Apakah Nabi Melihat Allah Ketika Isra' Mi'raj ?. (Perbedaan Pendapat Bagian 1)
Pendapat di Kalangan Shahabat
Dalam hal ini, terangkum tiga pendapat yang
beredar dikalangan Sahabat Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam:
1. Menetapkan ru’yah (melihat Allah) secara
mutlak.
Perkataan Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa:
a. Dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas
radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata:
"أتعجبون
أن تكون الخلة لإبراهيم والكلام لموسى، والرؤية لمحمد صلى الله عليه وسلم"
“Apakah kalian merasa heran apabila al-khullah
(kekasih) diperuntukkan bagi Ibraahiim, al-kalaam bagi Muusaa, dan ar-ru’yah
bagi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam?”. (1)
b. Dari Ibnu ‘Abbaas tentang firman Allah
ta’ala {وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً
أُخْرَى عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى} “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat-nya pada waktu yang lain,
(yaitu) di Sidratil Muntaha” (QS. An-Najm: 13-14), ia (Ibnu ‘Abbaas) berkata:
رأى ربه فتدلى
فكان قاب قوسين أو أدنى
“Beliau (Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam)
melihat Rabbnya, lalu Ia mendekat sehingga jadilah Dia dekat (dengan Muhammad
sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi)”. (2)
c. Dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas
radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata:
"رأى
محمدٌ ربَّه". قلت: أليس الله يقول {لا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ
يُدْرِكُ الأَبْصَارَ} (الأنعام 103)، قال: ويحك ذاك إذا تجلى بنوره الذي هو نوره،
وقال: أُرِيَه مرتين"
“Muhammad telah melihat Rabbnya”. Aku
(‘Ikrimah) berkata: “Bukankah Allah berfirman: ‘Dia tidak dapat dicapai oleh
penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu’ (QS.
Al-An’aam: 103)?”. Ia (Ibnu ‘Abbaas) menjawab: “Bagaimana kamu ini, hal itu
adalah jika Allah menampakkan diri dengan cahaya-Nya yang ia itu adalah
cahaya-Nya”. Ibnu ‘Abbaas melanjutkan: “Beliau (Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam) melihat Rabbnya dua kali”. (3)
d. Riwayat:
عن عبد الله بن
عمر أنه بَعَثَ إلى عبد الله بن عباس -رضي الله عنهم- يسأله: هل رأى محمدٌ صلى
الله عليه وسلم ربَّه؟ فبعث إليه: "أن نعم قد رآه"، فرد رسوله إليه
وقال: كيف رآه؟ فقال: "رآه على كرسي من ذهب، تحمله أربعة من الملائكة، ملك في
صورة رجل، وملك في صورة أسد، وملك في صورة ثور، وملك في صورة نسر، في روضة خضراء،
دونه فراش من ذهب"
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwasannya ia
mengutus seseorang kepada ‘Abdullah bin ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhum untuk
bertanya: “Apakah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat
Rabbnya?”. Maka Ibnu ‘Abbaas memberikan jawaban kepadanya: “Ya benar, beliau
telah melihat Rabbnya”. Ibnu ‘Umar kembali mengutus seseorang kepadanya untuk
bertanya: “Bagaimana beliau melihat Rabbnya?”. Ibnu ‘Abbaas menjawab: “Beliau
melihat Allah di atas kursi yang terbuat dari emas yang dibawa/dipikul empat
malaikat, yaitu: malaikat dalam wujud/bentuk seorang laki-laki, seekor singa,
sapi jantan, dan burung nasar. Kursi itu berada di suatu kebun yang hijau, yang
di bawahnya terdapat alas/kasur yang terbuat dari emas pula”. (4)
Perkataan Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu:
عن قتادة أن
أنسًا - رضي الله عنه - قال: "رأى محمدٌ ربَّه"
Dari Qataadah: Bahwasannya Anas radliyallaahu
‘anhu berkata: “Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah melihat Rabbnya”.
(5)
Perkataan Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu.
