Kisah Taubatnya Al-Qa’nabiy (Mantan Pecandu Miras)
Ini adalah salah satu kisah
pertaubatan di kalangan salaf yang saya kagumi. Taubatnya Al-Qa’nabiy, mantan
pecandu khamr. Perlu rekan-rekan ketahui bahwa Al-Qa’nabiy ini adalah seorang
imam di jamannya, cahaya yang membuat cahaya-cahaya lain di dunia redup
karenanya. Ia adalah: ‘Abdullah bin Maslamah bin Qa’nab Al-Qa’nabiy
Al-Haaritsiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Madaniy Al-Bashriy (عبد الله بن مسلمة بن قعنب القعنبي الحارثي ، أبو عبد الرحمن المدني
البصري);
seorang yang tsiqah lagi ‘aabid – Ibnu Ma’iin dan Ibnul-Madiiniy tidak
mengedepankan seorangpun dalam periwayatan Al-Muwaththa’ darinya. Termasuk
thabaqah ke-9, dan wafat tahun 221 di Makkah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy (Taqriibut-Tahdziib, hal. 547
no. 3645) Adz-Dzahabiy menyebutnya dengan: imam yang tsabt (kokoh dalam
hadits), lagi teladan, seorang Syaikhul-Islaam (Siyaru A’laamin-Nubalaa’,
10/257). Ia adalah salah satu ashhaab (murid) Al-Imaam Maalik yang paling
besar, sebagaimana dikatakan oleh ‘Aliy bin Al-Madiiniy. (1) (Selain
Ibnu Ma'iin dan Ibnul-Madiiniy), Nashr bin Marzuuq mengatakan Al-Qa’nabiy
paling tsabt dalam periwayatan kitab Al-Muwaththa’-nya Maalik (2),
Bahkan ‘Abdullah Al-Khuraibiy menganggap Al-Qa’nabiy lebih baik daripada Maalik
(3)!!.
Bagaimana pertaubatannya itu?.
Berikut kisah ringkasnya:
عن بعض ولد القعنبي،
بالبصرة، قال: كان أبي يشرب النبيذ، ويصحب الأحداث، فدعاهم يوما وقد قعد على الباب
ينتظرهم، فمر شعبة على حماره، والناس خلفه يهرعون، فقال: من هذا؟ قيل: شعبة، قال: وأيش
شعبة؟ قالوا: محدث، فقام إليه وعليه إزار أحمر، فقال له: حدثني. فقال له: ما أنت من
أصحاب الحديث فأحدثك؟ فأشهر سكينه، وقال: تحدثني أو أجرحك؟ فقال له: حَدَّثَنَا مَنْصُورٌ،
عَنْ رِبْعِيٍّ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ ".
فَرَمَى سِكِّينَهُ،
وَرَجَعَ إِلَى مَنْزِلِهِ، فَقَامَ إِلَى جَمِيعِ مَا كَانَ عِنْدَهُ مِنَ الشَّرَابِ
فَهَرَاقَهُ، وَقَالَ لأُمِّهِ: السَّاعَةَ أَصْحَابِي يَجِيئُونَ، فَأَدْخِلِيهِمْ
وَقَدِّمِي الطَّعَامَ إِلَيْهِمْ، فَإِذَا أَكَلُوا، فَخَبِّرِيهِمْ بِمَا صَنَعْتُ
بِالشَّرَابِ حَتَّى يَنْصَرِفُوا، وَمَضَى مِنْ وَقْتِهِ إِلَى الْمَدِينَةِ، فَلَزِمَ
مَالِكَ بْنَ أَنَسٍ، فَأَثَرَ عَنْهُ، ثُمَّ رَجَعَ إِلَى الْبَصْرَةِ وَقَدْ مَاتَ
شُعْبَةُ، فَمَا سَمِعَ مِنْهُ غَيْرَ هَذَا الْحَدِيثِ
Dari sebagian anak-anak Al-Qa’nabiy
di Bashrah, ia berkata: Dulu ayahku seorang peminum nabiidz (sejenis khamr) dan
berteman dengan anak-anak muda. Suatu hari, ia mengundang mereka (untuk
minum-minum) Saat ia duduk di depan pintu menunggu kedatangan mereka, lewatlah
Syu’bah (4) dengan menaiki keledainya yang diikuti oleh orang-orang yang
tergopoh-gopoh lari mengikutinya. (Dengan keheranan) Al-Qa’nabiy berkata:
“Siapakah orang ini?”. Dikatakan kepadanya: “Syu’bah!”. Ia berkata: “Siapa itu
Syu’bah?”. Orang-orang berkata: “Dia seorang ahli hadits (muhaddits)!”. Lalu
Al-Qa’nabiy berdiri menghampiri Syu’bah yang waktu itu mengenakan pakaian
berwarna merah. Al-Qa’nabiy berkata kepadanya: “Sampaikanlah hadits kepadaku”.
