan tidaklah aku melihat Rasulullah
shallallaahu 'alaihi wa sallam menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali
pada bulan Ramadlan, dan tidaklah aku melihat beliau dalam satu bulan lebih
banyak melakukan berpuasa daripada bulan Sya'ban” (Diriwayatkan oleh Abu Daawud
no. 2434; shahih).(3)
Oleh karena itu,
pelaksanaan puasa di bulan Rajab adalah pelaksanaan puasa sunnah secara mutlak.
Tidak ada hadits shahih yang menjadi dasar untuk mengkhususkan puasa di bulan
Rajab.
Asy-Syaukaaniy
rahimahullah berkata:
لم يرد في رجب على الخصوص سنة صحيحية ولا حسنة ولا ضعيفة ضعفا خفيفا بل جميع
ما روى فيه على الخصوص أما موضوع مكذوب أو ضعيف شديد الضعف
“Tidak ada keutamaan
(puasa) Rajab secara khusus dari hadits-hadits shahih, hasan, ataupun lemah
(dla’if) dengan kelemahan yang ringan. Bahkan, seluruh hadits yang diriwayatkan
tentang pengkhususan (puasa Rajab) adalah palsu lagi dusta atau lemah dengan
kelemahan yang sangat parah” (As-Sailul-Jaraar, 1/297; Daar Ibni Hazm, Cet. 1).
Jika ada yang sengaja
berpuasa sunnah secara khusus di Rajab, maka salaf membencinya.
حدثنا أبو معاوية عن الاعمش عن وبرة بن عبد الرحمن عن خرشة بن الحر قال رأيت
عمر يضرب أكف الناس في رجب حتى يضعوها في الجفان ويقول كلوا فإنما هو شهر كان
يعظمه أهل الجاهلية
Telah menceritakan kepada
kami Abu Mu’aawiyyah, dari Al-A’masy, dari Wabarah, dari ‘Abdurrahmaan, dari
Kharasyah bin Al-Hurr, ia berkata: Aku pernah melihat ‘Umar memukul telapak
tangan orang-orang di bulan Rajab hingga ia meletakkannya di mangkok besar
(makanan). ‘Umar berkata: “Makanlah, karena ia (Rajab) adalah bulan yang dulu
diagungkan orang-orang Jaahiliyyah” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 3/102;
shahih li-ghairihi).(4)
حدثنا وكيع عن عاصم بن محمد عن أبيه قال كان ابن عمر إذا رأى الناس وما يعدون
لرجب كره ذلك
Telah menceritakan kepada
kami Wakii’, dari ‘Aashim bin Muhammad, dari ayahnya, ia berkata: “Adalah Ibnu
‘Umar apabila ia melihat orang-orang dan apa-apa yang mereka khususkan pada
bulan Rajab, maka ia membencinya” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 3/102; ).(5)
Tapi bukan berarti
berpuasa di bulan Rajab menjadi terlarang. Telah lewat hadits yang menyatakan
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa ataupun berbuka di bulan
Rajab. Mari kita simak penjelasan berikut:
An-Nawawiy rahimahullah
berkata:
ولم يثبت في صوم رجب نهي ولا ندب لعينه ولكن أصل الصوم مندوب إليه. وفي سنن
أبي داود أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ندب إلى الصوم من الأشهر الحرم ورجب
أحدها والله أعلم
“Tidak tsabit adanya
larangan ataupun anjuran puasa khusus di bulan Rajab. Akan tetapi asal berpuasa
di bulan tersebut adalah dianjurkan. Dalam Sunan Abi Daawud menyebutkan bahwa
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk berpuasa di
bulan-bulan Haram, sedangkan Rajab salah satu di antaranya. Wallaahu a’lam” (Syarh
Shahih Muslim).
Senada dengan An-Nawawiy
adalah pendapat Ibnu Shalah rahimahullah.
