Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tinggikan Kepedulianmu Pada Ibadah

Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالى berfirman:


وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ ، مَا أُرِيدُ مِنْهُمْ مِنْ رِزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَنْ يُطْعِمُونِ  


"Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepadaKu saja. Aku tidak menginginkan rezeki apa pun dari mereka, dan tidak pula Aku menginginkan mereka memberi makan kepadaKu." (QS. Adz-Dzariyat: 56-57) 


An-Nawawi رَحِمَهُ اللهُ berkata:

"Ini merupakan keterangan tegas bahwa jin dan manusia diciptakan hanya untuk beribadah. Maka, menjadi kewajiban mereka untuk berkepedulian tinggi pada ibadah yang karenanya mereka diciptakan ini, serta berpaling dari keinginan mendapatkan dunia secara berlebihan dengan cara bersikap zuhud". 


Sesungguhnya dunia ini hanyalah rumah kediaman yang akan sirna, bukan tempat abadi. Ia hanya kendaraan untuk lewat, bukan tempat tinggal untuk bergembira ria. Ia hanya merupakan titik pangkal perpisahan, bukan rumah tinggal yang kekal. Oleh sebab itu orang yang cerdas di dunia ini adalah para ahli ibadah, orang yang paling berakal di dunia ini adalah orang-orang yang zuhud.

( Muqaddimah Riyadhu ash-Shalihin, 1/9)

Posting Komentar untuk "Tinggikan Kepedulianmu Pada Ibadah"