Syu’bah berkata: “Engkau bukanlah seorang ahli hadits yang membuatku harus
menyampaikan hadits kepadamu”. (Karena marah), Al-Qa’nabiy pun menghunus pisaunya
(mengancam Syu’bah) seraya berkata: “Engkau sampaikan hadits kepadaku, atau
engkau akan aku lukai dengan pisau ini?”. Syu’bah berkata: “Telah menceritakan
kepadaku Manshuur, dari Rib’iy, dari Abu Mas’uud, ia berkata: Telah bersabda
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: ‘Apabila engkau tidak malu, maka
silakan engkau lakukan apa yang engkau suka’. (5)
(Setelah mendengarnya) Al-Qa’nabiy
melempar pisaunya lalu pulang ke rumahnya. Lalu ia berjalan menuju persediaan
bejana-bejana nabiidz yang ia miliki di rumah dan menumpahkannya. Ia berkata
kepada ibunya: “Saat teman-temanku datang nanti, persilakan masuk ke rumah dan
sediakan makanan untuk mereka. Jika mereka telah selesai makan, maka
khabarkanlah tentang apa yang aku lakukan terhadap minumanku tadi hingga mereka
pulang”. Tak lama kemudian setelah kejadian itu, ia pergi ke Madiinah menimba
ilmu di hadapan Maalik bin Anas rahimahullah. Maalik sangat berpengaruh pada
dirinya. Kemudian ia kembali ke Bashrah yang saat itu Syu’bah telah meninggal.
Al-Qa’nabiy tidak mendengar hadits dari Syu’bah kecuali hadits ini (yang ia
dengar ketika masih menjadi pemabuk dan sekaligus membuatnya bertaubat dari
perbuatannya tersebut).
(Diriwayatkan oleh Ibnul-Jauziy dalam
Al-Muntadham 16/248, Ibnu Qudaamah dalam At-Tawwaabuun hal. 220-221, dan
Ibnul-Abaar Al-Qadlaa’iy dalam Mu’jamu Ashhaabi Al-Qaadliy Abi ‘Aliy
Ash-Shadafiy no. 82)
Riwayat Al-Qa’nabiy dari Syu’bah
tersebut direport oleh Abu Daawud (6) no. 4797, ‘Abdullah bin Ahmad (7)
dalam Zawaaidu Musnad Ahmad (no. 21840), Ibnu Hibbaan (8) no. 607,
Ath-Thabaraaniy (9) dalam Al-Kabiir 17/235-236 no. 651, Al-Qadlaa’iy (10)
dalam Musnad Asy-Syihaab no. 1153 & 1155, dan yang lainnya.
Semoga kita dapat mengambil pelajaran
dari kisah di atas.
Footnote:
(1) ‘Utsmaan bin Sa’iid pernah
berkata: Aku mendengar ‘Aliy bin Al-Madiiniy menyebutkan ashhaab Maalik.