Hadits yang dimaksudkan
oleh An-Nawawiy di atas adalah:
حدثنا موسى بن إسماعيل ثنا حماد عن سعيد الجريري عن أبي السليل عن مجيبة
الباهلية عن أبيها أو عمها أنه أتى رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم انطلق فأتاه
بعد سنة وقد تغيرت حالته وهيئته فقال يا رسول الله أما تعرفني قال ومن أنت قال أنا
الباهلي الذي جئتك عام الأول قال فما غيرك وقد كنت حسن الهيئة قال ما أكلت طعاما
إلا بليل منذ فارقتك فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم لم عذبت نفسك ثم قال صم
شهر الصبر ويوما من كل شهر قال زدني فإن بي قوة قال صم يومين قال زدني قال صم
ثلاثة أيام قال زدني قال صم من الحرم واترك صم من الحرم واترك صم من الحرم واترك
وقال بأصابعه الثلاثة فضمها ثم أرسلها
Telah menceritakan kepada
kami Muusaa bin Ismaa’iil: Telah menceritakan kepada kami Hammaad, dari Sa’iid
Al-Jurairiy, dari Abus-Saliil, dari Mujiibah Al-Baahiliyyah, dari ayahnya atau
dari pamannya, bahwasannya ia datang kepada Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa
sallam kemudian pergi. Setelah itu, ia kembali datang kepada beliau setelah
satu tahun, dan keadaan serta penampilannya telah berubah. Kemudian ia berkata:
“Wahai Rasulullah, apakah engkau mengenalku?”. Beliau bertanya: "Siapakan
engkau?". Ia berkata: “Aku adalah Al-Baahiliy yang telah datang kepadamu
setahun silam”. Beliau bersabda: "Apakah yang telah mengubahmu? Padahal
dulu penampilanmu baik". Ia berkata: “Aku tidak makan kecuali pada malam
hari semenjak aku berpisah denganmu”. Kemudian Rasulullah shallallaahu 'alaihi
wa sallam bersabda: "Kenapa engkau menyiksa dirimu?". Lalu beliau
meneruskan: "Berpuasalah pada bulan yang penuh kesabaran (Ramadlan), dan
satu hari setiap bulan". Ia berkata: “Tambahkan untukku, karena
sesungguhnya saya masih sanggup (lebih dari itu)”. Beliau bersabda:
"Berpuasalah dua hari !". Ia berkata: “tambahkan untukku !”. Beliau
bersabda: "Berpuasalah tiga hari !". Ia berkata: “Tambahkan untukku
!”. Beliau bersabda: "Berpuasalah sebagian dari bulan-bulan Haram (Rajab,
Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram)." Beliau mengatakannya dengan
memberi isyarat dengan ketiga jarinya, beliau menggenggamnya kemudian
membukanya (Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 2428).
Sayangnya, hadits ini
tidak shahih. Mujiibah dalam sanad ini diperselisihkan:
1. Diperselisihkan apakah
ia seorang laki-laki atau wanita. Ibnu Hajar saat menjelaskan biografi Abu
Mujiibah menyebutkan perselisihan ini.
2. Diperselisihkan apakah
ia berstatus shahabat atau bukan. Ibnu Hajar dalam At-Taqriib (At-Tahriir,
3/349 no. 6491) berkata: “Dikatakan ia wanita dari kalangan shahabat”. Ia (Ibnu
Hajar) menggunakan shighah tamridl yang tidak mengindikasikan satu pemastian
darinya. Yang lebih nampak, ia bukanlah shahabat, karena status laki-laki atau
perempuannya saja masih menjadi perselisihan. Selain itu, ia hanya memiliki
satu hadits (yaitu hadits di atas) yang diriwayatkan oleh Abus-Saliil darinya;
sehingga keadaannya adalah majhuul.
Selain itu, sanad riwayat
ini juga mudltharib.
1. Abu Dawud (no. 2428),
Ibnu Maajah (no. 1741) Al-Baihaqiy (4/291-292), Abu Nu’aim dalam
Mu’jamush-Shahaabah (no. 7097), dan Ibnu Qaani’ dalam Mu’jamush-Shahaabah (2/93
no. 538) meriwayatkan: ‘dari Mujiibah Al-Baahiliyyah, dari ayahnya atau dari
pamannya’.
2. An-Nasaa’iy dalam
Al-Kubraa (3/204 no. 2752) dan ‘Abd bin Humaid (1/325 no. 400) meriwayatkan:
‘dari Mujiibah Al-Baahiliy, dari pamannya’.
3. Ibnu Hajar
(At-Tahdziib 4/29) menyebutkan bahwa ia juga diriwayatkan dari Abu Mujiibah,
dari ayahnya, dari pamannya.
Meskipun begitu, telah
shahih riwayat sebagian shahabat berpuasa di bulan-bulan Haram, seperti Ibnu
‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
عن معمر عن الزهري عن سالم أن بن عمر كان يصوم أشهر الحرم
Dari Ma’mar, dari
Az-Zuhriy, dari Saalim: Bahwasannya Ibnu ‘Umar berpuasa di bulan-bulan Haram (Diriwayatkan
oleh ‘Abdurrazzaaq no. 7856; shahih).