قال داود بن
حصين: سأل مروان أبا هريرة رضي الله عنه: هل رأى محمدٌ صلى الله عليه وسلم ربَّه
عز وجل؟ فقال: "نعم، قد رآه"
Daawud bin Hushain berkata: Marwaan pernah
bertanya kepada Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu: “Apakah Muhammad shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah melihat Rabbnya?”. Ia menjawab: “Benar, sungguh ia
telah melihat-Nya”. (6)
2. Menetapkan ru’yah, namun men-taqyid-nya
dengan penglihatan hati (ar-ru’yatul-qalbiyyah)
Ada riwayat marfuu’ mengenai hal ini, akan
tetapi kualitasnya dla’iif karena mursal; yaitu yang diriwayatkan oleh Muhammad
bin Ka’b Al-Qurthubiy, ia berkata:
سئل النبي صلى
الله عليه وسلم: هل رأيت ربك؟ قال: "رأيته بفؤادي، ولم أره بعيني"
“Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah
ditanya: ‘Apakah engkau pernah melihat Rabbmu?’. Beliau menjawab: ‘Aku
melihatnya dengan hatiku, namun aku tidak melihat-Nya dengan mataku”. (7)
Perkataan Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa:
a. Dari ‘Athaa’, dari Ibnu ‘Abbaas
radliyallaahu ‘anhumaa tentang firman-Nya {وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى} ‘Dan sesungguhnya Muhammad telah melihatnya di
waktu yang lain’ (QS. An-Najm: 13); ia berkata:
إن النبي صلى
الله عليه وسلم رأى ربه بقلبه
“Sesungguhnya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam melihat Rabbnya dengan hatinya”. (8)
b. Dari Abul-‘Aaaliyyah, dari Ibnu ‘Abbaas:
أن النبي صلى
الله عليه وسلم رأى ربه بفؤاده مرتين
“Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam melihat Rabbnya dengan hatinya sebanyak dua kali”. (9)
Perkataan Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu:
a. Dari Ibraahiim At-Taimiy: Bahwasannya Abu
Dzarr radliyallaahu ‘anhu berkata:
رآه بقلبه ولم
تره عيناه. وفي رواية: رآه بقلبه
“Beliau melihat-Nya dengan hatinya, namun tidak
dengan kedua matanya”. Dalam riwayat yang lain: “Beliau melihat-Nya dengan
hatinya”. (10)
b. Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy, dari Abu
Dzarr, ia berkata:
رأى رسول الله
صلى الله عليه وسلم ربَّه بقلبه ولم يره ببصره
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
pernah melihat Rabbnya dengan hatinya, dan beliau tidak melihat-Nya dengan
matanya”. (11)
3. Menafikkan Ru’yah Secara Mutlak
Perkataan ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa:
عن مسروق قال:
كنت متكئا عند عائشة -رضي الله عنها- فقالت: "يا أبا عائشة: ثلاث من تكلم
بواحدة منهن، فقد أعظم على الله الفرية، من زعم أن محمدًا رأى ربه فقد أعظم الفرية
على الله، قال: وكنت متكئا فجلست فقلت: يا أم المؤمنين: أنظريني ولا تعجليني: ألم
يقل الله عز وجل {وَلَقَدْ رَآهُ بِالأُفُقِ الْمُبِينِ} {وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً
أُخْرَى} فقالت: أنا أول هذه الأمة، سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: إنما
هو جبريل، لم أره على صورته التي خلق عليها غير هاتين المرتين رأيته منهبطًا من
السماء سادًا عظم خلقه ما بين السماء إلى الأرض. فقالت: ألم تسمع أن الله يقول {لا
تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الأَبْصَار} (الأنعام 103) أو لم تسمع أن
الله يقول {وَمَا كَانَ لِبَشَرٍ أَنْ يُكَلِّمَهُ اللَّهُ إِلاَّ وَحْياً أَوْ
مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ أَوْ يُرْسِلَ رَسُولاً فَيُوحِيَ بِإِذْنِهِ مَا يَشَاءُ
إِنَّهُ عَلِيٌّ حَكِيمٌ} (الشورى 51(
Dari Masruuq, ia berkata: Aku pernah duduk
bersanda di samping ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa. Lalu ia berkata: “Wahai Abu
‘Aaisyah (yaitu Masruuq – Abul-Jauzaa’), ada tiga hal yang barangsiapa
mengatakan salah satu di antaranya, sungguh ia telah membuat kebohongan yang
besar kepada Allah. Barangsiapa yang mengatakan bahwa Muhammad pernah melihat
Rabbnya, sungguh ia telah membuat kebohongan yang besar kepada Allah”. Saat itu
aku duduk bersandar, (saat mendengarnya) lalu akupun duduk tegak. Aku berkata:
“Wahai Ummul-Mukminiin, tunggu dulu dan janganlah tergesa-gesa. Bukankah Allah
‘azza wa jalla telah berfirman: ‘Dan sesungguhnya ia (Muhammad) melihatnya di
ufuk yang terang’ (QS. At-Takwiir: 23), ‘Dan sesungguhnya ia (Muhammad) telah
melihatnya pada waktu yang lain’ (QS. An-Najm: 53)?”. Maka ‘Aaisyah menjawab:
“Aku adalah orang pertama di antara orang-orang yang menanyakan hal itu kepada
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau bersabda: ‘Sesungguhnya
ia itu adalah Jibriil. Aku tidak pernah melihatnya pada bentuknya (yang asli)
sebagaimana ia diciptakan (oleh Allah) kecuali hanya dua kali ini saja.
