Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Apa Akidah Imam Syafi'i?

1.Bab Sumpah

Di kekuarkan oleh al-baihaqi dari Ar rabi' bin Sulaiman berkata: Berkata As Syafi'i Ra: Barang siapa yang bersumpah dengan salah satu dari nama Allah,lalu ia melanggar sumpah nya, maka atas diri nya utk membayar kaffarat. Adapun kalau ia bersumpah dengan makhluk / selain Allah seprti mengatakan " Demi ka'bah atau demi bapak ku, lalu ia melanggar nya, maka tidak ada kaffarat atasnya.

Sabda Nabi Yang mulia " Sesungguhnya Allah Azza wajalla melarang kalian utk bersumpah dengan Bapak bapak kalian, maka barang siapa yang hendak bersumpah, maka hendaklah bersumpah dengan nama Allah atau diam. (Bukhari dalam kitabul iman dan Nadzar, Muslim dalam kitab Al-Iman Bab larangan bersumpah dengan selain Allah)

2. Bab Penetapan Imam Syafi'i tentang Kemaha tinggi nya Allah.

Dalam ijtima' aljuyusy oleh ibnu al Qayyim dari Imam syafi'i beliau berkata:

' Pendapat ku dalam sunnah yang aku pegang dan yang di pegang oleh para sahabat ku (tokoh tokoh hadits) yang aku liat dan mengambil riwayat dari mereka seprti Sufyan atsauri, malik, dll. Menetapkan bahwa Tidak ada tuhan yang hak di sembah selain Allah. Bahwa Muhammad Adalah utusan nya, bahwasanya Allah di atas arsy di atas ketinggian. Allah mendekat pada makhluknya dengan kehendak nya, bahwasanya Allah turun ke langit dunia sesuai kehendaknya. ( ibnu Qudamah dalam " Itsbat sifatul ulu' 180, Adzahabi dalam al uluw nya 120. Majmu' fataawa 4/181.ijtima' al juyusy 165, mukhtashar al uluw 176)

3. Bab Bid'ah pandangan yang mengatakan Asma' ul husna Allah makhluk.

Di keluarkan oleh ibnu abdil barri dari yunus bin abdil a'la (bin maisarah ashodafi) berkata aku mendengar As Syafi'i berkata " Jika engkau mendengar seorang laki laki berkata bahwa: Nama itu tidak lah menunjukkan orang yang dinamai maksudnya (Nama-nama Allah itu adalah makhluk), maka saksikanlah ia termasuk Zindiq. (al intiqo' hal 79, majmu' fataawa 6/187)

Ketahuilah Ini adalah merupakan kebusukan akidah kaum jahmiyah Yang banyak tersebar di kalangan ummat islam.

4. Bab: Menetapkan semua sifat Allah dalam alquran.

Berkata imam syafi'i dalam Arrisaalah nya: Segala puji Bagi Allah... Sebagaimana ia sifati diri nya dengan sifat yang mulia dan yang para hambanya sifatkan bagi Allah (Ar risalah hal 7)

Imam Adzahabi menukilkan dalm siyar nya dari Imam Syafi'i beliau berkata: Kami menetapkan bagi Allah sifat sifat nya yang bercantum dalam Al-quran dan datang dalam sunnah. Kami nafikan penyerupaan dengan makhluknya, liat ayat 11 suroh as syuuro)

5. Bab: Orang beriman meliat Tuhan di akhirat.

Ibnu abdil bar menukilkan dari arrobi' bin sulaiman berkata: aku dengar Syafi'i berkata terkait firman Allah dalam suroh Almuthoffifin ayat 15, kita di beritakan dengan hal itu bahwasanya nanti ada suatu kaum yang tidak tertutup / tidak terhalang dari meliat Allah (al intiqo' hal 79)

Semoga Allah Rahmati kita semua dengan akidah Yang lurus sebagaimana tergantung dalam nash Al-Quran dan Sunnahnya sebagaimana Yang di yakini oleh Imam Syafi'i Rahimahullah.

Oleh: Abu Naadir Alby Zen

Abis Magrib 03/10/2022

KabeL DakwaH
KabeL DakwaH Owner Gudang Software Al-Amanah

Posting Komentar untuk "Seperti Apa Akidah Imam Syafi'i?"