Namun, mereka memakruhkan
berpuasa sebulan penuh di bulan Rajab.
عن بن جريج عن عطاء قال كان بن عباس ينهى عن صيام رجب كله لأن لا يتخذ عيدا
Dari Ibnu Juraij, dari
‘Athaa’, ia berkata: “Ibnu ‘Abbaas melarang puasa Rajab secara penuh (dalam satu
bulan) agar (bulan tersebut) tidak dijadikan sebagai ‘Ied” (Diriwayatkan oleh
‘Abdurrazzaaq no. 7854; shahih).(6)
Ibnu Rajab rahimahullah
berkata:
وعن ابن عباس: أنه كره أن يصام رجب كله وعن ابن عمر وابن عباس أنهما كانا
يريان أن يفطر منه أياما وكرهه أنس أيضا وسعيد بن جبير وكره صيام رجب كله يحيى بن
سعيد الأنصاري والإمام أحمد وقال: يفطر منه يوما أو يومين وحكاه عن ابن عمر وابن
عباس وقال الشافعي في القديم: أكره أن يتخذ الرجل صوم شهر يكمله كما يكمل رمضان
واحتج بحديث عائشة: ما رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم استكمل شهرا قط إلا
رمضان.
“Dari Ibnu ‘Abbaas,
bahwasannya ia membenci berpuasa di bulan Rajab secara penuh. Dan dari Ibnu
‘Umar dan Ibnu ‘Abbaas bahwa keduanya berpendapat orang yang berpuasa di bulan
Rajab hendaknya berbuka dalam beberapa hari. Anas dan Sa’iid bin Jubair juga
membencinya. Yahyaa bin Sa’iid Al-Anshaariy dan Al-Imam Ahmad membenci puasa di
bulan Rajab secara penuh. Ia (Ahmad) berkata: ‘Hendaknya berbuka sehari atau
dua hari’ – dimana ia mengutipnya dari Ibnu ‘Umar dan Ibnu ‘Abbaas.
Asy-Syaafi’iy dalam al-qadiim berkata: ‘Aku membenci seseorang berpuasa satu
bulan secara sempurna sebagaimana ia menyempurnakan Ramadlan’. Ia berhujjah
dengan hadits ‘Aaisyah: ‘Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa satu bulan pun selain bulan
Ramadlan’…..” (Lathaaiful-Ma’aarif, hal. 119; Daar Ibni Hazm, Cet. 1/1424).
Wallaahu a’lam
bish-shawwaab.
Alhamdulillah, tulisan
singkat ini dapat diselesaikan, semoga ada manfaatnya.
Oleh: Abul Jauzaa' Dony Arif Wibowo
Footnote:
(1) Ada satu riwayat
sebagai berikut:
عن ابن عباس؛ أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن صيام رجب.
Dari Ibnu ‘Abbaas:
Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang berpuasa di bulan
Rajab (Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 1743, Ath-Thabaraaniy 10/348 no.
10681, dan Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan no. 3814).
Sanad hadits ini lemah –
bahkan sangat lemah, dengan letak kelemahan pada Daawud bin ‘Athaa’
Al-Muzanniy, Abu Sulaimaan Al-Makkiy.
Ahmad berkata: “Jangan
meriwayatkan hadits darinya”. Di lain riwayat ia berkata: “Tidak ada
apa-apanya”. Abu Haatim berkata: “Tidak kuat, dla’iiful-hadiits,
munkarul-hadiits”. Al-Bukhaariy dan Abu Zur’ah berkata: “Munkarul-hadiits”.
An-Nasaa’iy berkata: “Dla’iif”. Ibnu ‘Adiy berkata: “Haditsnya tidak banyak,
dan sebagian haditsnya terdapat pengingkaran”. Ad-Daaruquthniy berkata:
“Matruuk, termasuk penduduk Makkah”. Ibnu Hibbaan berkata: “Banyak keliru dalam
khabar-khabar/hadits. Tidak boleh berhujjah karena banyaknya kekeliruan yang
ada padanya”. Muslim berkata: “Dzaahibul-hadiits”.
(2) Diriwayatkan juga
oleh Ahmad 1/231, Abu Ya’laa no. 2602, Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan no.
3799, dan yang lainnya.
(3) ‘Abdullah bin
Maslamah bin Qa’nab Al-Qa’nabiy Al-Haaritsiy, seorang yang tsiqah lagi ahli
ibadah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahihnya.
Malik, ia adalah Ibnu
Anas; seorang imam yang tidak perlu dipertanyakan lagi.