(Pertama), aku melihatnya turun dari langit, dimana tubuhnya yang besar
memenuhi ruang antara langit dan bumi’”. ‘Aaisyah berkata: “Tidakkah engkau
pernah mendengar Allah berfirman: ‘Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan
mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu….’ (QS. Al-An’aam: 103)
Dan tidakkah engkau pernah mendengar Allah berfirman: ‘Dan tidak ada bagi
seorang manusia pun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan
perantaraan wahyu, atau di belakang tabir, atau dengan mengutus seorang utusan
(malaikat), lalu diwahyukan kepadanya dengan seijin-Nya apa yang Dia kehendaki.
Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana’ (QS. Asy-Syuura: 51)”. (12)
Perkataan Ibnu Mas’uud radliyallaahu ‘anhu:
عن زر بن عبد
الله بن حبيش، عن عبد الله بن مسعود - رضي الله عنه - في قوله تعالى: {وَلَقَدْ
رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى} (النجم 13)، قال: "رأى رسول الله صلى الله عليه وسلم
جبريل في صورته، له ستمائة جناح
Dari Zirr bin ‘Abdillah bin Hubaisy, dari
‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu tentang firman-Nya ta’ala: ‘Dan
sesungguhnya ia (Muhammad) telah melihatnya pada waktu yang lain’ (QS. An-Najm:
53), ia berkata: “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat Jibriil
dalam bentuknya (yang asli) yang mempunyai 600 sayap”. (13)
Perkataan Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu:
عن عطاء عن أبي
هريرة - رضي الله عنه - في قوله تعالى {وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى} قال:
"رأى جبريل"
Dari ‘Athaa’, dari Abu Hurairah radliyallaahu
‘anhu tentang firman-Nya ta’ala: ‘Dan sesungguhnya ia (Muhammad) telah
melihatnya pada waktu yang lain’ (QS. An-Najm: 53), ia berkata: “Beliau
shallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat Jibriil”. (14)
Perkataan Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu:
عن عبد الله بن
شقيق قال: قلت لأبي ذر: لو رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم لسألته، قال: عما
كنت تسأله؟ قال: إذن لسألته هل رأى ربه؟ فقال: قد سألته أنا، قلت: فما قال؟ قال:
"نور أنى أراه"، وفي رواية "رأيت نوراً"
Dari ‘Abdullah bin Syaqiiq, ia berkata: Aku
pernah berkata kepada Abu Dzarr: “Seandainya aku melihat Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam, tentu aku akan bertanya kepada beliau”. Ia
bertanya: “Apa yang akan engkau tanyakan?”. (‘Abdullah bin Syaqiiq berkata):
“Aku akan tanyakan kepada beliau apakah beliau pernah melihat Rabbnya”. Abu
Dzarr berkata: “Sungguh, aku pernah menanyakan hal itu kepada beliau”. Aku
bertanya: “Apa yang beliau katakan?”. Abu Dzarr berkata: (Beliau menjawab):
“Cahaya, bagaimana aku dapat melihat-Nya”. Dalam riwayat lain: “Aku melihat
cahaya”. (15)
*****
Insya Allah bersambung……
Footnote:
(1) Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim dalam
As-Sunnah (1/192) dan Al-Albaaniy berkata: “Sanadnya shahih sesuai persyaratan
Al-Bukhaariy”; ‘Abdullah bin Al-Imaam Ahmad dalam As-Sunnah (1/299);
An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa (Tuhfatul-Asyraf, 5/165); Ibnu Khuzaimah dalam
At-Tauhiid (1/479 no. 272); dan Al-Aajurriy dalam Asy-Syarii’ah (3/1541 no.
