Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Disukai Menggunakan Istilah Nasikah daripada Aqiqah

Mana Yang Lebih di Sukai antara Nasikah dengan Aqiqah?

Disebutkan didalam sebuah hadist:

عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده قال: سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن العقيقة فقال لا يحب الله عز وجل العقوق وكأنه كره الاسم قال لرسول الله صلى الله عليه وسلم إنما نسألك أحدنا يولد له قال من أحب أن ينسك عن ولده فلينسك عنه عن الغلام شاتان مكافأتان وعن الجارية شاة

Dari ’Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya ia berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya tentang aqiqah, maka beliau menjawab: “Allah ‘azza wa jalla tidak suka dengan istilah Al-‘Uquuq (‘aqiiqah)”. Seakan-akan beliau membenci istilah tersebut (yaitu aqiqah). Penanya kembali berkata kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam: “Kami hanya bermaksud menanyakan jika salah seorang di antara kami mempunyai anak (yang baru dilahirkan)”. Maka beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Barangsiapa yang ingin menyembelih karena kelahiran anaknya, maka hendaklah ia menyembelih. Untuk laki-laki dua kambing yang sama/setara dan untuk perempuan satu kambing”.[1]

Asy-Syaukani berkata:

قوله‏: "‏وكأنه كره الأسم" وذلك لأن العقيقة التي هي الذبيحة والعقوق للأمهات مشتقان من العق الذي هو الشق والقطع فقوله صلى اللّه عليه وآله وسلم: "‏لا أحب العقوق" بعد سؤاله عن العقيقة للاشارة إلى كراهة اسم العقيقة لما كانت هي والعقوق يرجعان إلى أصل واحد ولهذا قال صلى اللّه عليه وآله وسلم: "‏من أحب منكم أن ينسك" ارشادا منه إلى مشروعية تحويل العقيقة إلى النسيكة وما وقع منه صلى اللّه عليه وآله وسلم من قوله "مع الغلام عقيقة" و"كل غلام مرتهن بعقيقته" و"رهينة بعقيقته" فمن البيان للمخاطبين بما يعرفونه لان ذلك اللفظ هو المتعارف عند العرب ويمكن الجمع بأنه صلى اللّه عليه وآله وسلم تكلم بذلك لبيان الجواز وهو لا ينافي الكراهة التي اشعر بها‏.‏

“Perkataan: “seolah-olah beliau membenci istilah tersebut (aqiqah)”; karena aqiqah adalah sembelihan (dzabihah), sedangkan ‘uquq biasanya digunakan bagi kaum ibu. Istilah ini berasal dari kata al-’iq yaitu membelah dan memotong. Maka kata-kata beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam: لا أحب العقوق (“aku tidak menyukai istilah al-‘uquuq”)[2] setelah ditanya tentang masalah ‘aqiqah adalah isyarat bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci istilah ‘aqiqah karena al-‘aqiqah dan al-‘uquuq mempunyai asal kata yang satu/sama. Oleh karena itu, sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wasallam: “Barangsiapa yang ingin menyembelih” adalah sebagai petunjuk disyari’atkannya mengganti istilah ‘aqiqah dengan istilah ‘an-nasikah’. Adapun istilah ‘aqiqah yang pernah disebutkan oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wasallam dalam sabdanya: “Untuk satu anak adalah satu ‘aqiqah” dan juga: “Setiap anak itu tergadaikan dengan ‘aqiqahnya” merupakan penjelasan (bayan) bagi orang-orang yang beliau ajak bicara dengan bahasa yang mereka pahami, karena kata ‘aqiqah adalah kata yang diketahui maknanya oleh orang-orang Arab pada saat itu. Memungkinkan pula untuk menjamak (hadits-hadits tersebut) bahwa hal itu merupakan penjelasan beliau shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wasallam yang membolehkan menggunakan kata ‘aqiqah. Dan itu tidaklah menafikkan kebencian (terhadap kata ‘aqiqah) sebagaimana diketahui dalam hadits “Aku tidak menyukai istilah al-‘uquuq”.[3]

Oleh: Abul Jauzaa’ Dony Arif Wibowo



[1] Diriwayatkan Abu Dawud no. 2842; Nasa’i no. 4212; Ahmad no. 6713, 6822; dan Abdurrazzaq no. 7961. Hadits ini dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahiihah 4/213 no.1655; Maktabah Al-Ma’arif, Cet. Tahun 1415, Riyadl.

[2] Ini adalah lafadh milik Ahmad.

[3] Nailul-Authaar oleh Muhammad bin ’Ali Asy-Syaukaniy, 5/153; Maktabah Mushthafaa Al-Baabiy Al-Halabiy.

Posting Komentar untuk "Lebih Disukai Menggunakan Istilah Nasikah daripada Aqiqah"