Abun-Nadlr, ia adalah
Saalim bin Abi Umayyah Al-Qurasyiy At-Taimiy, seorang yang tsiqah lagi tsabt,
namun sering melakukan irsal. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
Akan tetapi riwayatnya di sini bukan termasuk riwayat mursal-nya.
Abu Salamah bin
‘Abdirrahmaan, seorang yang tsiqah. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam
Shahih-nya.
(4) Abu Mu’aawiyyah
adalah Muhammad bin Khaazim At-Tamiimiy As-Sa’diy, seorang yang tsiqah, dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ia merupakan orang yang paling
haafidh dalam periwayatan dari Al-A’masy.
Al-A’masy adalah seorang
yang tsiqah lagi haafidh, termasuk perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya. Akan tetapi masyhur melakukan tadlis, sedangkan di sini ia
meriwayatkan dengan ‘an’anah – sehingga riwayatnya lemah (dla’if).
Wabarah bin ‘Abdirrahman
Al-Kuufiy Abu Khuzaimah, seorang yang tsiqah, termasuk perawi yang dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
Kharasyah bin Al-Hurr
Al-Fazaariy, seorang yang tsiqah dari kalangan kibaarut-taabi’iin. Dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
Al-A’masy mempunyai
mutaba’ah dari Mis’ar dari Wabarah, dari Kharasyah; sebagaimana diriwayatkan
oleh Sa’iid bin Manshuur (Tabayyunul-‘Ujb oleh Ibnu Hajar, hal. 70) dan Ibnu
Abi Syaibah (Musnad Al-Faaruq oleh Ibnu Katsiir, 1/285).
(5) Wakii’ bin
Al-Jarraah, seorang yang tsiqah, haafidh, lagi ahli ibadah.
‘Aashim bin Muhammad bin
Zaid bin ‘Abdillah bin ‘Umar bin Al-Khaththaab, seorang yang tsiqah. Dipakai
oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
Muhammad bin Zaid bin bin
‘Abdillah bin ‘Umar bin Al-Khaththaab, seorang yang tsiqah. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
(6) ‘An’anah Ibnu Juraij
dari ‘Athaa’ – dan ia seorang mudallis – tidak memudlaratkannya. Ibnu Abi
Khaitsamah membawakan satu riwayat shahih dari Ibnu Juraij, bahwa ia (Ibnu
Juraij berkata):
إذا قلت قال عطاء فأنا سمعته منه وإن لم أقل سمعت
“Apabila aku berkata:
Telah berkata ‘Atha’ , maka artinya aku telah mendengarnya walau aku tidak mengatakan:
Aku telah mendengar” (Tahdziibut-Tahdziib, 2/617 – biografi ‘Abdul-Malik bin
‘Abdil-‘Aziz bin Juraij Al-Umawiy).
Asy-Syaikh Al-Albani
rahimahullah pun kemudian memberikan penegasan:
وهذه فائدة هامة جدا ، تدلنا على أن عنعنة ابن جريج عن عطاء في حكم السماع
“Ini satu faedah yang
sangat besar, yang menunjukkan pada kita bahwa ‘an’anah Ibnu Juraij dari ‘Atha’
dihukumi penyimakan (sama’).” (Irwaaul-Ghaliil, 4/244)
Ikuti terus sosial media
Tim Kabel Dakwah:
Youtube: Kabel Dakwah
Twitter: Kabel Dakwah Official
Facebook: Kabel Dakwah Official
Instagram: Kabel Dakwah
Website: Kabeldakwah.com
Kami Juga melayani:
1. Jasa Pembuatan Website
Wordpress / Blogger
2. Iklan Publikasi di Website
Kabeldakwah.com
3. Instal Ulang Windows
4. Penjualan Theme Blogger
5. Instal Ulang Software
Aplikasi
6. Pembuatan Jersey
7. Pemesanan Snack
(Khusus Area Cilacap Kota)
8. Pemesanan Aplikasi
Raport
9. Indexing Website
10. Privat Mengaji
(Online), Dan Lain-Lain.
Hubungi Kami Di Sini
Dukung Kabeldakwah.com dengan menjadi SPONSOR dan
DONATUR.
SARAN / MASUKAN, Konfirmasi SPONSOR & DONASI hubungi:
089673617156
Kirim Sponsor dan Donasi Anda ke Rek Berikut:
BSI 7055429997 a.n. Nurul Azizah
Posting Komentar untuk "Hukum Puasa Rajab"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.