1031 & 2/1048 no. 627)
Diriwayatkan juga oleh Ad-Daaruquthniy dalam
Ar-Ru’yah (hal. 85 no. 77), dengan sanadnya dari Anas bin Maalik, ia berkata:
Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
جبل الله الخلة
لإبراهيم، والكلام لموسى، والرؤية لمحمد صلى الله عليه وسلم
“Allah menciptakan Al-Khullah (= menjadikan
sebagai kekasih-Nya) untuk Ibraahiim, Al-Kalaam (= diberikan kesempatan untuk
berbicara secara langsung) untuk Muusaa, dan Ar-Ru ‘yah (= melihat Allah secara
langsung) untuk Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam”.
Dibawakan As-Suyuuthiy dalam Al-Khashaaish
2/330 dari hadits Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu, dan menyandarkannya
kepada Ibnu ‘Asaakir. Lihat Kanzul-‘Ummaal 14/447 no. 39208.
Diriwayatkan juga oleh Ibnu Mandah dalam
Al-Iimaan (3/740) dan dalam At-Tauhiid (3/146-147 no. 581); Al-Haakim dalam
Al-Mustadrak (1/65) dan ia menshahihkannya yang kemudian disepakati oleh
Adz-Dzahabiy; dan Al-Laalikaaiy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah
(3/515)
Dibawakan oleh Al-Hindiy dalam Kanzul-‘Ummaal
(14/447) dan As-Suyuuthiy menyandarkannya kepada Ibnu ‘Asaakir, Adz-Dzahabiy
dalam Siyaru A’laamin-Nubalaa’ (14/45); serta Ibnu Hajar dalam Al-Fath (7/218)
dan ia menyandarkannya kepada Ath-Thabaraaniy dalamAl-Ausath, yang kemudian ia
(Ibnu Hajar) berkata (8/608): “Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy dengan sanad
shahih”.
(2) Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy, Kitaabu
Tafsiiril-Qur’aan, Baab (54) (5/395 no. 3280), dan ia berkata: “Hadits hasan”;
Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah 1/191, dan Al-Albaaniy berkata: “Sanadnya
shahih mauquuf”; Ibnu Jariir dalam Tafsir-nya (27/52); Ibnu Khuzaimah dalam
At-Tauhiid (1/490); Ibnu Hibbaan dalam Shahih-nya (1/253-254 no. 57);
Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir (10/363); Al-Aajurriy dalam Asy-Syarii’ah
(3/1541-1542 no. 1032); Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah
wal-Jamaa’ah (3/518); Al-Baihaqiy dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat (2/360 no. 933);
dan Adz-Dzahabiy dalam Al-‘Arsy (no. 48)
(3) Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy dalam
Sunan-nya, Kitaabut-Tafsiir, Baab (53) (no. 3279); Ibnu Abi ‘Aashim dalam
As-Sunnah, Baab (94) (no. 435-437), dan Al-Albaaniy berkata: “Sanadnya
dla’iif”; Al-Laalikaaiy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah (3/515, 521)
(no. 904-906, 910-913, 916-917, 920); ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah
(1/175-176 no. 217, 1/292-293 no. 563, 2/460-461 no. 1044-1045); Ibnu mandah
dalam Al-iimaan (3/5-7 no. 754-761); Ibnu Syaahiin dalam Al-Kitaabul-Lathiif
(hal. 265 no. 8-98, 9-99, 10-100); dan Al-Baihaqiy dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat
(2/353 no. 926)
(4) Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-‘Arsy
(hal. 391 no. 38); Ibnu Khuzaimah dalam At-Tauhiid (2/483 no. 275); ‘Abdullah
bin Ahmad dalam As-Sunnah (1/175 no. 217); Al-Aajurriy dalam Asy-Syarii’ah
(3/1543 no. 1034); Al-Baihaqiy dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat (2/311 no. 934);
dan dibawakan oleh Ibnul-Jauziy dalam Al-‘Ilal Al-Mutanaahiyyah (1/23-24)
Sanadnya dla’iif. Al-Baihaqiy berkata:
هذا حديث تفرد
به محمد بن إسحاق بن يسار، وقد مضى الكلام في ضعف ما يرويه إذا لم يبين سماعه فيه.