Dikatakan kepadanya: “Ma’n, kemudian Al-Qa’nabiy”. Ia (‘Aliy) berkata: “Tidak,
akan tetapi Al-Qa’nabiy, baru kemudian Ma’n” (As-Siyar, 10/261)
(2) Al-Imaam Ibnu Khuzaimah berkata:
Aku mendengar Nashr bin Marzuuq berkata: “Orang yang paling tsabt dalam
periwayatan kitab Al-Muwaththa’ adalah Al-Qa’nabiy, dan setelahnya ‘Abdullah
bin Yuusuf” (idem, 10/262)
(3) ‘Abdullah Al-Khuraibiy berkata –
dan ia seorang yang punya kedudukan yang agung -: “Telah menceritakan kepadaku
Al-Qa’nabiy dari Maalik, dan ia (Al-Qa’nabiy) – demi Allah – di sisiku lebih
baik daripada Maalik” (idem, 10/261)
(4) Syu’bah bin Al-Hajjaaj bin
Al-Ward Al-‘Atakiy Al-Azdi, Abu Busthaam Al-Waasithiy (شعبة بن الحجاج بن الورد العتكي مولاهم الأزدي ، أبو بسطام الواسطي
ثم البصري);
seorang yang tsiqah, haafidh, mutqin, dan disebut Ats-Tsauriy sebagai
amiirul-mukminiin fil-hadiits. Termasuk thabaqah ke-7, wafat tahun 160 H di
Bashrah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah (Taqriibut-Tahdziib, hal. 436 no. 2805)
(5) Ini menunjukkan salah satu
kecerdasan Syu’bah. Ia memilih hadits yang sesuai dengan kondisi Al-Qa’nabiy
waktu itu, untuk menegur dan menasihatinya.
(6) Riwayatnya adalah:
حَدَّثَنَا عَبْدُ
اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ
حِرَاشٍ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلَامِ النُّبُوَّةِ الْأُولَى: إِذَا
لَمْ تَسْتَحْيِ، فَافْعَلْ مَا شِئْتَ
"
(7) Riwayatnya adalah:
قَالَ: ابْنُ مَالِكٍ:
حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ،
حَدَّثَنَا مَنْصُورٌ، عَنْ رِبْعِيٍّ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلَامِ
النُّبُوَّةِ الْأُولَى إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ "
(8) Riwayatnya adalah:
أَخْبَرَنَا أَبُو
خَلِيفَةَ، حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِيٍّ،
عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
" إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلامِ النُّبُوَّةِ الأُولَى: إِذَا لَمْ
تَسْتَحْيِ، فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ "
مَا سَمِعَ الْقَعْنَبِيُّ
مِنْ شُعْبَةَ إِلا هَذَا الْحَدِيثَ، قَالَهُ الشَّيْخُ
(9) Riwayatnya adalah:
حدثنا عَلِيُّ بْنُ
عَبْدِ الْعَزِيزِ، وَأَبُو مُسْلِمٍ الْكَشِّيُّ، وَمُعَاذُ بْنُ الْمُثَنَّى، وَأَبُو
خَلِيفَةَ، قَالُوا: ثنا الْقَعْنَبِيُّ، ثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِيِّ
بْنِ حِرَاشٍ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: " إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلامِ النُّبُوَّةِ الأُولَى
إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ
"
(10) Riwayatnya adalah:
No. 1153:
أَخْبَرَنا أَبُو
مُحَمَّدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَكِيمٍ الأُرْزِيُّ، ثنا إِسْمَاعِيلُ
بْنُ يَعْقُوبَ بْنِ الْجِرَابِ، ثنا مُعَاذُ بْنُ الْمُثَنَّى، قَالَ: ثنا عَبْدُ
اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ، ثنا شُعْبَةُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِيِّ
بْنِ حِرَاشٍ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: " إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلامِ النُّبُوَّةِ الأُولَى إِذَا
لَمْ تَسْتَحْيِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ
"
No. 1155:
وَأَنَاهُ أَبُو مُحَمَّدٍ
التُّجِيبِيُّ، أنا ابْنُ جَامِعٍ، نا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، نا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ، بِإِسْنَادِهِ مِثْلَهُ
(Perumahan Ciomas Permai, Ciapus,
Ciomas, Bogor – 22101434/28082013 – 22:30)
Penulis: Abul Jauzaa’
(Alumnus IPB & UGM)
Editor: Ahmadi As-Sambasy
Cilacap – Jawa Tengah
Posting Komentar untuk "Kisah Taubatnya Al-Qa’nabiy (Mantan Pecandu Miras)"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.