وفي هذه الرواية انقطاع بين ابن عباس -رضي الله عنهما- وبين الراوي عنه وليس بشيء
من هذه الألفاظ في الروايات الصحيحة عن ابن عباس رضي الله عنهما.
“Hadits ini, Muhammad bin Ishaaq bin Yasaar
telah bersendirian dalam periwayatannya. Telah lewat penjelasan tentang
kelemahan hadits yang ia riwayatnya jika ia tidak menjelaskan penyimakan
padanya. Dalam riwayat ini, terdapat keterputusan antara Ibnu ‘Abbaas
radliyallaahu ‘anhumaa dengan perawi sebelumnya. Selain itu, tidak ada satupun
dari lafadh-lafadh ini yang terdapat dalam riwayat-riwayat yang shahih dari
Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa”.
(Saya (Abul-Jauzaa’) berkata: Ibnu Ishaaq telah
menjelaskan tashrih penyimakan riwayatnya dari ‘Abdurrahmaan bin Al-Haarits
dalam riwayat ‘Abdullah bin Ahmad)
(5) Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim dalam
As-Sunnah (1/188 no. 432), dan Al-Albaaniy berkata: “Sanadnya dla’iif”; Ibnu
Khuzaimah dalam At-Tauhiid (2/487 no. 280); dan dibawakan oleh As-Suyuuthiy
dalam Ad-Durrul-Mantsuur (6/159) dan ia menyandarkannya kepada Ibnu Mardawaih.
(6) Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam
As-Sunnah (1/176 no. 218), dan muhaqqiq kitab berkata: “Sanadnya dla’iif”; dan
Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah (3/517 no. 908)
(7) Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy (27/46-47);
Ibnu Abi Haatim (10/3319 no. 18699); Al-Bustiy dalam Tafsir-nya (hal. 462 no.
1180); serta dibawakan oleh As-Suyuuthiy dalam Ad-Durrul-Mantsuur (6/160), dan
ia menyandarkan pada ‘Abd bin Humaid dan Ibnul-Mundzir.
(8) Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya
(3/8) Kitaabul-Iimaan, Baab Ma’naa Qaulillaahi ‘azza wa jalla: Walaqad ra-aahu
nazlatan ukhraa (no. 435); dan Ahmad dalam Al-Musnad (1/223)
(9) Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya
(3/8), Kitaabul-Iimaan, Baab Ma’naa Qaulihi: Walaqad Ra-aahu nazlatan Ukhraa;
Ahmad dalam Al-Musnad (1/223); dan Al-Bustiy dalam Tafsir-nya (hal. 461 no.
1179)
(10) Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dalam
At-Tauhiid (2/516-517 no. 310-311), dan muhaqqiq berkata: “Sanadnya shahih”;
Al-Laalilkaa’iy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad Ahlis-Sunnah wal-jamaa’ah
(3/518-519 no. 914-915); Ibnu Syaahiin dalam Al-Kitaabul-Lathiif (hal. 273 no.
40-915); Ad-Daaruquthniy dalam Ar-Ru’yah (hal. 183 no. 289-290); serta
dibawakan oleh As-Suyuuthiy dalam Ad-Durrul-Mantsuur (6/160) dan ia
menyandarkannya kepada ‘Abd bin Humaid, Ibnul-Mundzir, Ibnu Abi Haatim, dan
Ibnu Mardawaih.
(11) Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy dalam
Tafsir-nya (2/345 no. 556), dan muhaqqiq berkata: “Shahih, dan al-mushannif
(yaitu An-Nasaa’iy – Abul-Jauzaa’) telah bersendirian dengannya; Ibnu Khuzaimah
dalam At-tauhiid (2/516 no. 310); Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuuli I’tiqaad
Ahlis-Sunnah wal-Jama’aah (3/547 no. 914); serta dibawakan As-Suyuuthiy dalam
Ad-Durrul-Mantsuur (6/160)
(12) Diriwayatkan dengan lafadh ini oleh:
Muslim dalam Shahih-nya (3/9-13), Kitaabul-Iimaan, Baab Ma’naa Qaulihi ta’ala
Walaqad Ra-aahu Nazlatan Ukhraa (no. 428); At-Tirmidziy dalam Sunan-nya
(5/262-263), Kitaabut-Tafsiir, Baab Wa Min Suurati Al-An’aam (no. 3068); dan
Ahmad dalam Al-Musnad (6/49-50) Diriwayatkan pula oleh Al-Bukhaariy dalam
Shahih-nya (8/472), Kitaabut-Tafsiir, Baab Min Suurati An-Najm (no. 4855); dan
At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (5/394-395), Baab Wa Min Suurati An-Najm (no.
3278); dengan lafadh yang berdekatan/mirip.
(13) Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dalam
Shahih-nya (6/360), Kitaabu Bad’il-Kahlq, Baab Idzaa Qaala Ahadukum Aamiin….dst
(no. 3232) & (8/476), Kitaabut-Tafsiir, Baab: Fa-Kaana Qaaba Qausaini Au
Adnaa (no. 4856-4857); dan Muslim dalam Shahih-nya (3/6), Kitaabul-Iimaan, Baab
Fii Qaulihi ta’ala: Walaqad Ra-aahu nazlatan Ukhraa (no. 431)
(14) Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya
(3/7), Kitaabul-Iimaan, Baab Fii Qaulihi ta’ala: Walaqad Ra-aahu nazlatan
Ukhraa (no. 434)
(15) Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya
(3/15), Kitaabul-Iimaan, Baab Qaulihi shallallaahu ‘alaihi wa sallam: Nuurun
Annaa Araahu dan dalam Baab: Wa fii Qaulihi: Ra-aitu Nuuran; dan At-Tirmidziy
(5/396), Kitaabut-Tafsiir, Baab Wa Min Suuratin-Najm (no. 3282)
Diriwayatkan pula oleh Ahmad dalam Al-Musnad
(5/147) dari jalan ‘Affaan, dari Hammaam, dari Qataadah dengan lafadh:
قد رأيته نور
أنى أراه
“Sungguh, aku telah melihat-Nya. Ada cahaya,
bagaimana aku dapat melihat-Nya”.
Diriwayatkan pula oleh ‘Abdullah bin Ahmad
dalam As-Sunnah (1/289-290 no. 556); dan Abu Bakr An-Najjaad dalam Ar-Radd
‘alaa Man Yaquulu Al-Qur’aan Makhluuq (hal. 52 no. 65); dari jalan ‘Affaan,
dari Yaziid bin Ibraahiim, dari Qataadah, dengan lafadh: “Sungguh, aku telah
melihat-Nya” saja.
Abu ‘Awaanah (1/146-147) menukil dari ‘Utsmaan
bin Abi Syaibah, bahwasannya ia berkata: Aku mendengar Ahmad bin Hanbal berkata:
“Aku masih menganggap hadits Yaziid bin Ibraahiim itu munkar hingga ‘Affaan
menceritakan kepada kami dari Hammaam, dari Qataadah, dari ‘Abdullah bin
Syaqiiq, ia berkata: Aku pernah berkata kepada Abu Dzarr….”.
Perkataan ini juga dinukil oleh Al-Haafidh Ibnu
Katsiir dalam tafsir-nya (7/453) dari Al-Khallaal, ia (Ibnu Katsiir) berkata:
وقد حكى الخلال
في علله عن الإمام أحمد قد سئل عن هذا الحديث فقال: ما زلت منكرا له، وما أدري ما
وجهه
“Al-Khallaal telah meriwayatkan dalam kitab
‘Ilal-nya dari Al-Imam Ahmad. Ia pernah ditanya tentang hadits ini, lalu
berkata: ‘Aku masih menganggap haditsnya (Yaziid) munkar, dan aku tidak
mengetahui apa sebabnya”.
(dinukil (dengan peringkasan) dari buku
Ru’yatun-Nabiy shallallaahu ‘alaihi wa sallam li-Rabbihi karya Prof. Dr. Muhammad
bin Khaliifah bin ‘Aliy At-Tamiimiy, bisa diunduh di:
http://www.saaid.net/book/open.php?cat=94&book=1799)
Penulis: Abul Jauzaa’
(Alumnus IPB & UGM)
Editor: Ahmadi As-Sambasy
Cilacap – Jawa Tengah
Posting Komentar untuk "Apakah Nabi Melihat Allah Ketika Isra' Mi'raj ?. (Perbedaan Pendapat Bagian 1)"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.